Contoh Kelangkaan Ekonomi dan Cara Mengatasinnya

Kelangkaan Ekonomi – Dalam kehidupan bermasyarakat masing-masing manusia memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Semakin hari kebutuhan manusia bukanya berkurang malah semakin bertambah, bisa dirasakan dari jenis atau jumlah kebutuhanya. 

Kenapa hal itu terjadi ? Soalnya sifat manusia selalu saja merasa kurang puas itu merupakan sifat buruk manusia, ditambah lagi jumlah manusia yang semakin meningkat.

Maka kedepanya kebutuhan manusia akan terus bertambah dan tidak ada habisnya. Tapi, apakah nantinya sumber daya yang dimiliki bisa memenuhi kebutuhan manusia yang ada saat ini.

Dengan begitu disini saya ingin menjelaskan beberapa contoh kelangkaan ekonomi, penyebab terjadinya kelangkaan dan cara mengatasinya. Namun simak dulu pengertian kelangkaan ekonomi dibawah ini.

Pengertian Kelangkaan Ekonomi

Kelangkaan Ekonomi adalah salah satu dari beragamnya permasalahan ekonomi yang sedang dihadapi oleh manusia.

Oleh sebab itu, masalah kelangkaan ini sangatlah berhubungan dengan semua kebutuhan manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Menurut ilmu ekonomi kelangkaan mengandung dua pengertian yakni:

  1. Langka: sebab jumlahnya tidak mencukupi apabila dibandingkan dengan jumlah kebutuhan yang ada.
  2. Langka: sebab demi memperolehnya dibutuhkan sebuah pengorbanan.

Saat ini sumber daya yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan begitu terbatas sekali.

Meskipun sumber daya bisa diperbarui, hal tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama dengan begitu tidak bisa mengejar kebutuhan manusia yang terus bertambah.

Sumber daya sendiri mempunyai sifat-sifat khusus yakni merupakan barang langka (scarce) sebab jumlahnya yang terbatas, bisa digunakan dalam pemakaian yang berbeda, serta bisa dikombinasikan dalam berbagai perbandingan untuk menghasilkan barang tertentu.

Contoh Kelangkaan Ekonomi

Contoh Kelangkaan Ekonomi
Terbatasnya BBM

Dibawah ini merupakan beberapa contoh dari kelangkaan sumber daya ekonomi antara lain yakni:

  • Kelangkaan BBM (Bahan Bakar Minyak), karena pemakaian yang berlebihan dan pengguna kendaaraan yang terus bertambah setiap detiknya, seperti Bensin yang pendistribusianya sudah dibatasi di Pertamina.
  • Perusahaan besar lebih mengutamakan tenaga dari luar, karena terbatasnya tenaga ahli dari dalam negeri.
  • Sumber daya di indonesia sangat melimpah, tapi kelemahanya sumber daya alam tersebut tidak di olah dengan baik, jadi diperlukan teknologi yang baik dan pengelolaannya benar, agar lebih efektif lagi.

Cara Mengatasi Kelangkaan Ekonomi

Cara Mengatasi Kelangkaan Ekonomi
Bekas tambang yang di hijaukan kembali

Dibawah ini terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kelangkaan ekonomi yakni:

  1. Melakukan penghematan dalam memanfaatkan sumber daya alam.
  2. Memelihara dan juga mengembangkan sumber daya alam secara baik dan berkelanjutan.
  3. Menciptakan alat pemuas kebutuhan yang terbaru atau barang pengganti misalnya barang substitusi.
  4. Terus meningkatkan dalam pengelolaan produksi berbagai jenis sumber daya alam di bumi kita ini, dengan begitu akan menjadi lebih bermanfaat untuk kehidupan manusia.

Sampai penjelasan ini, apakah ada sudah mulai bisa menganalisa apa penyebab terjadinya kelangkaan dan solusinya seperti apa. Jika belum paham coba baca penjelasan berikut ini.

Faktor Penyebab Kelangkaan Ekonomi

Dibawah ini adalah beberapa factor yang menimbulkan sumber daya menjadi langka atau menjadi terbatas yakni:

1. Letak Geografis yang berbeda

Sumber daya alam yang tersebar di seluruh Indonesia ini tidak merata. Terkadan di daerah tersebut melimpah minyak, namun juga ada yang tidak ada sama sekali minyaknya.

Terdapat juga daerah yang subur tanahnya namun ada yang juga tanahnya gersang sekali.

Faktor Penyebab Kelangkaan Ekonomi
Kekeringan Air

Dengan begitu perbedaan geografis ini yang menjadi masalah kelangkaan sumber daya alam, demi memperoleh sumber daya agar memenuhi kebutuhan tapi tidak terdapat di daerahnya maka dibutuhkan pengorbanan yang sangat besar untuk bisa memperolehnya.

2. Pertumbuhan Penduduk yang cepat

Dimasa saat ini pertumbuhan penduduk sangatlah cepat sekali jika dibandingkan dengan pertumbuhan jasa dan barang, hal tersebut menimbulkan sebuah kesenjangan antara kebutuhan dengan produksi jasa serta barang.

