Faktor Penyebab Kemiskinan Secara Umum

Artikel ini Telah Ditinjau Oleh: Farkhan Ramadhan, S.E.

Kemiskinan merupakan sebuah keadaan di mana setiap individu tidak mampu mencukupi kebutuhannya, dilihat dari segi ekonomi. Sandang, pangan, dan papan menjadi hal yang sulit untuk dijangkau apabila seseorang tersebut termasuk dalam kategori ‘miskin’.

Di Indonesia sendiri masih banyak masyarakat yang berstatus ‘miskin’ karena tidak bisa memenuhi kebutuhannya. Hal tersebut bisa dilihat dari tingkat kesejahteraan hidupnya, jika terlihat sangat rendah maka bisa dipastikan jika orang tersebut sedang dalam masa masuk kategori kemiskinan.

Tentunya, ada faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi pada setiap individu. Ada beberapa faktor penyebab kemiskinan yang perlu untuk Anda ketahui, diantaranya adalah sebagai berikut.

Faktor – Faktor Penyebab Kemiskinan

Adapun faktor – faktor yang menjadi penyebab terjadinya kemiskinan diantaranya yaitu:

1 . Laju Pertumbuhan Penduduk Tinggi

Laju Pertumbuhan Penduduk Tinggi

Faktor penyebab kemiskinan yang pertama adalah tingkat laju pertumbuhan penduduk yang tinggi. Sebenarnya saat laju pertumbuhan penduduk tinggi, terdapat kelebihan dan kekurangan yang bisa diperoleh.

Kelebihannya adalah banyak peluang memunculkan bibit unggul yang produktif apabila terbina dengan baik. Namun, kekurangannya juga tak kalah mengkhawatirkan, yakni membuat angka kemiskinan semakin tinggi.

Hal tersebut karena antara jumlah penduduk dan lapangan kerja yang tersedia tidak sesuai jumlahnya.

Baca juga: Jenis-jenis kemiskinan

2. Tingkat Pendidikan Rendah

Sudah bukan rahasia lagi jika tingkat pendidikan yang dimiliki oleh setiap individu akan mempengaruhi kondisi kesejahteraannya. Apabila pendidikan yang dimiliki rendah, otomatis tidak banyak keterampilan yang bisa dilakukan.

Hal tersebut akan membuat individu yang merasakannya sulit mendapatkan pekerjaan. Ditambah lagi dengan minimnya pengetahuan atau wawasan yang dimiliki tentunya juga akan mempersulitnya dalam membuka usaha atau menciptakan lapangan pekerjaan.

3. Ketimpangan Sosial Tinggi

Faktor penyebab kemiskinan yang selanjutnya adalah adanya ketimpangan sosial yang tinggi. Hal ini biasanya terjadi pada negara-negara berkembang.

Terdapat kondisi di mana seseorang tersebut akan semakin kaya apabila ia sebelumnya kaya, dan akan semakin miskin apabila ia sebelumnya memang miskin. Ketimpangan tersebut terjadi karena distribusi yang tidak merata dari berbagai aspek.

Misalnya saja pada aspek kepemilikan sumber daya alam yang tidak merata pastinya akan menyebabkan tiap individu memiliki tingkat kesempatan berbeda.

4. Bencana Alam

Masalah alam juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab kemiskinan. Bagaimana tidak? Bencana-bencana alam seperti gempa bumi, banjir, dan tanah longsor biasanya tidak hanya merenggut banyak korban, tetapi juga harta benda.

Peristiwa tersebut justru membuat seseorang mengalami kemiskinan dalam waktu sekejap. Meskipun ketika bencana telah selesai tetap saja masih akan banyak efek kerugian yang ditimbulkan.

Ditambah lagi apabila kondisi psikologis oleh orang yang merasakannya menjadi terganggu, akan membuatnya semakin sulit mencari pekerjaan dengan cepat dikarenakan masih memiliki efek traumatis.

5. Angka Pengangguran Tinggi

Faktor penyebab yang terakhir ini sudah bisa dipastikan. Tingkat pengangguran yang tinggi akan membuat orang-orang menjadi tidak berpenghasilan dan secara otomatis sulit memenuhi kebutuhannya.

Selain itu, tingginya angka pengangguran menimbulkan banyak masalah kejahatan muncul, mulai dari pencurian, pelecehan seksual, hingga kejahatan lainnya.

Sebenarnya, faktor utama yang mempengaruhi masalah ini adalah kurangnya lapangan kerja yang tersedia. Indonesia memang membutuhkan orang-orang cerdas yang memiliki ide atau dapat menciptakan lapangan kerja berprospek.

