Elastisitas Penawaran

Elastisitas Penawaran – Erat kaitanya elastisitas penawaran dengan sebuah kemampuan atau kekuatan terhadap perubahan sebuah harga. Keelastisitasan penawaran dapat digambarkan dalam bentuk sebuah bilangan yang umumnya dikenal sebagai koefesien penawaran dan selanjutnya dinotasikan dengan huruf Es.

Berbeda hal dengan pengertian Elastisitas Harga Penawaran yang dijadikan sebagai alat ukur dalam mengukur besar kecilnya barang ataupun jasa yang akan berubah disaat harganya berubah juga. Perlu anda ketahui juga bahwasanya ada 4 faktor penting yang sangat menentukan elastisitas penawaran.

Dipenjelasan kali ini akan membahas secara jelas dan lengkap mengenai 4 faktor tersebut simak penjelasanya berikut ini:

Faktor Yang Mempengaruhi Elastisitas Penawaran

Ada 4 faktor yang mempengaruhi elastisitas penawaran yang sangat penting sekali untuk diketahui antaralain yakni:

1. Jangka Waktu Analisis

√ 4 Faktor Yang Mempengaruhi Elastisitas Penawaran Lengkap
Jangka Waktu Analisis

Faktor pertama yang dapat mempengaruhi elastisitas penawaran ialah jangka waktu analisis. Dalam hal ini juga jangan waktu analisis dibedakan menjadi 3 yaitu jangka waktu yang singkat, jangka waktu pendek dan jangka waktu panjang:

– Jangka waktu sangat singkat: Karena jangka waktu yang begitu pendek dan singkat menyenbabkan pihak produsen menjadi kesulitan untuk meningkatkan/menambah penawaran, dan akhirnya penawaran akan menjadi tidak elastis penawaran.

– Jangka waktu pendek: Sedangkan dengan jangka waktu yang pendek akan menghambat kapasitas produksi meskipun demikian justru perusahaan akan mengutamakan untuk menaikan produksi dan memafaatkan faktor-faktor produksi yang masih ada. Sehingga penawaran akan bisa dinaikan meskipun presentasenya terbilang sangat kecil, maka penawaran tidak akan elastis.

– Jangka waktu penjang: Dengan jangka waktu yang panjang penawaran akan lebih elastis, alasanya karena jumlah produksi dan penawaran sangat mudah sekali untuk dinaikan dan presentasenya akan lebih besar.

2. Kecakapan produsen merubah jumlah produksi

Dalam faktor yang kedua ini jumlah produksi akan berkaitan dengan biaya dan kapasitas produksi. Penawaran akan menjadi tidak elastis apabila terjadi kedua hal dibawah ini:

– Kapasitas yang digunakan penuh, dengan begitu peningkatan kapasitas akan membutuhkan mesin baru  dan akan memerlukan invostor untuk mendukungnya. Apabila yang terjadi sebaliknya maka penawaran akan cenderung elastis. Sebelumnya sudah dijelaskan juga mengenai faktor yang mempengaruhi penawaran

– Biaya produksi untuk meningkatkan jumlah penawaran besar, Apabila produksi saat ini sudah masuk kedalam skala yang besar maka untuk menambah biaya produksi diperlukan penambahan satu unit produksi selain itu juga produksi akan berada pada skala tidak ekonomis.

3. Kemudahan substitusi faktor produksi

√ 4 Faktor Yang Mempengaruhi Elastisitas Penawaran Lengkap
Faktor Produksi

Kecenderungan elastis penawaran dikarenakan tingginya mobilitas mesin serta  tenaga kerja. Begitu juga kalau semakin elastis mobilitas kapital dan tenaga kerja, dengan begitu akan lebih mudah produsen untuk mencukupui perubahan permintaan.

Semua itu dipengaruhi oleh kapital serta tenaga kerja yang sangat fleksibel, jadi apabila sewaktu-waktu diperlukan bisa di tambah atau dikurangi.

4. Stok Persediaan

Karena persediaan yang tersedia mencukup makan produsen bisa secepatnya dalam memenuhi kenaikan permintaan. Begitu juga kecenderungan elastis persediaan sebab persediaan yang memang sangat besar. Namun sebaliknya kalau persediaan yang kecil maka persediaan tidak menjadi elastis.

Jadi kesimpulanya yang menjadi penentu atau yang mempengaruhi elastisitas penawaran dari keempat faktor diatas, hal ini sangat penting sekali didalam pelaksanaanya. Setelah memahami penjelasan diatas selanjutnya anda bisa belajar memahami rumus dan perhitungan elastisitas penawaran/permintaan.

Demikianlah penjelasan mengenai Faktor penentu elastisitas penawaran semoga penjelasan diatas dapat bermafaat dan menambah wawasan anda. Kami juga menyediakan kolom komentar apabila anda pertanyaan mengenai penjelasan diatas.

Terimakasih atas kunjungan anda

Please rate this

Leave a Comment