3. Kemampuan dalam Produksi

Dalam proses produksi barang dan juga jasa kemampuan factor produksi juga mempunyai beberapa keterbatasan.

Contoh: tenaga kerja manusia yang tidak bisa diporsir setiap hari untuk bekerja sebab mereka juga memerlukan waktu untuk beristirahat.

4. Perkembangan Teknologi yang Tidak Sama

Pada masing-masing negara dalam perkembangan teknologi tentunya berbeda-beda tidak ada yang sama. Di negara yang sudah maju perkembangan teknologi berkembang sangat pesat sekali dan cepat.

Akan tetapi untuk negara berkembang kemajuan perkembangan kebutuhan terhadap barang dan juga jasa berjalan sangat cepat dari pada perkembangan teknologinya.

Macam-Macam Kelangkaan Ekonomi

Dibawah ini adalah jenis-jenis kelangkaan ekonomi:

1. Kelangkaan Sumber daya Alam

Pengertian sumber daya alam merupakan  segala sesuatu yang ada dialam dan terdiri dari sumber daya biotik dan juga sumber daya abiotic.

Sumber daya alam diperoleh dari Sang Pencipta yang sudah tersedia  di alam, namun masih harus dilakukan penggalian lagi supaya bisa dimanfaatkan oleh manusia.

Ketika pemanfaatan sumber daya alam, apabila dilakukan secara terus menerus serta eksploitas bisa menimbulkan sumber daya alam yang ada atau untuk cadangan akan habis. 

Dengan begitu akan berdampak pada kelangkaan sumber daya alam tersebut.

2. Kelangkaan SDM yang Berkualitas

Sumber daya manusia adalah sumber daya yang mempunyai banyak sekali manfaat untuk masyarakat, apabila dalam pemanfaatanya  bisa dilakukan secara optimal.

Sumber daya ekonomi yang langka bisa dikatakan sebagai sumber ekonomi yang berkualitas. Sesuai jumlahnya, Indonesia mempunyai sumber daya manusia yang bisa dikatakan cukup banyak.

Akan tetapi sumber daya yang berkualitas jumlahya sangatlah terbatas apabila dibandingkan dengan jumlah kebutuhan di pasar tenaga kerja. Oleh sebab itu, banyak sekali perusahaan di Indonesia ini yang memakai jasa para ahli dari luar negri.

3. Kelangkaan Sumber Daya Modal

Pengertian sumber daya modal adalah sumber daya yang asalnya dari manusia itu sendiri yang bertujuan supaya mempermudah telaksananya proses produksi.

Kelangkaan sumber daya modal sesuai pada kemauan dan kemampuan dari manusia tersebut.

Sebab, pada hakikatnya setiap manusia mempunyai sebuah keinginan untuk membuat sumber daya modal tersebut.

Dan salah satu cara untuk membuat sumber daya modal yakni hanya dengan sebuah kemauan yang begitu kuat untuk terus bekerja keras dan selalu berusaha pantang menyerah.

4. Kelangkaan Sumber Daya Kewirausahaan

Pada dasarnya sumber daya kewiraushaan ini sifatnya langka. Kenapa hal tersebut terjadi? Sebab, tidak semua orang yang dapat menjadi seorang pengusaha ataupun pedagang.

Apabila anda ingin menjadi seorang pengusaha anda harus memenuhi syarat yakni mempunyai modal dan juga keahlian.

Peran Ilmu Ekonomi dalam Masalah Kelangkaan

Dari pembahasan sebelumnya, anda bisa menyimpulkan dua kenyataan sebagai berikut ini, terkait peranan ilmu ekonomi dalam mengatasi kelangkaan:

  1. Untuk bisa hidup secara layak, manusia memerlukan dan menginginkan berbagai macam hal seperti minuman, makanan, obat, pakaian dan lain-lain. Kebutuhan (needs) manusia banyak sekali dan beragam
  2. Sumber-sumber, sarana, maupun alat-alat yang bisa digunakan demi memenuhi kebutuhan terbatas atau langka, baik itu mengenai jumlah, bentuk, macam, tempat dan juga waktu.

Dari kedua kenyataan yang ada diatas munculan inti dari semua permasalahan ekonomi yakni, bagaimana dengan sumber-sumber ekonomi yang terbatas, orang bisa memenuhi kebutuhan hidupnya yang beragam.

Dan inti dari persoalan ekonomi dihadapi oleh perorangan, keluarga, koperasi, bangsa, perusahaan, bahkan sampai dunia internasional.

Untuk bisa menghadapi kenyataan tersebut, apa yang sebaiknya perlu dilakukan manusia? Tentu, manusia harus bisa menemukan cara yang tepat untuk bisa mengatasinya.

Bagaimana caranya?

Yakni dengan memanfaatkan sumber-sumber ekonomi yang sudah langka tersebut pada alternative penggunaanya yang paling baik juga serasional mungkin dan secara efesien.

Itulah tadi penjelasan mengenai Kelangkaan Ekonomi semoga dengan penjelasan diatas bisa membantu anda dan memanbah wawasan untuk anda.

Dan terimakasih atas kunjugnanya dan jangan lupa untuk mengunjungi artikel lainya.

Leave a Comment