Faktor Pendorong Perubahan Sosial dan Contohnya di Masyarakat

Setiap perubahan sosial yang muncul di dalam kehidupan masyarakat, terjadi karena ada beberapa faktor yang mempengaruhinya. Dari setiap faktor-faktor tersebut ada hal yang bisa memicu berubahnya pola pikir pada masyarakat itu sendiri.

Mungkin disini anda belum mengetahui apa saja faktor penghambat terjadinya perubahan sosial ? Dipembahasan sebelumnya saya sempat menulis artikel terkait faktor penyebab terjadinya perubahan sosial.

Nah tujuan ditulisnya artikel ini adalah untuk menjelaskan faktor-faktor pendorong perubahan sosial dan contohnya secara lengkap dan jelas.

Faktor Pendorong Perubahan Sosial Budaya

Jika kita lihat didalam masyarakat sendiri ada banyak sekali faktor pendorong perubahan sosial budaya, tapi disini hanya akan dijelaskan 11 faktor saja.

Silahkan jika dari teman-teman yang mengetahui faktor lainya selain yang ada pada artikel dibawah ini, bisa memberikan pnedapatnya di kolom komentar. Langsung saja kita masuk kedalam pembahasanya dibawah ini.

1. Program Pendidikan yang maju

Faktor Pendorong Perubahan Sosial dan Contohnya
Program Pendidikan yang maju

Majunya pendidikan di indonesia masuk kedalam bentuk perubahan sosial yang diharapkan. Alasanya karena untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia yang ada saat ini.

Pemerintah saat ini juga terus berupaya mengubah sistem mengajar, agar ilmu yang diberikan mudah dipahami oleh para muridnya. Tentu hal tersebut bisa menghidupkan suasana didalam kelas.

Selain itu juga menyediakan fasilitas komputer agar murid-murid tidak ketinggalan zaman karena teknologi semakin berkembang saat ini. Adapun contoh yang lainya seperti.

  • Bantuan dana Operasi Sekolah (BOS).
  • Penerapan pendidikan karakter di sekolah.
  • Pergantian kurikulum dalam kurun waktu yang ditentukan
  • Kuliah umum dan pengadaan seminar.
  • Penerapan muatan lokal (ketrampilan) dan masih banyak lagi.

Contoh Program Pendidikan yang Maju :

Contoh yang bisa di lihat disini adalah program ujian dengan menggunaka komputer, jadi para murid untuk tingkat SMA mulai mengerjakan semua ujianya melalaui komputer.

Bisa dikatakan ini program baru tapi sudah diterapkan di setiap sekolah-sekolah yang ada. Mau tidak mau sekolah juga harus mengikuti teknologi yang terus berkembang.

2. Sikap Toleransi yang besar

Faktor pendorong perubahan sosial secara eksternal
Potret toleransi dengan anak-anak

Sikap toleransi seharunya dimiliki oleh semua orang, sebagai toleransi termasuk perbuatan yang sangat mulia apalagi kita sebagai muslim yang taat. Dengan menjunjungi tinggi sikap toleransi di masyarakat maka akan muncul suatu keharmonisan.

Dalam menerapkan sikap toleransi tidak hanya di lingkungan masyarakat saja, tetapi di lingkungan sekolah ataupun tempat kerja perlu kita terapkan juga. Hal ini juga menjadi faktor pendorong perubahan sosial di masyarakat

Contoh Sikal Toleransi :

Berikut ini terdapat beberapa contoh dari sikak toleransi yang bisa kita temukan didalam kehidupan sehari-hari, diantaranya sebagai berikut :

  • Menolong tetangga yang sedang kesusahan walau berbeda keyakinan.
  • Bergaul kepada siapa saja tanpa membedakan agamanya.
  • Memberikan kenyamana kepada umat lain dalam melaksanakan ibadanya.
  • Tidak memaksakan apabila ada orang lain yang berbeda pendapat dengan kita.
  • Tidak menghina-hina agama miliki orang lain.

3. Berorientasi pada masa depan

faktor pendorong perubahan sosial
Kegiatan belajar Mahasiswa

Secara umum orientasi masa depan adalah visualisasi yang ada pada setiap individu mengenai masa depan dirinya sendiri. Dari gambaran tersebut memudahkan individu dalam mencapai tujuanya dimasa depan, dan selanjutnya bisa dievaluasi sebatas mana tujuan tersebut bisa dilakukanya.

Contoh Orientasi masa depan :

Misalnya orientasi kedepan seorang mahasiswa adalah memiliki pekerjaan yang jelas dan hidup sukses. Jadi contoh nyatanya ialah kita harus belajar dengan serius, aktif dalam kegiatan di kampus dan mengubah pola pikir kita agar apa yang kita targetkan bisa tercapai.

4. Menghargai hasil karya orang lain

contoh faktor pendorong perubahan sosial
Boyalali mendapatkan 12 kali Piala Adipura

Dengan menghargai hasil karya yang sudah dibuat seseorang, membuat orang tersebut menjadi yakin dengan hasil yang ia buat. Sehingga orang tersebut akan semakin bersemangat dalam menghasilkan karya-karya selanjutnya.

Selain itu anda juga bisa memberikan kekurangan dan kelebihan karya itu agar diperbaiki, serta memberikan saran agar kedepanya menjadi lebih baik lagi.

Contoh menghargai hasi karya :

Contoh yang bisa kita temukan adalah penghargaan Adipuran yakni penghargaan yang diberikan kepada “Kota Bersih dan Teduh”. Program ini sudah belangsung sejak tahun 1986 di Indonesia.

