Home Industri

Artikel ini Telah Ditinjau Oleh: Farkhan Ramadhan, S.E.

Mungkin Anda sedikit asing dengan apa itu pengertian home industri. Secara umum, ia merupakan sebuah kegiatan melakukan bisnis di rumah, atau bisa dibilang sebagai sebuah perusahaan kecil yang di jalankan di rumah.

Bagi Anda yang penasaran, berikut merupakan beberapa pengertian makna tentang home industri menurut para ahli, ciri-ciri dan manfaat bagi masyarakat.

Pengertian Home Industri Menurut Para Ahli

Pengertian Home Industri Menurut Para Ahli

Home Industri memiliki banyak bidang, kegiatan bisnis tersebut mencakup bisnis jasa, barang, maupun pembukaan kantor di rumah sendiri. Pengertian dan makna dari home industri dijelaskan oleh para ahli seperti berikut.

  1. Menurut Kwartono

Menurut Kwartono, pengertian home industri adalah kegiatan bisnis yang dilakukan oleh rakyat, dengan syarat yakni laba bersih yang dihasilkan tidak lebih dari 200 juta rupiah. Laba tersebut, tidak termasuk tanah maupun lokasi yang digunakan untuk melakukan usaha.

Selain itu, ia menjabarkan pula bahwa home industri merupakan bisnis yang dilakukan oleh warna negara Indonesia, dengan laba bersih tahunan tidak melebihi angka 1 triliun rupiah.

  1. Menurut Zulkarnain

Selanjutnya adalah pengertian dan penjelasan mengenai home industri dari Zulkarnain. Ia mengatakan bahwa home industri merupakan sebuah kegiatan bisnis yang dilakukan oleh seorang individu, yang memenuhi beberapa kriteria tertentu.

  1. Menurut Tohar

Tohar menerangkan bahwa pengertian home industrimerupakan kegiatan bidang ekonomi yang dilakukan oleh rakyat dengan kapasitas kecil. Kegiatan tersebut memenuhi kapasitas dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh undang-undang negara, berikut hasil penjualan tahunannya.

  1. Menurut Ina Primiana

Penjelasan mengenai home industri juga pernah diterangkan oleh Ina Primiana. Menurutnya, home industri merupakan usaha kecil yang akan menjadi penggerak dan pengembang dari ekonomi utama pemerintahan.

Selain itu, home industri menjadi motor penggerak yang mencakup banyak bidang,  yakni industri manufaktur, pengembangan sumber daya manusia, bisnis dalam berbagai bidang, serta agribisnis.

Pengertian home industri kedua yang diterangkan oleh Ina Primiana selanjutnya adalah sebuah usaha, baik kecil ataupun besar yang dilakukan oleh warga negara untuk mempercepat pemulihan ekonomi, terutama dengan pendekatan wilayah atau daerah.

Pendekatan dilakukan dengan pemulihan wilayah tersebut berupa pewadahan program prioritas dan pengembangan berbagai sektor industri yang memiliki potensi untuk merubah arus perekonomian.


Ciri-Ciri Home Industri

Ciri-Ciri Home Industri

Setelah diterangkan mengenai pengertian home industri oleh para ahli, kini Anda mendapatkan sedikit gambaran bagaimana makna dari home industri tersebut. Selanjutnya merupakan ciri-ciri yang menyertai pembentukan dan perkembangan dari home industri itu sendiri.

Berikut merupakan beberapa ciri dari home industri yang sering dilakukan dan berkembang dalam kehidupan masyarakat.

  1. Sebagian besar menggunakan akses perbankan untuk keperluan modal awal usaha.
  2. Sumber daya manusia yang mendirikan dan melakukan inisiatif untuk mengembangkan home industri merupakan seorang yang memiliki pengalaman dalam melakukan wira usaha.
  3. Home industri juga merupakan industri yang bergerak secara resmi, ia memiliki izin usaha dan persyaratan legalitas lainnya yang diakui oleh negara, termasuk NPWP dan izin resmi lainnya.
  4. Lokasi tempat usaha untuk melakukan home industri umumnya sudah menetap di satu tempat, biasanya di rumah pribadi, dan tidak melakukan perpindahan tempat berulang-ulang.
  5. Barang komoditi maupun jenis produk yang ditawarkan, baik jasa maupun lainnya, telah ditetapkan dan tidak mudah berubah-ubah.

Manfaat Home Industri

Dalam mekanisme pembuatanya ada beberapa manfaat home industri bagi masyarakat seperti berikut ini.

  1. Menciptakan peluas usaha baru bagi masyarakat
  2. Membantu meningkatkan ekonomi di masyarakat desa.
  3. Mengurangi terjadinya kesenjangan sosial di masyarakat.
  4. Mengurangi tingkat kriminalitas akibat suliatnya mencari pekerjaan.
  5. Mengurangi biaya yang diperlukan.
  6. Seluruh pengelolaanya bisa dilakukan hanya di rumah saja.
  7. Kreativitas masyarakat menjadi semakin meningkat.
  8. Mampu menghasilkan produk yang unik dan berbeda dari produk lainya.

Demikianlah pengertian home industri secara singkat berikut ciri-ciri yang menyertainya. Semoga tambahan ini menambah wawasan dan pengetahuan Anda mengenai home industri.

Leave a Comment