Kebutuhan Primer, Tersier dan Sekunder

Kebutuhan Primer, Tersier & Sekunder – Sudah tahukah anda kebutuhan primer, tersier, dan sekunder? Jika belum, mari simak bersama ulasannya secara lengkap dalam artikel ini.

Dalam kehidupan manusia dikenal tingkatan kebutuhan yang terdiri dari kebutuhan primer, sekunder, dan tersier. Kebutuhan ini dibedakan karena banyak kebutuhan manusia dengan pemuas kebutuhan yang tidak sebanding, dimana pemuas kebutuhan tersebut bersifat terbatas sedangkan kebutuhan manusia sendiri bersifat tidak terbatas.

 

Ketiga kebutuhan tersebut berbeda intensitasnya bagi setiap orang, karena kemampuan setiap manusia sendiri berbeda-beda. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai Pengertian produk primer, sekunder dan tersier secara lengkap.

Kebutuhan manusia yang berbeda-beda tersebut tergantung dari keadaan sosial dan budaya tempat tinggal, pendapatan, dan pendidikan yang dimiliki. Ada manusia yang menjadikan suatu barang menjadi kebutuhan tersier, namun bagi orang lain bisa saja berubah menjadi kebutuhan sekunder.

Tingkatan kebutuhan yang terdiri dari kebutuhan primer, tersier, dan sekunder ini mempunyai intensitas sendiri oleh setiap manusia. Intensitas tersebut tergantung kemampuan dari manusia untuk memenuhinya, berikut ini pengertian serta contoh-contoh kebutuhan primer, tersier, dan sekunder Berdasarkan intensitasnya.

 

1. Pengertian Kebutuhan Primer

Kebutuhan primer merupakan kebutuhan dasar atau kebutuhan pokok yang harus dipenuhi oleh setiap manusia, dimana kebutuhan primer inilah yang menjadi dasarmanusia dapat hidup dengan layak.

Manusia dapat menjalani kelangsungan hidupnya apabila telah memenuhi kebutuhan primer ini, sehingga manusia bisa memenuhi kebutuhan lainnya jika kebuthan primer ini telah terpenuhi. Apabila kebutuhan ini tidak dapat dipenuhi, maka manusia juga tidak dapat memenuhi kebuthan lain seperti kebutuhan sekunder dan tersier.

 

2. Pengertian Kebutuhan Sekunder

Kebutuhan sekunder merupakan kebutuhan yang dapat dipenuhi setelah kebutuhan primer telah terpenuhi, dimana kebutuhan ini bersifat melengkapi dan sebagai kebutuhan tambahan setelah kebutuhan primer. Kebutuhan ini bisa berpengaruh terhadap kelangsungan hidup manusia, namun tidak akan berpengaruh jika kebutuhan ini tidak terpenuhi.

Setiap manusia mempunyai kebutuhan sekunder yang berbeda-beda, hal ini disebabkan karena faktor yakni:

  • Tradisi
  • Faktor psikologi atau gaya hidup,
  • Dan karena faktor lingkungan

 

3. Pengertian Kebutuhan Tersier

Kebutuhan tersier merupakan kebutuhan yang diperlukan apabila kebutuhan primer dan sekunder telah terpenuhi. Kebutuhan ini sering disebut sebagai kebutuhan barang mewah, dimana sifatnya adalah prestisius. Biasanya seseorang memnuhi kebuthan tersier untuk meningkatkan status sosialnya, atau bisa saja dilakukan sekedar untuk memenuhi hobby.

Tidak semua manusia bisa memenuhi kebutuhan tersier, hal ini disebabkan karena perbedaan ekonomi. Kebutuhan tersier biasanya hanya bisa dipenuhi oleh orang-orang kaya atau orang yang mempunyai ekonomi tinggi. Dan seharunya untuk memenuhi kebutuhan tersier ini anda harus bisa memenuhi kebutuhan primer dan sekunder terlebih dahulu sebagai suatu kebutuhan dasar manusia.