Dalam hal ini Penghargaan Adipura dilaksanakan langsung oleh Kementrian Lingkungan Hidup. Penghargaan tersebut menjadi faktor pendorong perubahan sosial eksternal.

5. Struktur Lapisan Masyarakat yang Terbuka

Dengan struktur lapisan masyarakat yang terbuka memungkinan setiap orang melakukan perubahan status sosial dalam hidupnya. Pada konteks ini tidak ada batasan terhadap siapapun untuk bisa mewujudkanya.

Ini adalah salah satu faktor utama pendorong perubahan sosial di lingkungan masyarakat.

Contohnya Struktur lapisan Masyarakat Terbuka :

Contohnya adalah ketika semua orang bebas melakukan kegiatanya tanpa ada batasan status sosial dan juga agama. Artinya semua derajat orang sama tidak membeda-bedakan kelas atas, kelas menengan dan kelas bawah.

6. Faktor Internalisasi Hakikat Manusia

Faktor Internalisasi Hakikat Manusia
Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah

Kemudian yang menjadi faktor pendorong perubahan sosial selanjutnya ialah faktor internalisasi hakikat manusia. Dimana dapat lihat dengan munculnya sifat dan kebiasaan manusia yang selalu mengubah pola fikirnya untuk menjadi lebih baik.

Hal ini bisa terwujud dengan melakukan bisnis, berdagang, pendidikan dan lain-lain. Apabila salah satu unsur tersebut digabungkan maka akan memunculkan perubahan sosial yang semakin baik.

Contoh Faktor Internalisasi Hakikat Manusia :

Adapun contoh dari internalisasi hakikat manusia sebagai berikut ini:

  • Memberikan pelajar budi pekerti anak sejak usia dini.
  • Mengikuti setiap pengajian yang ada di masjid untuk menambah ilmu tentang agama.
  • Memberikan pehaman untuk menghargai orang yang lebih tua sejak dini.

7. Masyarakat yang Heterogen

Masyarakat yang Heterogen
Berbeda suku, agama dan budaya namun tetap satu

Masyarakat yang heterogen memiliki dampak yang kuat sebagai faktor pendorong perubahan sosial. Sebab masyarakat heterogen sendiri merupakan masyarakat yang tergabung dalam ras, agama, etnis dan budaya beragam.

Didalam masyarakat heterogen tidak akan adanya diskriminasi maupun rasisme, yang ada justru saling menghargain satu sama lainya.

Contoh Masyarakat Heterogen :

Faktor pendorong perubahan sosial dan contoh nyata yang bisa kita lihat seperti di Indonesia yang memiliki suku, kuliner dan agama berbeda-beda namun tetap satu. Bahkan di Lampung sendiri banyak orang suku Jawa yang menetap di wilayah tersebut.

8. Sikap mudah menerima hal yang baru

Membuat inovasi atau melakukan sesuatu yang baru merupakan salah satu pendorong perubahan sosial. Perubahan sendiri muncul karena adannya tindakan dari masyarakat untuk melakukan sesuatu yang baru.

Kalau kita tidak berkembang, sedangkan teknologi setiap waktunya terus berkembang dan memunculkan sesuatu yang baru maka kita akan sulit untuk melakukan suatu perubahan, baik dalam masyarakat atau diri sendiri.

Contoh sikap mudah menerima hal yang baru :

Misalnya saja ketika kita tinggal disuatu daerah yang rata-rata suku Lampung, kemudian terjadi Transmigrasi yang didominasi oleh suku jawa. Karena masyarakat lampung toleransinya baik maka mereka bisa diterima untuk menetap di daerah tersebut.

9. Kontak dengan Kebudayaan Lain

Kontak budaya adalah penggabungan antara dua kebudayaan atau bisa lebih. Adanya kontak dengan kebudayaan lain akan menjadi faktor pendorong perubahan sosial.

Alasanya karena dalam suatu kelompok dengan tipe kebudayaan yang berbeda saling terbuka dengan kebudayaan lainya, sehingga akan terjadi kontak budaya.

Saat ini tidak sulit untuk mengetahi tiper kebudayaan yang ada di suatu wilayah, karena zaman yang sudah modern dan teknologi yang pemicunya.

10. Perubahan jumlah penduduk

Perubahan jumlah penduduk
Pertumbuhan Penduduk

Penduduk yang memiliki umur diatas 30 th akan cenderung memilih tinggal didaerahnya sendiri. Sedangkan untuk seseorang dibawah umur 25 th masih ingin menemukan hal yang baru.

Contohnya saja orang yang baru saja lulus kuliah tentunya ingin memiliki pekerjaan yang lebih baik sehingga merantau ke ibukota. Setiap tahunya jumlah penduduk jakarta terus bertambah sehingga menjadi faktor pendorong perubahan sosial.

Salah satu dari dampak negatif perubahan sosial yakni cultural shock akibat dari pertumbuhan penduduk yang tidak wajar.

11. Perubahan Trend Gaya Rambut terbaru

Tidak sedikit orang melakukan perubahan terhadap dirinya sendiri dan salah satunya ialah mengubah gaya rabutnya seperti idolanya. Perubahan gaya rambut ini masuk sebagai faktor perubahan sosial kecil.

Itulah tadi pembahasan mengenai faktor pendorong perubahan sosial dan contohnya. Semoga apa yang sudah dijelaskan diatas bisa dipahami dan dimengerti.

Selamat Membaca !!!

Please rate this

Leave a Comment