Baca Juga: Contoh Kemiskinan Absolut, Struktural, Kultural, Absolut

6. Sumber Daya Alam yang Terbatas

Sumber Daya Alam yang Terbatas

Keterbatasan sumber daya alam menjadi faktor penyebab terjadinya kemiskinan. Biasanya ada beberapa wilayah atau negara yang memiliki sumber daya alam melimpah dan ada juga yang sangat terbatas.

Jika kita bayangkan bahwa ada sebuah negara yakni Afrika, negara ini memiliki kondisi tanah yang tandus dan hanya bisa ditanamin oleh beberapa jenis tanaman saja.

7. Konflik/Peperangan Berkepanjangan

Konflik atau peperangan bisa kita pastikan tidak akan membawa kemakmuran, justru menimbulkan masalah yang besar yaitu kemiskinan. Mengapa?

Karena semua harta benda yang miliki habis terbakar ataupun mereka pakai terus menerus. Pastinya masyarakat akan hidup miskin serba kekurangan serta kegiatan mereka menjadi terbatas.

Adapun mereka mampu bertahan sampai saat ini berkat bantuan dari berbagai pihak yang dengan senang hati memberikan makanan kepada mereka.

8. Kebijakan Pemerintah yang tidak sesuai

Kebijakan Pemerintah yang tidak sesuai

Kebijakan pemerintah yang tidak tepat justru membuat masyarakatnya menjadi sengsara, misalnya saja dengan menaikan harga bahan pokok lalu menaikan iuran bpjs.

Masyarakat yang kurang mampu seharunya di berikan bantuan bukanya dimintai iuran yang sangat mahal.

9. Tidak Memiliki Semangat Bekerja

Salah satu kunci sukses adalah memiliki semangat untuk bekerja, apabila dalam hati kita mudah merasa puas dengan hasil yang dimiliki saat ini maka pola pikir kita tidak akan maju.

Begitupun jika kita bekerja terasa saja malas bagaimana kita akan mendapatkan uang untuk kebutuhan hidup kita sendiri.

10. Besar dari Keluarga Miskin

Orang dikatakan miskin pada saat orang tersebut tidak mampu memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari, bahkan untuk makan saja sangat susah.

Terkadang kita menyalahkan orang tua kita karena kita dilahirkan dari keluarga yang miskin, padahal ini adalah ujian untuk kita yang diberikan oleh sang pencipta.

Adapun jika kita tidak ingin hidup miskin secara terus terusan kita memerlukan usaha yang ekstra dan berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan apa yang kita inginkan.

11. Korupsi

Korupsi yang meraja lela di negeri ini

Tidak ada habisnya apabila kita membahas masalah korupsi, apalagi kita sebagai orang biasa yang tidak paham dengan politik di suatu pemerintahan.

Masyarakat saat ini di tuntut untuk wajib membayar pajak, membayar iuran BPJS jika tidak melaksakannya maka kita bisa mendapatkan denda. Tapi justru uang pajak dari masyarakat atau iuran bpjs di korupsi oleh pejabat yang tidak bertanggung jawab.

Hal ini menguntungkan bagi mereka tapi menyengsarakan masyarakat kecil, sampai saat ini korupsi menjadi faktor penyebab kemiskinan yang tidak bisa diatasi.

12. Memiliki Penyakit Kronis

Seseorang yang memiliki penyakit kronis, mereka akan kesulitan untuk melakukan kegiatan sehari-harinya apalagi untuk bekerja. Segala sesuatunya sangat terbatas maka ini yang membuat seseorang hidup dalam kemiskinan.

13. Selalu Bergantung Kepada Orang Lain

Sebagai mahkluk sosial kita tidak bisa hidup tanpa orang lain, akan tetapi jika kita selalu bergantung kepada orang lain maka kita sulita bagi kita untuk menjadi orang yang lebih mandiri.

Sekarang ini jika kita tidak memiliki kemampuan individual maka kita akan sulit untuk mencari pekerjaan, kalah dengan mereka yang sudah berpengalaman.

14. Keterbatasan Lapangan Pekerjaan

Kemiskinan di indonesia salah satu faktor utamanya disebabkan karena sulitnya mencari kerja apalagi di ibu kota. Lapangan pekerjaan yang semakin sedikit sedangkan jumlah yang melamar sangat banyak.

Akibatnya banyak pengangguran dimana-mana baik untuk mereka yang baru lulus sekolah ataupun mereka yang sudah memiliki pengalaman bekerja.

Dengan begitu kita perlu tahu bagaimana cara mengatasi pengangguran, untuk itu baca artikelnya disini.

Demikianlah beberapa faktor penyebab kemiskinan yang perlu Anda ketahui. Setiap orang tentunya tidak ingin mencecap yang namanya kemiskinan.

Maka dari itu, tidak hanya membutuhkan usaha yang tinggi dari masing-masing individu saja, tetapi juga fasilitas yang mendukung dari pihak pemerintah.

Leave a Comment