Pengertian Serta Contoh Kebutuhan Primer, Tersier, dan Sekunder

2 min read

Tiga Kebutuhan Manusia – Sudah tahukah anda kebutuhan primer, tersier, dan sekunder? Jika belum, mari simak bersama ulasannya secara lengkap dalam artikel ini.

Dalam kehidupan manusia dikenal tingkatan kebutuhan yang terdiri dari kebutuhan primer, sekunder, dan tersier. Kebutuhan ini dibedakan karena banyak kebutuhan manusia dengan pemuas kebutuhan yang tidak sebanding, dimana pemuas kebutuhan tersebut bersifat terbatas sedangkan kebutuhan manusia sendiri bersifat tidak terbatas.

 

Ketiga kebutuhan tersebut berbeda intensitasnya bagi setiap orang, karena kemampuan setiap manusia sendiri berbeda-beda. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai Pengertian produk primer, sekunder dan tersier secara lengkap.

Kebutuhan manusia yang berbeda-beda tersebut tergantung dari keadaan sosial dan budaya tempat tinggal, pendapatan, dan pendidikan yang dimiliki. Ada manusia yang menjadikan suatu barang menjadi kebutuhan tersier, namun bagi orang lain bisa saja berubah menjadi kebutuhan sekunder.

 

Contoh Kebutuhan Primer, Tersier, dan Sekunder

Pengertian Serta Contoh-Contoh Kebutuhan Primer, Tersier, dan Sekunder
Primer, Sekunder dan Tersier

Tingkatan kebutuhan yang terdiri dari kebutuhan primer, tersier, dan sekunder ini mempunyai intensitas sendiri oleh setiap manusia. Intensitas tersebut tergantung kemampuan dari manusia untuk memenuhinya, berikut ini pengertian serta contoh-contoh kebutuhan primer, tersier, dan sekunder.

 

Baca Juga: 17 Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia Dan Contoh

 

1. Kebutuhan Primer

Kebutuhan primer merupakan kebutuhan dasar atau kebutuhan pokok yang harus dipenuhi oleh setiap manusia, dimana kebutuhan primer inilah yang menjadi dasarmanusia dapat hidup dengan layak.

Manusia dapat menjalani kelangsungan hidupnya apabila telah memenuhi kebutuhan primer ini, sehingga manusia bisa memenuhi kebutuhan lainnya jika kebuthan primer ini telah terpenuhi. Apabila kebutuhan ini tidak dapat dipenuhi, maka manusia juga tidak dapat memenuhi kebuthan lain seperti kebutuhan sekunder dan tersier.

Contoh Kebutuhan Primer

Pengertian Serta Contoh-Contoh Kebutuhan Primer, Tersier, dan Sekunder
Contoh Kebutuhan Primer

Contoh kebutuhan primer yang paling pokok adalah sandang, papan, dan pangan. Namun seiring berubahnya zaman, kesehatan dan pendidikan juga berubah menjadi kebutuhan primer yang harus dipenuhi oleh setiap manusia.

2. Kebutuhan Sekunder

Kebutuhan sekunder merupakan kebutuhan yang dapat dipenuhi setelah kebutuhan primer telah terpenuhi, dimana kebutuhan ini bersifat melengkapi dan sebagai kebutuhan tambahan setelah kebutuhan primer. Kebutuhan ini bisa berpengaruh terhadap kelangsungan hidup manusia, namun tidak akan berpengaruh jika kebutuhan ini tidak terpenuhi.

Setiap manusia mempunyai kebutuhan sekunder yang berbeda-beda, hal ini disebabkan karena faktor yakni:

  • Tradisi
  • Faktor psikologi atau gaya hidup,
  • Dan karena faktor lingkungan.

 

Baca Juga: 20 Cabang dan Macam-Macam Ilmu  Ekonomi Menurut Pendapat Ahli

 

Contoh Kebutuhan Sekunder

Pengertian Serta Contoh-Contoh Kebutuhan Primer, Tersier, dan Sekunder
Contoh Kebutuhan Sekunder

Contoh dari kebutuhan sekunder yang umum diinginkan manusia seperti mesin cuci, kulkas, televisi, handphone, surat kabar, sepeda motor, hiburan, olahraga, dan sebagainya. Apabila kebutuhan sekunder ini terpenuhi, maka kehidupan manusia dapat berlangsung lebih baik.

3. Kebutuhan Tersier

Kebutuhan tersier merupakan kebutuhan yang diperlukan apabila kebutuhan primer dan sekunder telah terpenuhi. Kebutuhan ini sering disebut sebagai kebutuhan barang mewah, dimana sifatnya adalah prestisius. Biasanya seseorang memnuhi kebuthan tersier untuk meningkatkan status sosialnya, atau bisa saja dilakukan sekedar untuk memenuhi hobby.

Tidak semua manusia bisa memenuhi kebutuhan tersier, hal ini disebabkan karena perbedaan ekonomi. Kebutuhan tersier biasanya hanya bisa dipenuhi oleh orang-orang kaya atau orang yang mempunyai ekonomi tinggi.

Contoh Kebutuhan Tersier

Pengertian Serta Contoh-Contoh Kebutuhan Primer, Tersier, dan Sekunder
Contoh Kebutuhan Tersier

Contoh kebutuhan tersier ini adalah mobil sport, vila, apartemen, perhiasan, pesawat pribadi, dan lainnya. Jenis dari kebutuhan ini tergantung hobby atau kesenangan dari mereka yang mampu memenuhi kebutuhan tersier, sehingga tidak akan berpengaruh terhadap kelangsung hidup apabila kebutuhan ini tidak terpenuhi.

 

Pengertian serta contoh kebutuhan primer, tersier, dan sekunder tersebut dapat anda jadikan referensi untuk membedakan jenis kebuthan anda setiap harinya, sehingga anda bisa memahami mana yang harus dipenuhi terlebih dahulu dan mana yang bisa diabaikan. Semoga bermanfaat.

 

Artikel Lainya:

  1. Pengertian, Tujuan dan Ciri Ciri (MEA) Masyarakat Ekonomi ASEAN
  2. Pengertian + Contoh-Contoh Kegiatan Konsumsi, Distribusi dan Produksi
  3. Jenis – Jenis dan Contoh Usaha [Bisnis] Waralaba Di Idnonesia Terlengkap
  4. [Terlengkap] Pengertian dan Contoh Barang Ekonomis, Barang Bebas Serta Barang Illith

 

Please rate this