7 Contoh Penelitian Sosial Sederhana dan Jenisnya

Jenis Penelitian Sosial – Dalam sebuah ilmu sosiologi sebagai ilmu pengetahuan yang muncul dalam kehidupan masyarakat serta menghasilkan bermacam-macam penelitian. Dan secara umum bisa kita simpulkan penelitian ini dikenal dengan penelitian sosial.

Maka dari itu admin disini ingin menjelaskan kepada teman-teman semua mengenai Jenis-jenis penelitian sosial dan contohnya di masyarakat, simak penjelasan dibawah ini.

Pengertian Penelitian Sosial

Penelitian Sosial merupakan sebuah penelitian yang sering dilakukan oleh para ahli untuk bisa menghasilkan beragam gejala sosial serta dinamika kelompok sosial. Para ahli mengatakan penelitian sosial ini sangatlah penting sebab latar belakang sosiologi terbagi menjadi ilmu pengetahuan  lantaran hasil dari objek kajian sosiologi dalam penelitian tidaklah sama dengan ilmu sosial lainya.

Munculnya sebuah perbedaan-perbedaan yang sering sekali ada dalam sebuah penelitian sosiologi sebab ada beberapa instrumen yang dibutuhkan. Dalam ilmu sosiologi seseorang bisa melakukan penelitian dengan dua metode yakni metode kualitatif dan kuantitatif (Memakai hitungan satistik).

Baca Juga : 5 Instrumen Penelitian: Pengertian, Contoh dan Cara Menyusunnya

Karakteristik Penelitian Sosial

Menurut pendapata Paul Leedy didalam bukunya yang berjudul “Practical Research” di sebutkan bahwa terdapat 4 karakteristik dari Penelitian Sosial, antaralain sebagai berikut :

  1. Penelitian sosial bisa dilakukan karena adanya pertanyaan atau masalah, guna menstimulasi sebuah penelitian. Munculnya beberapa pertanyaan yang diajukan tidak jauh dari sekitarnya.
  2. Penelitian sosial harus mempunyai tujuan yang jelas, sebuah masalah harus dapat di atasi atau diselesaikan, maka dari hasil tersebut akan diperoleh apa tujuan dari permasalahan tersebut.
  3. Penelitian sosial memerlukan suatu rencana yang rinci dan jelas agar penelitian mempunyai spesifikasi kegiatan yang sudah tersusuan secara benar.
  4. Penelitian sosial pada umumnya membagi masalah prinsip menjadi submasalah, alasanya hal tersebut dilakukan untuk mempermudah serta menjawab permasalah yang sudah ada.

Coba perhatikan bagan berikut ini mengenai karakteristik penelitian sosial:

7 Contoh Penelitian Sosial Sederhana dan Jenisnya
Karakteristik Penelitian Sosial

 

Jenis Penelitian Sosial Sederhana

Dalam ilmu sosiologi penelitian sosial ini tidak hanya satu ya, namun ada beberapa jenis-jenisnya, berikut untuk penjelasan dari jenis penelitian sosial di masyarakat.

A. Berdasarkan Manfaat atau Penerapanya

Pada manfaat dan penerapanya, pada jenis penelitian dalam sosiologi bisa terbagi menjadi dua. Diantaranya yakni seperti dibawah ini :

  1. Yang pertama ada penelitian dasar (basic research) merupakan metode penelitian sosial yang sifatnya murni guna mengembangkan ilmu pengetahuan didalam kajian sosiologi.
  2. Yang kedua penelitian terapan (applied research) merupakan langkah dalam penelitian sosial yang sudah didesain untuk bisa menyelesaikan berbagai permasalahan secara praktisi.
7 Contoh Penelitian Sosial Sederhana dan Jenisnya
Jenis Penelitian Sosial

B. Berdasarkan Tempat Penelitianya

Berdasarkan dari tempat penelitianya, pada jenis penelitian sosial ini juga terbagi dalam 3 jenis, diantaranya seperti dibawah ini :

  1. Field Research merupakan salah satu jenis penelitian yang dilakukan langsung dilapangan. Umunya jenis penelitian ini memakai metode kuantitatif dan kualtitatif.
  2. Library research yakni penelitian yang dilakukan dengan memakai literatur/kepustakaan pada pemabahasan dan penerpanya juga
  3. Laborato research yakni jenis penelitian sosial yang umumnya dilakukan di ruang tertutup seperti laboratorium.
Baca Juga : 12 Contoh Tinjauan Pustaka dan Cara Mudah Membuatnya