Baca Juga: Jenis Kebutuhan Manusia dan Alat Pemuasnya

Berikut ini Contoh Kebutuhan Primer, Sekunder & Tersier

*Contoh Kebutuhan Primer Manusia

Pengertian Serta Contoh-Contoh Kebutuhan Primer, Tersier, dan Sekunder
Contoh Kebutuhan Primer

Contoh kebutuhan primer yang paling pokok adalah sandang, papan, dan pangan. Namun seiring berubahnya zaman, kesehatan dan pendidikan juga berubah menjadi kebutuhan primer yang harus dipenuhi oleh setiap manusia.

Kebutuhan Primer bagi Pelajar

Berikut ini terdapat beberapa kebutuhan primer bagi seorang pelajar dimana sifatnya adalah wajib:

  • Seragam sekolah
  • Sepatu sekolah
  • Tas sekolah
  • Buku dan lata belajar

Kebutuhan Primer Ibu rumah tangga

Didalam kehidupanya seorang ibu rumah tanggan tentu memiliki kebutuhan primer seperti berikut ini:

  • Makan
  • Minum
  • Belanja

Kebutuhan Primer seorang Dokter

  • Pangan
  • Sandang
  • Papan

Kebutuhan Primer Petani

Apa yang menjadi kebutuhan primer bagi seorang petani berikut contohnya:

  • Sandang
  • Pangan
  • Papan

Kebutuhan Primer Nelayan

Selain pertani seorang nelayan juga tentu memiliki kebutuhan primer berikut contohnya:

  • Pangan
  • Sandang
  • Papan

 

*Contoh Kebutuhan Sekunder Manusia

Contoh dari kebutuhan sekunder yang umum diinginkan manusia seperti mesin cuci, kulkas, televisi, handphone, surat kabar, sepeda motor, hiburan, olahraga, dan sebagainya. Apabila kebutuhan sekunder ini terpenuhi, maka kehidupan manusia dapat berlangsung lebih baik.

1. Kulkas

Contoh Kebutuhan Primer, Tersier, Sekunder dan Pengertianya
Contoh Kulkas

Contoh kebutuhan sekunder pertama ialah kulkas, kulkas adalah salah satu alat yang digunakan untuk menyimpan bumbu atau daing agar tetap segar dan awet maka dikatan bahwa kebutuhan sekunder ini sifatnya mendukung.

2. Mesin Cuci

Contoh Kebutuhan Primer, Tersier, Sekunder dan Pengertianya
Contoh Mesin Cuci

Kebutuhan skunder selanjutnya adalah Mesin Cuci alasanya kebutuhan ini bisa mendukung kebutuhan primer seperti baju dengan mesin cuci baju yang jumlahnya banyak bisa dicuci secara cepat dan mudah.

3. Smartphone

Contoh Kebutuhan Primer, Tersier, Sekunder dan Pengertianya

Alat ini pasti sudah dimiliki oleh setiap individu dimana alat ini bisa membantu manusia dalam menjalankan pekerjaan sehari selain digunakan untuk bersenang-senang sehingga smartphone masuk kedalam kebutuhan sekunder.

Kebutuhan Sekunder bagi Pelajar

Berikut ini terdapat beberapa kebutuhan sekunder bagi seorang pelajar dimana sifatnya adalah mendukung kebutuhan primer:

  • Sepedah
  • Laptop
  • Tas Sepatu mahal

Kebutuhan Sekunder ibu rumah tangga

Didalam kehidupanya seorang ibu rumah tanggan tentu memiliki kebutuhan yang beraneka ragam seperti berikut ini:

  • Alat-alat Dapur
  • Alat-alat pekerjaan (jika bekerja)

Kebutuhan Sekunder seorang Dokter

  • Tas
  • Alat-alat kedokteran

Kebutuhan Sekunder Petani

Apa yang menjadi kebutuhan sekunder bagi seorang petani berikut contohnya:

  • Cangkul
  • Arit
  • Alat semprot hama

* Contoh Kebutuhan Tersier Manusia

Contoh kebutuhan tersier ini adalah mobil sport, vila, apartemen, perhiasan, pesawat pribadi, dan lainnya. Jenis dari kebutuhan ini tergantung hobby atau kesenangan dari mereka yang mampu memenuhi kebutuhan tersier, sehingga tidak akan berpengaruh terhadap kelangsung hidup apabila kebutuhan ini tidak terpenuhi.

