Jenis Mangga serta Harga per KG

Buah mangga menjadi salah satu varietas buah yang terkenaldengan rasa manisnya. Secara fisik, pohonnya tumbuh tegak, kuat dan memilikiketinggian relatif tinggi. Terdapat berbagai jenis mangga yang bisa Andanikmati, namun jenis mangga termanis masihmenjadi kualitas unggulan yang sering dinikmati masyarakat.   

Jenis Mangga Unggulan di Indonesia

Buah mangga merupakan buah dengan kandungan nutrisi dan vitamin yang tinggi, namun disamping itu, ia banyak dikonsumsi karena rasanya yang manis dan menyegarkan.

Tapi Anda juga perlu tahu ciri-ciri mangga seperti apa. Nah, berikut ini merupakan jenis mangga yang memiliki rasa manis alami, baik mangga lokal maupun impor luar negeri.

1. Mangga Yu Wen

Jenis Mangga Besar Mangga Yu Wen
Gambar Mangga Yu Wen

Ciri dari mangga ini adalah warnanya yang merah dengan daging buah yang tebal tanpa serat, dengan ukuran biji yang kecil. Jenis mangga ini berasal dari Taiwan dengan rasa manis yang tinggi, membuatnya memiliki banyak penggemar karena rasanya tersebut.

2. Mangga Golek India

Jenis Mangga Termanis Mangga Golek India
Gambar Mangga Golek India

Jenis mangga unggulan selanjutnya adalah mangga golek. Mangga impor ini secara sekilas memang mirip dengan mangga golek lokal, namun dengan ukuran yang lebih besar. Satu buahnya saja mencapai berat 1,5 kg, dengan bentuk bulat memanjang.

Tekstur buahnya lembut, terasa manis dan biijnya cukup tipis serta mengikuti lekuk buah.

3. Mangga Manalagi

Jenis Mangga di Indonesia Mangga Manalagi
Gambar Mangga Manalagi

Mangga lokal ini dikembangkan di daerah Situbondo, Jawa Timur. Ia merupakan jenis mangga unggulan yang sering diimpor ke luar negeri, karena terkenal dengan rasa manisnya.

Daging buahnya cukup tebal dan sedikit berserat, rasa manisnya pas dengan lidah masyarakat Indonesia, membuatnya menjadi buah mangga paling dicari di pasaran.

4. Mangga Arum Manis

Vaietas mangga ini tidak pernah mengalami penurunan kuantitas pada tiap tahunnya. Bahkan ketika musim panen tiba, harganya bisa melonjak tinggi karena banyak dicari oleh masyarakat.

Mangga ini terkenal karena memiliki aroma yang harum, namun rasanya tetap manis. Kamu juga bisa membandingkan hasil dari mangga yang diberi pupuk dengan yang tidak diberikan sama sekali.

5. Mangga Chokanan

Jenis Mangga Unggulan Mangga Chokanan
Gambar Mangga Chokanan

Selanjutnya adalah mangga chokanan. Jenis mangga unggulan ini berasal Thailand, salah satu wilayah Asia Tenggara sebagai pusat ekspor mangga chokanan. Rasanya yang manis membuat varietas mangga ini sering dijuluki mangga madu.

Ia bisa dikonsumsi ketika masih muda maupun masak pohon dengan rasa manis yang berbeda dari jenis mangga lainnya.

Harga Mangga Manis Tiap 1 Kg

Sebagaimana buah pada umumnya, mangga dijual secarakilogram, walaupun sering ditemui pula dalam bentuk ons maupun bijian. Berikutmerupakan beberapa harga mangga dalam satuan kilogram, yang sering di jual,baik di supermarket maupun pasar tradisional.

  1. Mangga Arum Manis

Mangga ini memilikipanjang sekitar 15 sentimeter, dengan berat rata-rata untuk tiap buahnyasekitar 450 hingga 480. Untuk satu kilonya, mangga ini biasanya dibanderoldengan harga 27.000 rupiah.

  1. Mangga Manalagi

Jenismangga unggulan memiliki harga beliyang cukup tinggi. Untuk satu kilogramnya, mangga manalagi dijual dengan hargaantara 13.000 hingga 15.000 rupiah. Isian dalam satu kilogramnya akantergantung pada berat mangga, sebab rentang berat mangga ini cukup beragam.  

  1. Mangga Budiraja

Mangga ini memilikibentuk buah yang besar, beraroma wangi dengan tekstur buah yang lembut, enakdan manis. Di supermarket, mangga ini dijual per 100 gram dengan harga sekitar2.400 rupiah. Satu kilogram akan dihargai 24.000 rupiah.

  1. Mangga Alpukat

Mangga ini memilikirasa manis dengan ciri biji mirip dengan alpukat, yang mana Anda bisamemisahkannya secara langsung dari daging buah. Harga satu kilogramnya berkisarantara 170 ribu hingga 180 ribu rupiah.

Itulah beberapa jenis mangga unggulan berikut denganharga per 1 kilogramnya. Harga tersebut akan berbeda tergantung lokasi tempatAnda membeli dan jenis buah mangganya.

Farkhan Ramadhan, S.E.

Seorang Blogger, Lulusan IIB Darmajaya Lampung Fakultas Ekonomi dan Bisnis asli tinggal di Lampung, dan ingin bermanfaat untuk orang lain dengan cara berbagi pengalaman lewat tulisan. Keja sama bisnis Farkhanramadhan8@gmail.com

Tinggalkan komentar