Jenis-Jenis Faktur dan Contoh Gambarnya

Jenis dan Contoh Faktur | Ketika anda berbelanja di sebuha Mall Besar atau berbelanja belanja barang di sebuah toko pastinya anda akan mendapatkan selembar kertas yang diberikan kepada anda ketika anda sudah lunas membayar barang tersebut. Kertas tersebut dijadikan sebagai bukti transaksi atau umumnya disebut sebagai faktur.

Apabila anda bekerja disebuah perusahaan dan akan membeli perlengkapan perusahaan anda wajib mempunyai faktur tersebut baik pembayaranya secara tunai ataupun secara kredit wajib memakai faktur.

Bagi sebuah perushaan keberadaan faktur ini sangatlah diperlukan sekali karena untuk dijadikan sebagai bukti pelaporan atau pencatatan. Faktur juga bisa meminimalisir terjadinya tinjak kejahatan seperti pemakain uang belanja yang disalhgunakan.

Ada banyak orang yang belum mengetahui bahwa faktur ini ada banyak jenisnya. Dan dikesempatan kali ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai penjelasan jenis-jenis faktur dan beberapa contoh gambar dari faktur tersebut. Yuk simak penjelasanya berikut ini:

Jenis-Jenis Faktur

Faktur termasuk salah satu bukti transaksi perusahaan selain faktur masih ada contoh lainya yang sudah dibahan pada penjelasan sebelumnya. Dalam kegiatan jual beli faktur sendiri terdiri dari Faktur Standar, Faktur Otomatis, Faktur Komersial Internasional dan Faktur Pro-Forma. Dibawah ini akan jelaskan untuk masing-masing faktur tersebut.

Faktur Standar

Sesuai dengan namanya faktur standar jenis faktur ini sudah biasa kita lihat saat berbelanja. Membuat faktur seperti ini tidaklah sesulit faktur jenis lainya. Faktur jenis ini sudah banyak sekali digunakan sebagai alat transaksi berupa kertas atau dengan format digital.

Isi dari faktur standar ini sangatlah lengkap sekali mulai dari informasi daftar barang, kontak penjual, harga barang dan jasa, ketentuan pembayaran serta opsi pembayaran.

Berikut ini anda bisa melihat contoh gambar dari faktur standar:

√ Jenis-Jenis Faktur dan Contoh Gambarnya Terlengkap
Faktur Standar

Faktur Komersial Internasional

Faktur Internasional ini pastinya mencatat semua transaksi internasional. Jenis faktur ini lebih sering dipakai oleh orang pemerintahan untuk jenis barang impor karena memang tidak sembarang barang bisa keluar masuk. Maka diperlukan lah faktur khusus ini dan sudah disetujui oleh pihak terkait sehingga sudah bisa hitung berapa besaran bajak dan biaya cukai.

Karena ini jenis faktur yang khusus jadi semua informasi data pengiriman tercatat secara jelas dan lengkap. Mulai dari volume atau berat, deskripsi barang, format pengemasan, kuantitas pengiriman, jumlah unit dan nilai total, asuransi, waktu pengiriman yang berlaku, biaya tambahan dan informasi lainya.

Berikut ini anda bisa melihat contoh gambar dari faktur komersial internasional:

√ Jenis-Jenis Faktur dan Contoh Gambarnya Terlengkap
Faktur Komersial Internasional

Faktur Otomatis

Sesuai dengan namanya jenis faktur ini bekerja dengan otomatis. Maksud dari otomatis ini ialah pemakaianya memakai perangkat komputer dan terkoneksi dengan jaringan internet. Jenis faktur ini umum sekali digunakan dalam dunia bisnis misalnya saja jual beli online dimana sebelum melakukan pembayaran anda harus mengisi data diri anda seperti alamat, jumlah barang yang dibeli, nama dan lain sebagainya.

Bentuk dan informasi faktur otomatis ini tidak jauh berbeda dengan jenis faktur standar. Fungsi faktur ini sendiri sebagai bukti atau tagihan yang diberikan kepada konsumen. Kalau anda perhatikan contohnya seperti saat anda melakukan pembelian di Buka Lapak, Lazada dan Tokopedia.

Nah berikut ini contoh gambar dari faktur otomatis:

√ Jenis-Jenis Faktur dan Contoh Gambarnya Terlengkap
Faktur Otomatis

Faktur Pro Forma

Ini adalah jenis faktur yang terakhir, dimana jenis fakur ini fungsinya sangat berbeda dari ketiga jenis faktur sebelumnya. Apabila faktur sebelumnya diberikan untuk menagihkan pembayaran dari barang atau jasa yang diterima, namun faktur pro forma justru diberikanya diawal sebelum barang dan jasa diserahkan.

Tentu saja iformasi yang diberikan didalamnya sangat berbeda juga. Contohnya saja faktur ini diberikan untuk sebuah layanan transportasi, jadi intinya bukan masalah biaya yang akan ditekankan namun berupa penilaian diawal pekerjaan yang akan dilaksanakan.

Berikut ini contoh gambar dari jenis faktur proforma:

√ Jenis-Jenis Faktur dan Contoh Gambarnya Terlengkap
Faktur Proforma

Pahami juga jenis-jenis cek dan contoh gambarnya yang digunakan juga sebagai bukti transaksi yang sah.

 

Nah jadi itulah sedikit penjelasan mengenai jenis-jenis faktur dan contoh gambarnya yang bisa disampaikan semoa informasi diatas bisa bermafaat dan menambah wawasan untuk anda.

Kurang lebihnya kami mohon maaf dan terimakasih atas kunjungan anda ke situs kami ini. Selamat membaca

Please rate this

Leave a Comment