Dampak Negatif Perubahan Sosial dan Contoh

Didalam masyarakat sering kita menemui suatu keadaan yang bisa menjadi faktor penyebab perubahan sosial, bisa itu perubahan sosial kecil maupun perubahan sosial besar.

Setiap perubahan sosial yang terjadi tidak selalu menimbulkan dampak positif, ada beberapa perubahan sosial yang berdampak negatif di masyarakat. Apa saja contohnya ?

Nah pada pembahasan ini, akan dijelaskan mengenai dampak negatif akibat perubahan sosial beserta contoh kasusnya.

Dampak Negatif Perubahan Sosial dan Contohnya

Dampak negatif yang diakibatkkan dari perubahan sosial ini, justru menimbulkan contoh masalah sosial. Sebab ada hal-hal yang tidak sesuai dengan apa yang diharapkan oleh masyarakat.

Adapaun dampak negatif perubahan sosial seperti berikut ini :

1. Terjadi Kerusakan Lingkungan

Kerusakan lingkungan dari dampak negatif perubahan sosial
Terjadinya Kebakaran Hutan di Kalimantan

Dampak perubahan sosial yang terus-menerus akan meningkatkan kegiatan produksi dan konsumsi di suatu masyarakat. Kegiatan tersebut bisa berupa penebangan hutan, perburuan dan lainya.

Tentunya jika kegiatan tersebut tidak ditangani secara baik dan benar, akan mengakibatkan kerusakan lingkungan yang parah dan akan merugaikan orang banyak.

Contoh Kasus kerusakan lingkungan :

Baru-baru ini telah terjadi kebakaran hutan seluas ribuan hektar di kalimantan, banyak hewan-hewan yang mati akibat terjebak api. Penyebab kebakaran hutan ini sendiri karena untuk membuka lahan milik suatu perusahaan dan beberapa pelaku pembakaran sudah tertangkap.

Dampak negatif lainya seperti asap kebal yang menutupi kepulauan riau, menimbulkan dampak yang luar biasa, banyak orang terkena penyakit pernafasan karena asap yang tebal.

2. Meningkatnya Kenakalan Remaja

Meningkatnya Kenakalan Remaja
Potret Kenakalan Remaja

Kenakalan remaja terjadi karena ada faktor penyebabnya, seperti lingkungan yang kurang baik dan juga akibat dari perubahan sosial di dalam masyarakat.

Para remaja masih belum bisa mengontrol emosi dan perilaku mereka, sehingga mudah terpengaruh dengan adanya isu-isu di sekelilingya.

Contoh dari kenakalan remaja :

Berikut ini ada beberapa contoh dari kenakalan remaja yang sering terjadi dan meresahkan banyak orang.

  • Tawuran antar siswa SMK.
  • Melakukan pemakalan kepada teman seusianya.
  • Ikut gabung dengan geng motor.
  • Mengkonsumsi obat-obatan terlarang.
  • Melihat video porno dan sek bebas.

Upaya mengatasi dampak negatif dari perubahan sosial yang satu ini adalah peranan orang tua sebagai fungsi lembaga keluarga, yang mengatur dan mendidik mereka secara benar.

3. Tidak berfungsinya Lembaga Sosial secara benar

Tidak berfungsinya lembaga sosial ini karena peranan pemimpin yang tidak mencerminkan seorang pemimpin, bahkan menyalahgunakan kedudukanya sebagai pemimpin. Hal ini secara umum didasari karena ingin memenuhi kepentingan dirinya sendiri.

Contoh tidak berfungsinya lembaga sosial :

Adapun contoh lembaga sosial di masyarakat yang tidak berfungsi secara baik seperti Lembaga Hukum, dan Kejaksaaan yang didalamnya terjadi praktik suap menyuap.

Artinya tidak ada keadilan yang baik dalam proses tersebut dan cenderung menguntungakan satu pihak. Praktik seperti ini tidak pernah ada habisnya bahkan adanya pengurangan masa tahanan untuk para koruptor.

Berbeda dengan negara tetangga yang meningdak tegas para koruptor ada yang dihukum mati, di bakar bahkan di hukum pancung. Berbeda jauh sekali dengan hukum di Indonesia.

4. Penampakan Adat Istiadat berkurang

Ada banyak sekali nilai-nilai yang terkandung didalam adat istiadat mulai ditinggalkan karena munculnya budaya dari orang barat. Misalnya saja cara berpakaian yang sudah tidak sesuai dengan nilai-nilai budaya.

Para remaja lebih senang mengikuti kebudayaan modern, dan lambat laun akan menghilangkan jati diri bangsa yang tidak terpisahkan dengan adat istiadat.

5. Tebentuknya Anomie

Tercipatnya Anomie

Emile Durkheim merupakan orang yang pertama kali memperkenalkan Anomie. Menurutnya anomi adalah suatu situasi yang menggambarkan keadaan kacau dan tanpa ada peraturan.

Contoh dari Anomie :

Akibat terjadinya perang antar suku yang menyebabkan nilai dan norma menghilang, karena tidak ada lagi rasa peduli yang ada hanya untuk kepentingan kelompok dan individu.

