Faktor Pendorong dan Penghambat Kerja Sama ASEAN

Artikel ini Telah Ditinjau Oleh: Farkhan Ramadhan, S.E.

Setiap negara memiliki hubungan kerja sama dengan negara lainya, dan dikenal sebagai kerjasama Internasional. Ada banyak dampak positif tentunya dengan terjalinya kerjasama internasional.

Kerjasama internasional ini biasanya dalam bidang politik, ekonomi dan lain sebagainya. Nah saat ini sudah berdiri suatu Organisasi bernama ASEAN (Association of Southeast Asian Nations).

Negara yang tergabung dalam ASEAN ini hanyalah negara yang berada di kawasan Asia Tenggara saja seperti Indonesia, Thailand, Malaysia, Filiphina dan lain-lain.

Latar belakang terjalin hubungan antarnegara ASEAN ini karena seringnya muncul berbagai macam kebutuhan yang berbeda-beda pada setiap anggota. Misalnya kebutuhan sosial, politik, ekonomi, budaya maupun bidang lainya.

Perlu teman-teman ketahui juga bahwasanya ASEAN adalah organisasi internasional yang bersifat region dan kawasan. Namun apakah anda tahu yang menjadi faktor pendorong dan penghambat kerja sama ini?

Maka di postingan kali ini khanfarkhan akan menyampaikan kepada teman-teman semua faktor pendorong dan faktor penghambat kerjasama ASEAN.

Faktor Pendorong Kerjasama ASEAN

ASEAN-Asia Menjalin Kerja sama

Berikut ini setidaknya ada 5 faktor pendorong kerjasama, baik itu dalam hal perbedaan maupun persamaan.

1. Kebudayaan yang masih sama

Persamaan kebudayaan menjadi faktor pendorong kerja sama antar negara, dan tentunya akan sangat menguntungkan bagi masing-masing negara.

Misalnya saja seperti residensi seniman, para seniman bisa bekerja secara dekat dan area yang sama. Sehingga muncul emosional antara seniman Indonesia dan Hongkong.

2. Persamaan sejarah dan nasib pernah dijajah

Salah satu bentuk kerja sama dari persamaan sejarah dan nasib pernah di jajah adalah di bidang pertahanan. Dengan melakukan latihan gabungan antara pasukan negara A dan negara B.

3. Kesamaan dan perbedaan sumber daya alam

Perbedaan dan kesamaan sumber daya alam menjadi faktor pendorong paling utama untuk menjalin kerja sama antarnegara. Sudah jelas bahwa sumber daya alam yang dimiliki negara 1 dengan negara lainya sama keseluruhanya.

4. Kesamaan dan perbedaan wilayah

Kondisi geografis suatu negara menjadi faktor pendorong terbentuknya kerjasama bilateral dan multilateral.

5. Sama-sama ingin menjadi Negara maju

Tentunya setiap negara ingin terus maju maka jika suatu negara hanya mengandalkan SDM (Sumber Daya Manusia) dari negaranya sendiri maka akan sulit untuk menjadi negara yang lebih maju.

Faktor Penghambat Kerjasama ASEAN

Setelah mengetahui beberapa faktor pendorong kerja sama, maka penjelasan selanjutnya ada beberapa faktor penghambat terjalinya kerjasama antar negara seperti berikut ini.

1. Perbedaan Ideologi antar anggota ASEAN

Saat ini hampair seluruh negara selalu menjalin kerja sama secara baik dengan negara lainya. Bahkan kita bisa melihat data-data dari negara lain dengan mudah seperti data anggaran dan lainya.

2. Kebijakan Protektif

Setiap negara memiliki kebijakan yang bertujuan melindungi kepentingan negrinya. Misalnya saja seperti menghentikan impor barang dari negara Israel karena adanya tidakan yang tidak manusiawi kepada negara muslim.

3. Konflik dan Peperangan

Akibat dari konflik dan peperangan akan sangat mempengaruhi kerjasama dan ini menjadi faktor penghambat paling sensitif. Sudah pasti negara yang sedang mengalami konflik tidak akan bisa menjalin kerja sama.

4. Perbedaan kepentingan tiap-tiap negara

Tentunya ada sebuah kepentingan ketika suatu negara saling bekerja sama, namun apabila ada kepentingan yang berbeda setiap negara tentunya akan menjadi faktor penghambat kerja sama.

5. Adanya pihak non anggota ASEAN yang ikut campur dalam urusan anggota ASEAN

Jadi itulah tadi beberapa penjelan mengenai faktor pendorong dan penghambat kerja sama ASEAN. Semoga penjelasan diatas bisa menambah wawasan untuk teman-teman semua.

Simak terus informasinya di Khanfarkhan.Com 🙂

Leave a Comment