Gejala Modernisasi

Artikel ini Telah Ditinjau Oleh: Farkhan Ramadhan, S.E.

Dari mulai Indonesia merdeka sampai saat ini sudah terjadi tiga kali perubahan sistem pemerintahan dimulai dari Orde Lama lalu berubah menjadi Orde Baru sampai Era Revormasi.

Tujuannya adalah untuk membuat kehidupan masyarakat semakin maju. Seiring berjalanya pemerintahan ini terjadilah perubahan-perubahan besar didalam kehidupan sosial masyarakat.

Istilah perubahan sosial ini dikenal juga dengan sebutan Modernisasi. Pengertian modernisasi sendiri adalah sebuah proses transformasi yang mampu menggerakan lapisan masyarakat pada bentuk perubahan yang sudah ada di dalamnya.

Gejala Modernisasi di Indonesia

Setiap waktunya masyarakat selalu menginginkan perubahan sosial yang lebih baik lagi. Artinya mereka harus siap untuk menerima berbagai informasi dan perkembangan yang semakin maju.

Berikut ini terdapat beberapa gejala modernisasi di berbagai bidang seperti berikut ini :

Di Bidang Sosial

Terlihatnya gejala modernisasi yang terjadi di bidang sosial adalah dengan terbentuknya beberapa kelompok sosial di kehidupan masyarakat baik itu yang terbentuk secara resmi maupun tidak resmi.

Dengan begitu akan terlihat beberapa perbedaan dari kedua kelompok sosial tersebut.

Di Bidang Ekonomi

Gejala Sosial Di Bidang Ekonomi

Di dalam bidang Ekonomi gejala modernisasi ini terlihat sangat nyata sekali misalnya saja dalam transaksi jual beli. Saat ini proses jual beli bisa dilakukan dengan sangat mudah sekali kamu tidak perlu repot-repot pergi ke toko tersebut.

Saat ini kamu hanya perlu cukup melakukan pembelian melalui aplikasi (toko online) proses pembayaranyapun bisa dilakukan dengan metode Transfer atau COD (bayar ketika barang sampai).

Di Bidang Politik

Gejala Sosial Di Bidang Politik

Saat ini gejala modernisasi di bidang politik yaitu dengan ditetapkanya sistem pemerintahan Demokrasi. Baik Presiden, DPRD, Gubernur, Bupati dan lainnya ditentukan oleh suara rakyat terbanyak.

Tidak sampai disitu saja saat ini Indonesia sudah menjalin hubungan kerjasama bilateral dan multilateral dengan negara tetangga.

Di Bidang Agama

Selanjutnya adalah di bidang keagamaan. Gejala yang muncul di tandai dengan adanya perkembangan rasionalitas atau nalar yang terindegrasi dengan ajaran agama yang dianut oleh setiap umat beragama.

Tanpa disadari lama kelamaan masyarakat mulai meninggalkan kepercayaan animisne dan dinamisme. Saat ini masyarakat sudah bisa mengambil sikap dan cenderung memilih kepercayaan agama yang mempertimbangkan aspek modernitas namun tetap mengikuti kaidah ajaran agama yang berlaku.

Di Bidang Budaya

Gejala Sosial Di Bidang Budaya

Gejala sosial modernisasi di bidang budaya ini ditandai dengan munculnya budaya modern, sehingga kebudayaan yang masih tradisional perlahan-lahan semakin di tinggalkan dan akhirnya di klaim oleh negara tetangga.

Di Bidang Pendidikan

Gejala modernisasi yang bisa kita lihat di bidang pendidikan adalah dengan adanya aktivitas belajar mengajar yang dilakukan secara online tanpa bertatap muka, bahkan interaksi sosial yang dilakukan saat ini lebih banyak menggunakan aplikasi yang tersedia di smartphone.

Di Bidang Teknologi

Modernisasi dibidang teknologi ini biasanya ditandai dengan munculnya beberapa teknologi baru yang lebih maju dan juga membuat perkerjaan manusia lebih mudah.

Jadi banyak pekerjaan yang sudah tidak lagi menggunakan tenaga manusia contohnya saja di pertambangan atau pabrik.

Di Bidang Pertanian

Gejala Modernisasi di Indonesia

Modernisasi dibidang informasi ini biasanya ditandai dengan kegiatan petani yang sudah menggunakan alat mesin pembajak sawah untuk membajak sawah dari pada menggunakan tenaga kerbau.

Atau alat lainya yang bisa digunakan untuk memanen padi di sawah sehingga prosenya menjadi lebih cepat dan mudah.

Di Bidang Kesehatan

Dibidang kesehatan modernisasi bisa dilihat dari peralatan yang dimiliki oleh rumah sakit, dimana alat-alat medis mereka sudah semakin canggih sehingga para dokter bisa mendiaknosa penyakit yang diderita oleh pasien.

Di Bidang Informasi

Modernisasi dibidang informasi ini biasanya ditandai dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, sekarang untuk mendapatkan sebuah informasi kita bisa melihatnya di media besar cukup menggunakan HP.

Jadi saat ini sedikit sekali orang yang membeli koran untuk mendapatkan informasi atau berita terbaru.

Itulah tadi informasi yang bisa saya share kepada teman-teman semoga informasi diatas bisa bermanfaat.

Leave a Comment