6. Timbulnya Kesenjangan Budaya

Kesenjangan budaya yang terjadi di dalam masyarakat akan menyebabkan munculnya permasalahan sosial. Untuk selengkapnya, cek contoh permasalahan sosial dan cara mengatasinya.

Penyebab munculnya kesenjangan budaya dikarenakan budaya materil yang berubah lebih cepat dari budaya non materil, yang kemudian muncullah kesenjangan antar dua komponen budaya.

Contoh Kesenjangan budaya :

Dengan kemajuan internet yang bisa menjangkau dan mengakses apa saja, banyak orang yang menggunakan untuk tindak kejahatan seperti penipuan dan membobol uang di Bank.

7. Timbul Cultural Shock

Terciptanya Cultural Shock
Cultural Shock

Pengertian dari cultural shock adalah suatu keadaan yang menyebabkan masyarakat menjadi bingung dikarenakan kebudayaanya sendiri. Kenapa hal ini terjadi ? Karena perubahan kebudayaan yang begitu cepat dan waktu yang singgkat sehingga masyarakat sulit untuk beradaptasi.

Contoh Cultural Shock :

Pada saat anda pergi keluar kota atau keluar negeri dimana kebudayaan mereka sangat berbeda dengan budaya di Indonesia. Upaya apa yang bisa dilakukan dalam mengatasi cultural shock ?

Berhenti Membandingkan : Maksudnya adalah ketika anda pergi kesuatu negara jangan membandingkan kebiasaan orang disana dengan apa yang sering kita lakukan seperti, kebersihan, kebiasaan masyarakatnya cara menyapa orang lain dan hal yang lainya.

8. Timbul Disintegrasi Sosial

Dampak Negatif Perubahan
Disintegrasi Sosial

Dampak negatif dari perubahan sosial yakni timbulnya Disintegraasi Sosial. Disintegrasi sosial ini terjadi karena adanya Revolusi dengan tindakan kekerasan sehingga menimbulkan perpecahan.

Karena adanya kepentingan yang mendukung setiap golongan maka masyarakat menjadi terpecah. Begitu besarnya dampak yang ditimbulkan akibat terjadinya perubahan sosial.

9. Muncul Paham Duniawi

Selajutnya masalah yang akan muncul seperti paham duniawi, misalnya saja seperti paham sekularisasi, konsumerisme dan hedonisme. Inilah yang menjadi dampak negatif akibat perubahan sosial yang berlajar dengan baik.

10. Tenaga Manusia diganti dengan Mesin

Dampak Perunahan Sosial
Menafaatkan Tenaga Robot

Masalah seperti ini sering terjadi di perusahaan yang bergerak dalam bidang Industri, mereka lebih menggutamakan memakai tenaga mesin karena pekerjaan akan menjadi lebih efesien.

Akibatnya banyak pekerja satu persatu dikurangi, tidak sedikit dari mereka yang menjadi pengangguran tapi ada juga yang mendapatkan pekerjaan kembali.

11. Hilangya Nilai-nilai Kemanusian

Karena merasa hak-hak individu mereka hilang yang seharunya mereka dapatkan, serta bertentangan dengan hak individu lainya maka terjadi kasus seperti pembunuhan.

Contoh kasus seperti dibunuhnya teman sendiri hanya karena tidurnya yang mendengkur dan menggangu, ini menunjukan bahwa sudah hilangya nilai kemanusiaan didalam diri orang tersebut.

12. Menjadi Malas

Adapun dampak negatif yang terjadi terhadap anak muda ialah menjadi malas. Karena teknologi yang sudah maju seperti munculnya Motor, Mobil dll anak menjadi malas untuk jalan kaki.

Padahal dulu anak-anak muda senang sekali jalan kaki untuk menuju suatu tempat. Masalah lainya yang muncul seperti kemacepatan dan polusi.

13. Penyalahgunaan Perubahan

Dampak negatif perubahan sosial terhadap anak
Iwan terganggu jiwanya karena game online

Dampak negatif dari perubahan sosial lainya terhadap anak seperti kemajuan teknologi. Saat ini ada beberapa korban yang buta dan bahkan terganggu kejiwaanya karena kecanduan bermain game.

Hal ini sangat merusak generasi muda bangsa, sebab masih di umur yang muda mereka sudah tidak bisa melanjutkan hidupyang normal seperti orang lainya.

14. Membawa Budaya yang Buruk

Sulitnya mengontrol apabila seseorang sudah kecandungan dengan smartphone di tambah lagi dengan di dukung jaringan internet yang mudah. Menyebabkan para pemuda memakai kemajuan teknologi tidak sesuai pada porsinya.

Upaya Mengatasi Dampak Negatif Perubahan Sosial

Untuk mengtasi dampak negatif dari perubahan sosial ini bisa dilakukan oleh orang terdekat ataupun bisa diri sendiri. Namun ada hal-hal yang perlu dilakukan seperti berikut ini :

  • Memberikan pendidikan agama yang baik dan benar.
  • Menganalisa dampak yang ditimbulkan akibat perubahan positif atau negatifkah yang akan kita dapatkan.

Itulah tadi beberapa penjelasan mengenai dampak negatif akibat perubahan sosial beserta dengan contohnya. Somoga apa yang sudah dijelaskan diatas mudah untuk dipahami.

Selamat Membaca !!!

Please rate this