Pengertian, Ciri-Ciri dan Karakteristik Perusahaan Jasa

Artikel ini Telah Ditinjau Oleh: Farkhan Ramadhan, S.E.

Di dunia ini ada berbagai macam perusahaan dan setiap perusahaan, dibangun dengan tujuan yang berbeda dengan perusahaan lainya. Meskipun jenis perushaanya sama tentu produk yang dihasilkan ada berbeda.

Tentunya anda sudah mengetahui kalau ada yang namanya perusahaan jasa, perusahaan dagang dan perusahaan manufaktur. Dari ketiga perusahaan tersebut memiliki ciri-ciri dan karakteristik yang berbeda.

Dipembahasan kali ini kita akan membahas secara jelas mengenai pengertian, ciri-ciri dan karakteristik dari perusahaan jasa. Adapun pengertian perusahaan jasa menurut para ahli sebagai berikut.

Pengertian Perusahaan Jasa Menurut Ahli

Pengertian perusahaan jasa secara umum adalah seluruh kegiatan unit usaha yang dimana kegiatan paling utamanya ialah dengan memproduksi barang tidak berwujud (jasa) untuk memperoleh laba sebagai tujuanya.

Pengertian Perusahaan Jasa Menurut Ahli
Pengertian Perusahaan Jasa
Menurut Christian Gronross :
Beliau menjelaskan bahwa pengertian perusahaan jasa ialah segala sesutau kegiatan yang ada didalamnya terdiri dari serentetan aktivitas intangible yang terjadi antara pegawai jasa dan pelanggan dalam mengatasi keperluan pelanggan.
Menurut Norman :
Beliau mengatakan bahwa perusahaan jasa merupakan bentuk dari badan usaha yang menjalankan kegiatan yang tidak berwujud serta tidakdapat mewujudkan kepemilikan yang ditawarkan antara satu pihak dengan pihak lainya.
Menurut Philip Kotler :
Beliau menjelaskan kalau perusahaan jasa itu suatu perusahaan yangmenawarkan sebuah tindakan, tetapi sifatnya abstrak atau tak berwujud dan tidak menghasilkan perpindahan kepemilikan pada orang lain.
Menurut Adrian Payne :
Beliau mengatakan bahwasanya perusahaan jada adalah perusahaan yang melaksanakan aktivitas ekonomi yang mempunyai nilai serta manfaat intangible, dan terjadi interaksi antara konsumen atau terhadap barang, namun tidak menciptajab transfer kepemilikan.

Dijelaskan bahwa perusahaan jasa ini hanya menjual jasa yang diproduksi dengan tujuan karena adanya keuntungan yang diperoleh dari konsumen yang telah dipenuhi kebutuhanya.

Didalam kegiatan pelaksanaanya terkadang perusahaan jasa masih memerlukan adanya produkk fisik atau yang berwujud untuk memperlancar kegiatan usahanya.

Karakteristik Perusahaan Jasa

Karakteristik Perusahaan Jasa
Karakteristik Perusahaan Jasa

Jika anda sudah mengetahui beberapa pengertian perusahaan jasa yang dikemukakan oleh para ahli, selanjutnya yang perlu anda pahami juga yaitu karakteristik dari perushaaan jasa.

Karakteristik yang ada pada perusahaan jasa diantaranya yakni  sebagai berikut :

  1. Memiliki sifat abstrak dan tidak bisa terlihat (tanpa wujud).
  2. Karena tidak memiliki wujud sehinga tidak bisa disimpan.
  3. Tidak bisa dipisahkan anttara (produk dihasilkan dan dikonsumsi secara berrsama-sama).

Ciri – Ciri Perusahaan Jasa

Selain karakteristik, perusahaan jasa mempunyai ciri-ciri yang berbeda dari perusahaan dagang ataupun perusahaan manufaktur. Nah ciri-ciri perusahaan jasa ini bisa dikenali dengan mudah diantaranya :

  1. Asal pendapatan bersumber dari penjualan jasa.
  2. Bisa saja menggunakan bantuan dari produksi dan bisa saja tidak pada saat proses produksi.
  3. Tidak mempunyai persediaan produk dalam bentuk fisik, pada dasarnya seluruh produk yang yang dijual merupakan produk tidak berwujud (jasa).
  4. Adanya perbedaan mengenai jasa yang diberikan, bisa saja karena tiap-tiap konsumen memperoleh tipe pelayanan yang berbeda dengan konsumen lainya.
  5. Untuk tingkat harga memiliki sifat yan tidak mutlak, sebab ketentuan harga ditetapkan soleh perusahaan tergantung yang ditetapkan perusahan tergantung tingkat kebutuhan dan pelayanan konsumen habis.
  6. Perusahaan tidak bisa memberikan data yang simpan, jadi seketika dibeli maka penggunaanya akan langsung habis.

Langkah-langkah dalam siklus akuntansi yang harus dilakukan pada saat pembuatan laporan perusahaan jasa yakni sebagai  berikut:

  1. Pencatatan
  2. Penggolongan
  3. Pengiktisaran
  4. Laporan keuangan

Jadi setelah anda memahami tentang pengertian, ciri-ciri ataupu karakterisitik dari perusahaan jasa tentunya belum lengkap jika tidak memahami pencatatan transaksi pada perusahaan jasa.

Tapi tenang saja di pembahasan sebelumnya sudah dibuat postingan terkait contoh soal jurnal umum perusahaan jasa dan jawabanya. Untuk lebih jelasnya silhkan ada pahami transaksi yang ada, dan jika bingung boleh tanyakan kepada kami di kolom komentar.

Demikianlah pembahasan kali ini semoga pembahasan kali ini, bisa menambah wawasan untuk teman-teman semua dan kami bisa menyajika artikel yang lebih baik lagi selanjutnya.

Pengertian, Ciri-Ciri dan Karakteristik Perusahaan Jasa

Leave a Comment