Fungsi Laporan Keuangan

Laporan keuangan adalah gambaran keseluruhan mengenai keuangan sebuah perusahaan yang tercatat benar dan bisa di uji kebenaranya. Pada prinsipnya siklus akuntansi ini terdiri dari 12 tahapan dan tahapan terakhir yakni pembuatan laporan keuangan.

Angka yang ada di laporan keuangan sendiri berasal dari Neraca, laporan lapa rugi, perubahan ekuitas, aliran kas jika dilihat dari jenis laporanya. Laporan keuangan sendiri dibuat untuk menganalisa sebuah informasi keluar masuknya uang/dana. Di kesempatan sebelumnya sudah kami jelaskan mengenai karakteristik laporan keuangan kualitatif pemerintah itu seperti apa?

Namun pada kesempatan sekarang ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai fungsi dari laporan keuangan secara umu, fungsi laporan keuangan bagi perusahaan dan juga bagi pemerintah.

Fungsi Laporan Keuangan Bagi Perusahaan

Dalam perjalanan perusahaan tidak akan terlepas dari yang namanya pembukuan atau lebih dikenal sebagai laporan keuangan. Laporan keuangan sendiri dibuat setiap akhir bulan untuk mengecek laba atau rugi perusaan tersebut. Pembuatan laporan keungan sendiri tidaklah sulit jika mengerti analisanya.

Fungsi laporan keungan bagi perusahaan bisa dilihat seperti berikut ini:

√ 6 Fungsi Laporan Keuangan Bagi Perusahaan dan Pemerintah
Fungsi Laporan Keuangan

A. Untuk Mengetahui Kondisi Keuangan Perusahaan

Untuk mengetahui kondisi keuangan perusahahaan baik atau tidaknya bisa di lihat dengan menganalisa laporan keuangan. Jika laporan keuangan tersebut menunjukan laba maka perusahaan mengalami kemajuan sedangkan jika laporan keuangan menunjukan rugi artinya perusahaan mengalami kemunduran.

Baik perusahaan milik pemerintah ataupun non pemerintah untuk mengecek keuangan perusahaan baik atau buruk bisa dengan melihat laporan keuangan tersebut.

B. Alat Untuk Melihat Kondisi Kinerja Perusahaan

Kondisi kinerja perusahaan sendiri bisa dilihat dari seberapa besar laba yang didapatkan oleh perusahaan selama periode operasinya tentu itu akan berdampak baik. Namun perusahaan yang mengalami kerugian maka perlu dilakukan evaluasi dan tindakan yang lebih lanjut.

Kinerja perusahaan sendiri meliputi para karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut. Jadi itulah fungsi dari laporan keuangan dengan menyajikan angka yang sebenarnya.

C. Panduan Dasar dalam Perencanaan Kegiatan Perusahaan

Fungsi lainya dari laporan keuangan ialah menjadi panduan dasar dalam perencanaan kegiatan perusahaan. Dalam kegiatan operasinya selama satu periode perusahaan cenderung akan mengecek kondisi laporangan keuangan. Bagaimana kondisi keuangan perusahaan saat ini sehingga kedepanya perusahaan akan menjadi mudah dalam perencanaan kegiatan perusahaan yang efektif dan dapat dilakukan manajemen yang baik pula.

Ilustrasinya seperti berikut ini:

PT Sinar Dunia ingin mengiklankan produknya dan selanjutnya melakukan beberapa pertimbangkan mengenai jenis iklan yang seperti apa yang cocok untuk produknya. Hal seperti ini tentu saja akan membutuhkan biaya yang cukup besar. Sehingga perusahaan akan merinci semua biaya yang akan dikeluarkan dan dikesusikan dengan kondisi keungan perushaaan.

Dan didapatkan hasil bahwa perusahaan akan memasang iklan di media online saja. Bisa di simpulkan bahwa jika perusahaan tidak memiliki laporan keuangan sendiri pastinya akan menyulitkan dan tidak bisa menetahui seberapa besar resiko kegagalanya.

√ 6 Fungsi Laporan Keuangan Bagi Perusahaan dan Penjelasan
Laporan Keuangan

D. Alat Pembuat Keputusan dalam Perusahaan

Sama seperti fungsi-fungsi sebelumnya dengan adanya laporan keuangan tentu akan memudahkan perusahaan dalam pengambilan keputusan. Misalnya saja pihak manajemen yang ingin membuat sebuah keputusan dan juga kebijakan tidak mungkin hanya mengandalkan keputusan sendiri tapi tentunya perlu pertimbangan salah satunya yakni menganalisa laporan keuangan per periode.

E. Menjadi Bahan Pertimbangan & Pertanggungjawaban ke Pihak Ekstern

Fungsi yang terakhir ini berupa pertanggung jawaban yang di tujukan kepada pihak ekstern. Pihak Ekstern yang dimaksud disini ialah perusahaan lain yang menjalain kerjasama dengan perusahaan kita. Misalnya saja seperti ini PT Kompas menginvestasikan sebagian modalnya kepada PT Sinar Dunia namun dengan pertimbangan dan pertimbangan tersebut ialah melihat penyajian laporan keuanganya apakah baik atau buruk.

 

Demikianlah tadi penjelasan lengkap mengenai fungsi laporan keungan semoga artikel bisa bermafaat dan bisa menambah wawasan untuk anda semua. Selamat membaca

Please rate this

Leave a Comment