1. Rumah Mewah

Contoh Kebutuhan Primer, Tersier, Sekunder dan Pengertianya
Contoh Rumah Mewa

Rumah adalah salah satu tempat tinggal yang bisa membuat kita nyaman, namun Rumah Mewah termasuk kedalam contoh kebutuhan tersiier karena bentuk dan luasnya seperti istana dengan rumah yang seperti itu pastinya ada kebanggan tersendiri didalam diri kita selain itu juga rumah mewah ini menjadi kebutuhan jangkan panjang sebab rumah mampu di tempati sampai puluhan tahun.

2. Perhiasan

Contoh Kebutuhan Primer, Tersier, Sekunder dan Pengertianya
Contoh Pehiasan

Selain rumah perhiasan seperti kalung, gelang dan kalung juga masuk kedalam kebutuhan tersier. Umumnya benda ini tidak mempengaruhi kebelangsung hidup seseorang hanya saja menjadi status finansial di lingkung masyarakat untuk orang yang memiliki perhiasan

3. Transportasi Udara Pribadi

Contoh Kebutuhan Primer, Tersier, Sekunder dan Pengertianya
Contoh Jet Pribadi

Kebutuhan primer lainya ialah memiliki pesawat pribadi, sebab transaportasi seperti ini umumnya dimilik oleh orang-orang yang termasuk golongan ekonomi kelas atas serta harta yang sangat melimpah contohnya saja pemain sepak bola yang memiliki transaportasi pribadi ini ialah Ibrahimovic dan Cristiano Ronaldo.

Kebutuhan Tersier bagi Pelajar

Berikut ini terdapat beberapa kebutuhan tersier bagi seorang pelajar dimana sifatnya adalah mendukung kebutuhan sekunder:

  • Mobil mewah pribadi
  • Rumah pribadi

Kebutuhan Tersier Ibu rumah tangga

Didalam kehidupanya seorang ibu rumah tanggan tentu memiliki kebutuhan tersier seperti berikut ini:

  • Perhiasan
  • Tas mewah
  • Gedjet

Kebutuhan Tersier seorang Dokter

  • Rumah Sakit
  • Ambulance

Kebutuhan Tersier Petani

Apa yang menjadi kebutuhan tersier bagi seorang petani berikut contohnya:

  • Tanah
  • Binbit
  • Tanaman

 

Sebenarnya ada ada banyak sekali faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia.

Jika kita perhatikan kalu masing-masing individu memeiliki kebutuhan yang berbeda-beda berdasarkan pekerjaanya seperti yang sudag saya berikan contohnya diatas. Kebutuhan seorang guru tentu saja berbeda dengan kebutuhan seorang doktrer, sedangkan kebutuhan seorang pelajar jauh berbeda kebutuhan seorang nelayan.

Sehingga dikelompokanlah kebutuhan itu sesuai intensitasnya yakni kebutuhan primer, kebutuhan sekunder dan kebutuhan tersier.

 

Pada umumnya kebutuhan primer adalah kebutuhan yang wajib, seorang petani pastinya membutuhkan pangan, sandang dan papan. Kemudian (Sekunder) sebuah kebutuhan yang sifatnya mendukung kebutuhan primer. Bila diilustrasikan seorang petani tidak bisa mengurus sawahnya tanpa adanya cangkul dengan memakai cangkul petani bisa mengurus sawahnya.

Namun kebutuhan tersier lebih bersifat jangkan panjang, contoh seorang petani membeli mobil untuk mengirim hasil panennya ke kota, sedangkan rumah dijaikan sebagai tempat tinggal yang nyaman bagi seorang petani.

 

Pengertian serta contoh kebutuhan primer, tersier, dan sekunder tersebut dapat anda jadikan referensi untuk membedakan jenis kebuthan anda setiap harinya, sehingga anda bisa memahami mana yang harus dipenuhi terlebih dahulu dan mana yang bisa diabaikan. Semoga bermanfaat.

 

 

Please rate this