Jenis Tanaman Rambat Hias, Gantung, Dinding

Tanaman rambat kini seringkali digunakan sebagai tanaman hias karena pada umumnya memiliki nilai keindahan yang bisa membuat rumah Anda menjadi menarik.

Karena sifatnya yang merambat, jenis tanaman ini bisa mempercantik teras dengan digantung maupun dinding-dinding pagar atau rumah. Jenisnya sendiri cukup banyak dengan pemanfaatan yang juga beragam. Kenali jenis tanaman rambat baik itu untuk tanaman hias, gantung maupun dinding.

Jenis Tanaman Rambat Hias

Jenis tanaman rambat yang pertama adalah tanaman yang digunakan sebagai tanaman hias. Anda bisa menanamnya baik itu di kantor, rumah, ataupun yang lainnya. Berikut ini adalah jenisnya yang harus Anda ketahui:

1. Soapwort

Jenis Tanaman Rambat Hias Soapwort

Tanaman ini menjadi salah satu tanaman yang disukai untuk menutupi tanah agar tidak terlihat. Karena terletak merambat di tanah maka Anda tidak perlu menyiraminya secara intensif. Selain menghiasi taman, tanaman ini juga ditanam sebagai bahan pembuat sabun.

2. Clematis

Tanaman ini merupakan tanaman rambat hias dengan kelopak yang sangat indah. Warna yang dimiliki juga sangat indah sehingga Anda bisa betah melihatnya setiap hari. Daunnya yang rimbun membuat Clematis terasa sejuk dan teduh.

3. Morning Glory

Tanaman ini terbilang populer dan banyak di tanam olehmasyarakat perkotaan maupun pedesaan. Kebanyakan morning glory di tanammerambat pada dinding rumah ataupun pagar. Bunganya yang mekar bisa membuat mood menjadi baik.

Jenis Tanaman Rambat Gantung

Tanaman rambat gantung merupakan tanaman merambat yang digantung. Tanaman jenis ini juga bisa digantung di teras rumah atau yang lainnya. Langsung saja, berikut ini adalah jenis tanaman rambat gantung:

1. Begonia

Jenis Tanaman Rambat Gantung Begonia

Begonia bisa dibilang sebagai tanaman bunga yang indah dengan bentuk daun yang unik. Di daerah tropis dan sub tropis, tanaman ini bisa tumbuh dengan mudah meskipun dengan perawatan yang tidak terlalu sulit.

2. Flame of Irian

Sesuai dengan namanya, tanaman indah ini berasal dari wilayah Timur Indonesia yaitu Papua. Namun untuk wilayah lainnya, jarang bisa ditemukan Flame of India. Tanaman ini kebanyakan dirambatkan pada pagar atau kanopi sehingga terlihat menggantung.

3. Zebrina Pendula

Namanya terbilang cukup unik dibandingkan dengan nama tanaman rambat lainnya. Daun tanaman ini memiliki pola warna ungu, hijau, dan putih seperti zebra sehingga terlihat menarik. Selain tanaman hias, Zebrina Pendula juga bisa dijadikan tanaman obat.

4. Vernonia Elliptica

Tanaman ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk Anda yangmenginginkan tanaman merambat gantung. Tanaman yang menjuntai ke bagian bawahini bisa Anda tanam dari lantai 2 sehingga bisa terlihat lebih indah.

Jenis Tanaman Rambat Dinding

Jenis tanaman rambat yang terakhir yaitu yang bisa merambat di dinding. Ada nilai keindahan dengan menanam tanaman yang merambat di dinding. Berikut ini adalah beberapa jenis tanaman yang bisa dipilih:

1. Mandevilla

Jenis Tanaman Rambat Dinding Mandevilla

Banyak yang menyukai tanaman ini karena terlihat cantik serta feminin. Selain di dinding, Mandevilla juga bisa ditanam merambat pada pagar rumah. Agar tidak terkesan liar, selalu rawat tanaman ini dengan rutin.

2. Daun Dollar

Meski memiliki bentuk yang tidak terlalu istimewa, namun Daun Dollar bisa menjadi tanaman yang sangat indah jika ditanam. Warnanya yang hijau penuh membuat dinding Anda terlihat lebih asri.

3. Dipladenia

Tanaman ini sangat populer karena bisa berbunga tanpa hentisepanjang tahun. Ditambah warna merah terang yang dimiliki juga indah danmencolok. Pastikan Anda menanamnya di tempat terang, karena Dipladeniamembutuhkan banyak sinar matahari.

Itulah informasimengenai jenis tanaman rambat mulai darihias, gantung, dan juga dinding. Semoga jenis-jenis yang disebutkan membuat Andatertarik dan membantu menemukan tanaman yang diinginkan sesuai dengankebutuhan.

Farkhan Ramadhan, S.E.

Seorang Blogger, Lulusan IIB Darmajaya Lampung Fakultas Ekonomi dan Bisnis asli tinggal di Lampung, dan ingin bermanfaat untuk orang lain dengan cara berbagi pengalaman lewat tulisan. Keja sama bisnis Farkhanramadhan8@gmail.com

Tinggalkan komentar