FOB Shipping Point dan Biaya FOB Destitation

Artikel ini Telah Ditinjau Oleh: Farkhan Ramadhan, S.E.

Kegiatan pembelian dan penjual barang dagang pada perusahaan dagang, terdapat pihak-pihak yang terlibat secara langsung sering mengajukan syarat-syarat yang telah disepakati oleh pihak penjual dan pembeli.

Didalam tramsaksi pembelian suatu barang ada sebuah syarat penyerahan barang Fob Shipping Point dan Fob Destination. Apa maksud dari kedua syarat penyerahan tersebut.

Berikut ini kami akan menjelaskan perbedaan dari Fob Shipping Point dan Fob Destination.

Pengertian FOB Shiping Point dan FOB Destination Point

Syarat pembayaran FOB Shipping Point ialah ongkos kirim barang dari gudang penjual ke gudang pembeli seluruh biaya akan ditanggung oleh pihak pemheli, sehingga kepemilikan sudah menjadi hak pembeli dari tempat penjual.

Maksudnya disini aialah pada saat terjadi transaksi pembelian barang dari penjual tetapi barang terkait sedang dalam perjalanan menuju tempat pembeli.

Barang dalam perjalanan tersebut merupakan barang milik pembeli walaupun nanti saat tutup buku barang tersebut belum didapatkan, tetapi harus sudah catat sebagai persediaan.

Syarat untuk FOB Destination ialah biaya angkut (ongkos kirim) barang dari gudang penjual menuju gudang pembeli yang bertanggung jawab yaitu pihak penjual, artinya kepermilikan menjadi hak pembeli pada saat sudah ditempat pembeli.

Maksudnya disini adalah saat terjadi transaksi pembelian lalu barang tersebut masih dalam perjalanan ke tempat pembeli, barang tersebut masihlah hak penjual.

Tetapi pada saat akhir tahun buku barang tersebut belum diterima, yang artinya nilai dari barang tersebut tidak bisa dimasukan menjadi persediaan oleh perusahaan pembeli pada neraca akhir tahun.

Pengertian CIF dan CIFIC

Pengertian dari CIF (Cost, Insurance, and Freight)  maksudnya ialah semua biaya pengiriman barang dan juga premi asuransi atas kerugian barang pihak penjualah yang  menanggung .

Sedangkan Pengertian CIFIC (Cost, Insurance, and Freight Inclusive Commission) maksud dari pembayaran ini adalah semua biaya pengiriman barang ditanggung pihak penjual, premi asuransi kerugian dan juga tanggungan biaya komisi atas barang tersebut.

Syarat Pembayaran dalam Perusahaan

Terdapat beberapa syarat dalam pembayaran mengenai jual beli suatu barang yakni sebagai berikut :

1. Tunai atau kontan

Maksudnya tunai atau kontan ini ialah untuk pembayaran yang dilakukan yakni pada saat terjadinya transaksi, baik melalui cek atau giro bilyet maupun secara langsung (dengan uang tunai)

2. n/30 (N = Neto)

Maksud dari tipe pembayaran ini ialah pembayaran yang dilakukan paling lambat 30 hari sesudah terjadinya transaksi.

3. n/EOM (End of Mont)

Maksud dari tipe pembayaran ini ialah pembayaran harus dilakukan paling lambat akhir bulan.

4. n/10 EOM

tipe pembayaran ini maksudnya ialah pembayaran wajib dilakukan paling lambat 10 hari sesudah akhir bulan.

5. 2/10, n/30

Maksud dari tipe pembayaran ini ialah apabila pembayaran dilakuakan dalam waktu kurang atau tepat pada tanggal 10 hari sesudah tanggal terjadinya transaksi, makan akan memperoleh potongan sebesar 2% dan jangka waktu kredit 30 hari.

Contoh Soal Fob Shipping Point dan Fob Destination

Setelah memahami apa itu Fob Shipping Point dan Fob Destination dan mengetahui perbedaanya. Untuk memperjelas pembahasan pada kali ini.

Berikut ini kami memberikan beberapa contoh transaksi terkait syarat pengangkutan barang.

FOB Shipping Pont

Pak Anton (Pembeli) akan membayar biaya transportasi dari Toko Makmur (Penjual). Setelah barang diserahkan kepada pembeli maka barang bukan hak penjual lagi.

Contoh Soal: PT Jaya membeli barang dagangan dari CV Lembang secara kredit senilai Rp 100.000, sedangkan syarat pembayaran Fob Shipping Point dan membayar jasa transportasi Rp 10.000.

Berikut jurnal yang diperlukan PT Jaya :

Contoh Soal FOB Shipping Point

FOB Destination

Contoh Soal: PT Sekar menjual barang dagangan secara kredit ke Toko Sebelah senilai Rp 100.000 dan Harga Pokok Penjualan Rp 75.000, dengan syarat FOB Destination.

Biaya jasa transportasi yang harus dikeluarkan PT Sekar sebesar Rp 10.000.

Berikut jurnal yang diperlukan PT Sekar :

Contoh Soal FOB Destination

Demikianlah tadi penjelasan mengenaiBiaya FOB Shipping Point dan Biaya FOB Destitation semoga dengan penjelasan diatas dapat dipahami dan bisa membantu anda. Terimakasih atas kunjunganya

3 thoughts on “FOB Shipping Point dan Biaya FOB Destitation”

  1. pak, minta tolong jurnal nya kalau PT ABC menjual barang ke PT DEF Rp 10.000.000 secara tunai, namun ongkos pengiriman di bayar oleh PT DEF.

    Reply

Leave a Comment