C. Berdasarkan Tujuanya

Sendangkan penelitian berdasarkan tujuanya, dapat dibedakan menjadi lima, diantaranya ialah sebagai berikut :

  1. Penelitian eksploratif adalah penelitian sosial yang dilakukan untuk tujuan bisa mendapatkan fakta dan ilmu pengetahuan yang baru.
  2. Penelitian deskriptif ialah termasuk jenis penelitian yang memiliki tujuan untuk memberikan gambaran tentang fenomena tertentu dalam kehidupan masyarakat.
  3. Penelitian verifikatif merupakan suatu penelitian sosial dengan tujuanya utamanya ialah menguji sebuah teori daripada penelitian yang sudah ada sebelumnya.
  4. Penelitian tinjakan yakni termasuk jenis penelitian sosial dengan tujuan mencarikan solusi yang lebih efesien dan efektif
  5. Penelitian pengembangan atau development tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan, memperluas serta memperdalam sebuah teori atau pengetahuan didalam pola pikir masyarakat.

D. Jenis Penelitian Sosial dalam Pendekatan Kualitatif

Apa itu pendekatan kualitatif ? Merupakan salah salah satu jenis penelitian sosial yang akan memberikan visualisasi tentang masalah sosial yang terjadi secara deskriptif atau  sebuah penjelasan untuk membangun ilmu pengetahuan atas sesuatu yang sudah diperoleh. Berbeda dengan jenis penelitian kuantitatif penelitian ini didukung oleh teori-teori dan studi literatur dan durasi waktu yang diperlukan cukup relatif lama.

E. Jenis Penelitian Sosial dalam Pendekatan Kuantitatif

Berbeda dengan jenis pendekatan kualitatif, jenis penelitian ini merupakan suatu penelitian yang memakai  banyak sekali data-data dari dalam masyarakat itu sendiri. Dan jenis penelitian sosial dalam pendekatan kuantitatif ini memerlukan data yang dihitung memakai nomor-nomor dalam statistika.

Baca Juga: Contoh Variabel Independen, Dependen, Moderator dan Interving

Masalah Sosial dan Gejala Sosial

Munculnya gejala sosial yang menjadi salah satu tujuan utama dalam penelitian sosial adalah hubungan antara dua atau lebih gejala sosial dan akan menjadi topik penelitian sosial tersebut.

Dibawah ini terdapat beberapa contoh permasalah yang banyak sekali diteliti oleh para ilmuan sosial :

  • Penelitian ini menyangkut kepuasan kerja
  • Penelitian menyangkut masalah kepemimpinan
  • Masalah iklim dalam organisasi
  • Penelitian menyangkut masalah struktur organisasi
  • Penelitian mengenai masalah ekonomi sosial

Beberapa masalah yang terjadi pada setiap tingkatan tersebut, harus bisa diatasi agar dapat menghasilkan suatu pengetahuan baru, dengan melakukan penelitian sosial.

 

Jenis Penelitian Sosial dan Contohnya
Potret anak-anak jalanan belajar di pinggir Tol Jagorawi

Contoh Jenis Penelitian Sosial di Masyarakat

Terdapat beberapa contoh yang bisa dilakukan pembahasan dalam sebuah penelitian sosial, misalnya saja ialah penelitian tentang Judul “Pandangan Pandangan Anak Jalanan Mengenai Penerapan Pendidikan Nonformal” dan tujuan tersebut dilakukan agar bisa memperoleh informasi tentang pandangan anak-anak yang tinggal dijalanan terhadap penerapan pendidikan nonformal selanjutnya tujuan yang akan diperoleh yakni supaya bisa mengetahui persentase keikutsertaan anak jalanan pada penerapan pendidikan nonformal.

Sehingga jenis penelitian sosial yang seperti ini harus memakai penelitian survei. Kenapa harus menggunakan penelitian survei ?

Tujuan dari memakai jenis penelitian survei ialah penelitian ini tujuan utamanya bukan untuk menjelaskan sebuah peristiwa masa lampau secara kronologis akan tetapi tujuan utama penelitian ini dilakukan untuk memperoleh data-data yang sangat valid.

 

Itulah penjelasan lengkap mengenai Jenis-jenis penelitian sosial dan contohnya yang ada di masyarakat. Semoga dengan penjelasan diatas bisa memberikan pemahan kepada para pembaca yang sedang membutuhkan informasi atau referensi tentang Penelitian Sosial di Masyarakat.

Jangan lupa untuk terus membaca artikel-artikel kami di Khanfarkhan.com dan dapatkan pengetahuan-pengetahuan terbaru lainya. Yang kami share disini terimakasih juga atas kunjunganya

Please rate this