Jenis Tanaman Hias Indoor

Artikel ini Telah Ditinjau Oleh: Farkhan Ramadhan, S.E.

Saat ini tanaman hias indoor semakin banyak diminati oleh masyarakat. Ada beragam jenis tanaman hias indoor dengan beraneka spesies yang siap menghadirkan nuansa alami pada ruangan Anda.

Berikut pembahasan jenis tanaman hias untuk indoor beserta manfaat dan fungsinya.

Ragam Jenis Tanaman Hias Indoor

Faktanya, tidak semua jenis tanaman dapat dijadikan tanaman hias indoor. Anda perlu memperhatikan beberapa kriteria dalam memilih tanaman hias yang akan diletakkan di dalam ruangan.

Pertama, pertimbangkan ukuran tanaman. Kedua, bagaimana daya hidup tanaman tersebut jika diletakkan secara indoor. Ketiga, bagaimana kebutuhan tanaman tersebut terhadap cahaya dan asupan air.

Berdasarkan tiga aspek tersebut, berikut ragam tanaman indoor yang bisa Anda jadikan inspirasi.

1. Bunga Anggrek

Tanaman Hias Bunga Anggrek
Gambar. Bunga Anggrek

Bunga anggrek adalah salah satu jenis tanaman hias indoor yang paling umum dijadikan hiasan indoor. Bunga ini cukup mudah perawatannya, dan termasuk tanaman yang dapat bertahan hidup dalam keadaan tidak terlalu lembap serta pencahayaan cukup.

Warna-warni bunganya akan memanjakan mata siapapun yang melihatnya!

2. Bunga Lavender

Jenis Tanaman Hias Bunga Lavender
Gambar. Bunga Lavender

Bunga berwarna ungu ini merupakan tanaman yang cantik dan menawan. Bunga lavender dapat hidup pada media pot dengan pencahayaan cukup. Aroma segara bunga ini juga dapat mengusir nyamuk secara alami.

3. Tanaman Bonsai

Jenis Tanaman Tanaman Bonsai
Gambar. Tanaman Bonsai

Jenis tanaman hias indoor kerdil satu ini menjadi favorit banyak orang sebagai hiasan indoor. Pasalnya, bonsai dengan bentuk mungilnya tampak artistik dan mampu menghadirkan kesan mewah pada ruangan.

Perawatannya pun tidak terlalu sulit, hanya butuh ketelatenan.

4. Bunga Azalea

Jenis Tanaman Bunga Azalea
Gambar. Bunga Azalea

Bunga azalea sedikit mirip dengan bougenville, hanya berbeda varian warna dan kuncup karena pada azalea kuncupnya lebih mekar. Bunga ini dapat hidup pada media pot, serta mempunyai manfaat untuk menyerap udara kotor di dalam ruangan.

Warnanya yang cerah akan semakin menambah nuansa segar pada ruangan.

5. Tanaman Kaktus

Jenis Tanaman Hias Kaktus
Gambar. Tanaman Kaktus

Jenis tanaman hias indoor satu ini belakangan tengah naik daun. Orang-orang banyak yang menyukai tanaman kaktus, terutama yang berbentuk mungil. Perawatan kaktus sangat mudah karena pada dasarnya tanaman ini tidak butuh banyak air.

6. Tanaman Lidah Buaya

Jenis Tanaman Hias Lidah Buaya
Gambar. Lidah Buaya

Lidah buaya atau dikenal juga sebagai alore vera juga dapat dijadikan tanaman hias indoor. Media tanamnya berupa pot, dengan asupan air dan pencahayaan yang cukup. Tanaman sejuta manfaat ini sangat mudah perawatannya, hanya membutuhkan penyiangan sesekali waktu.

7. Tanaman Dracaena

Jenis Tanaman Hias Dracaena
Gambar. Dracaena

Jenis tanaman hias indoor dracaena lebih dikenal masyarakat sebagai bambu rezeki. Tanaman ini menjadi favorit banyak orang karena perawatannya yang mudah. Selain itu, bentuk dracaena sangat artistik, mampu menghadirkan kesan mewah dan elegan bagi ruangan.                                      

Manfaat dan Fungsi Tanaman Hias Indoor

Keberadaan tanaman hias di dalam ruangan mempunyai beragam manfaat. Tidak hanya berfungsi sebagai tambahan furniture untuk mempercantik tampilan ruangan, tanaman hias indoor juga memberikan asupan oksigen yang dapat menambah kesegaran udara di dalam ruangan.

Yang paling utama, jenis tanaman hias indoor beragam rupa akan semakin menambah keindahan ruangan Anda. Warna-warni bunga ataupun estetika hijau tanaman bertangkai kian mempercantik interior sekaligus menciptakan suasana lebih dekat dengan alam.

Selain itu, tanaman hias indoor juga bermanfaat untuk menambah kesegaran udara. Tanaman adalah penghasil oksigen yang dapat menyerap kandungan karbondioksida dari udara. Oleh karena itu, dengan adanya tanaman di dalam ruangan, Anda bisa mendapatkan air purifier secara gratis dan alami.

Itulah ragam jenis tanaman hias indoor beserta manfaatnya. Keberadaan tanaman di dalam ruangan akan menghadirkan nuansa natural yang merelaksasi. Keindahannya juga akan memanjakan mata sehingga bisa memberikan pemandangan indah tersendiri yang dapat mereduksi rasa stres atau suasana hati buruk.

Leave a Comment