Disintegrasi: Pengertian, Faktor, dan Latar Belakang

Karena keberagaman yang dimiliki masyarakat indonesia, mulai dari bahasa, budaya, adat istiadat dan agama. Maka dari perbedaan tersebut akan terjadi disintegrasi.

Bagaimana kita harus menyikapinya?

Oleh sebab itu anda perlu belajar mengenai pengertian disintegrasi, faktor penyebabnya dan yang paling penting adalah latar belakang munculnya disintegrasi.

Poin penting tersebut akan kita bahas secara detail oleh khanfarkhan pada pembahasan berikut ini.

Disintegrasi

Apa itu Disintegrasi?

Pengertian dari disintegrasi adalah suatu keadaan di mana dalam kelompok sosial masyarakat tersebut tidak ada persatuan atau terpecah belah. Di Indonesia sendiri memang menganut sistem Bhineka Tunggal Ika yang berarti berbeda tetapi tetap satu jua.

Hal tersebut karena ada banyak sekali adat istiadat dan kebudayaan yang berkembang di dalam masyarakat Indonesia. Maka perbedaan tidak akan pernah bisa dihindari, melainkan harus dipupuk dan di jadikan sebagai bahan untuk semakin menjaga persatuan dan kesatuan.

Pengertian Disintegrasi Menurut Para Ahli

Setelah memahami disintegrasi secara umum, coba anda simak juga pengertian disintegrasi menurut para ahli agar lebih jelas lagi pemahamanya.

  1. Menurut Soerjono Soekanto: Disintegrasi adalah suatu ketidakteraturan yang dialami oleh masyarakat.
  2. Menurut KBBI: Disintegrasi adalah suatu perpecahan akibat dari keutuhan dan persatuan yang sudah hilang.

Faktor Penyebab

Faktor Penyebab Terjadinya Disintegrasi

Faktor penyebabnya adalah adanya pengaruh dari berbagai pihak sehingga membuat ketahanan menjadi menurun. Satu persatu ancaman juga mulai muncul dan mengakibatkan mulai goyahnya tingkat persatuan diantara masyarakat.

Adapun yang menjadi faktor penyebab utama terjadinya disintegrasi, sebagai berikut ini:

  1. Konflik: Terjadinya konflik sosial sangat mempengaruhi terjadinya disintegrasi. Baca juga contoh konflik sosial di indonesia.
  2. Kesenjangan Sosial: Kesenjanga sosial ini muncul karena ada sikaya dan simiskin. entu hal ini menjadi sumber perpecahan di masyarakat.
    Baca juga contoh kesenjangan sosial di sekitar kita.
  3. Peperangan: Akibat dari peperangan akan merugikan semua pihak yang terlibat dan berdampak pada meterial atau imateril.

Latar Belakang Munculnya Disintegrasi

Terjadinya disintegrasi nasional maupun bangsa, tentu ada yang melatar belakangi. Berikut ini adalah penjelasan mengenai latar belakang munculnya disintegrasi.

1️⃣ Banyaknya Penyebaran Ideologi Baru

Seperti yang telah diketahui jika Indonesia memiliki ideologi yang bernama Pancasila. Ideologi tersebut sudah sangat pas dan sesuai dengan kultur masyarakat sehingga bisa dikatakan tidak ada ideologi yang cocok untuk Indonesia selain Pancasila.

Namun, faktanya, banyak sekali muncul ideologi-ideologi baru yang ingin menguasai Indonesia. Hal tersebut sejalan dengan masuknya paham-paham yang liberal seperi komunis, sekulerisme, dan modernisme.

Padahal, kenyataannya berbagai ideologi baru tersebut tidak akan cocok diterapkan di Indonesia dan justru menyebabkan disintegrasi.

2️⃣ Ketimpangan Demografi

Indonesia sendiri memiliki jumlah penduduk yang cukup besar, yakni mencapai 261,6 juta jiwa. Tak dapat dipungkiri jika tingkat persebaran penduduk di Indonesia masih tidak merata sama sekali.

Banyak daerah yang justru memiliki penduduk padat, tetapi ada juga daerah yang penduduknya tidak terlalu banyak. Hal tersebut secara otomatis membuat adanya kesenjangan serta ketimpangan dari segi demografi.

Untuk tempat yang memiliki penduduk padat akan berlomba-lomba memenuhi kebutuhan dengan banyaknya saingan, sehingga dapat memunculkan tingkat terpecah belah atau disintegrasi yang tinggi.

3️⃣ Iklim Politik yang Tidak Sehat

Latar Belakang Munculnya Disintegrasi

Tak dapat dipungkiri jika politik memberikan dampak serta pengaruh yang amat kuat terhadap kepentingan rakyat. Hal tersebut karena perbedaan partai politik yang dianut dapat membuat perbedaan atau kesenjangan sosial diantara masyarakat sehingga tidak heran jika disintegrasi muncul.

Apalagi ditambah dengan fakta kurang maksimalnya partai politik ketika bekerja melayani rakyat. Mereka tidak lagi mengutamakan kepentingan rakyat, tetapi justru menomorsatukan kepentingan pribadi.

Maka tak mengherankan jika muncul banyak demonstrasi yang membuat masyarakat semakin terpecah belah.

4️⃣ Menurunnya Tingkat Toleransi

Tingkat toleransi yang rendah mampu menyebabkan banyak orang merasa tidak dihargai. Parahnya lagi, banyak muncul para golongan yang menyombongkan kebudayaan mereka dan menganggap rendah kebudayaan dari suku lainnya.

Padahal, sudah ditekankan dari awal jika Indonesia memiliki keragaman budaya yang sangat kaya dan masing-masing telah memiliki kelebihan serta keunikannya tersendiri.

Marak sekali media yang memberitakan jika terjadi disintegrasi antar suku yang didasari karena masalah sepele. Sebenarnya, hal tersebut justru akan merugikan suku sendiri dan bangsa Indonesia.

5️⃣ Kesenjangan Ekonomi

Faktor ekonomi merupakan salah satu penyebab adanya perbedaan kekayaan alam yang dimiliki oleh masing-masing daerah. Apabila laju ekonomi pada suatu daerah memiliki presentasi yang bagus, maka bisa dipastikan jika pendapatan daerah tersebut juga bagus. Begitupun sebaliknya.

Maka dari itu, muncul berbagai kesenjangan ekonomi di kalangan masyarakat. Anehnya lagi, tingkat kemiskinan di Indonesia tidak pernah menurun, justru terus menurun ke anak cucunya.

Tak ayal disintegrasi semakin marak terjadi. Hal tersebut harus segera di atasi dengan adanya program perataan ekonomi.

Nah, itulah pengertian, faktor, dan latar belakang terjadinya disintegrasi di dalam suatu negara. sebenarnya hal yang sangat penting untuk dilakukan adalah menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap bangsanya sendiri.

Selain itu juga penting untuk memiliki sikap toleransi yang tinggi terhadap sesama. Simak terus informasi lengkapnya di Khanfarkhan.com 😊

Leave a Comment