Dampak Masalah Sosial Positif dan Negatif

Apabila berbicara mengenai masalah sosial, tentu tidak akan ada habisnya. Masalah sosial sering muncul di lingkungan masyarakat yang berdampak buruk.

Ketika banyaknya perbedaa pendapat antara individu dengan individu lainya, akan menciptakan masalah sosial. Seperti yang sudah pernah saya bahasa sebelumnya mengenai contoh masalah sosial di masyarakat dan penyelesaianya.

Pada artikel ini akan dibahas tentang dampak masalah sosial di masyarakat, dampak masalah sosial bagi keluarga, dampak masalah sosial akibat bencana alam dan masih banyak lainya. Ikuti terus penjelasannya sampai selesai.

Dampak Masalah Sosial di Masyarakat

Adapun dampak dari masalah sosial yang terjadi dimasyarakat, seperti berikut ini:

1. Menyebabkan Kerusakan Fisik

Adapun masalah sosial yang bisa menyebabkan kerusakan fisik seperti tawuran dan demo anarkis. Tawuran yang dilakukan anak sekolah terkadang justru merusak fasilitas umum, bahkan rumah warga ikut menjadi sasaran.

Bahkan saat demo yang dilakukan anarkis sampai menimbulkan banyak korban dan ada yang meninggal dunia, mereka mendapat perlakukan kasar dari POLISI sebab merusak pagar-pagar dan lainya.

2. Kenyamana Menjadi Terganggu

Dampak Masalah Sosial di Masyarakat
Kenyaman Menjadi Terganggu

Masalah sosial yang sering sekali menggangu kenyaman masyarkat seperti tawuran antar geng motor, balapan liar, berjudi dan masih banyak lainya. Jika hal ini muncul di sekitar lingkungan kita tentu akan sangat menggangu sekali, rasa was-was pun akan muncul.

3. Konflik Sosial

Adapaun contoh konflik sosial yang sering terjadi di masyarakat seperti Demo Mahasiswa yang tidak setuju dengan Kuputusan DPRD terkait PUU KUHP yang terbaru.

Ada banyak sekali pasal-pasal yang menyudutkan masyarakat kecil, dan cenderung membela orang-orang besar. Tidak hanya mahasiswa yang menolok keputusan tersebut tapi masyarakatpun ikut merasakan dampaknya.

4. Besanya Angka Kriminalitas

Dampak dari masalah sosial selanjutnya yakni meningkatnya angka kriminalitas seperti kasus pembegalan, pencurian disertai pembunuhan yang menimbulkan keresaan di masyarakat.

Masyarakat menjadi tidak nyaman untuk bepergian karena maraknya kasus pembegalan dijalan, dan ini termasuk dampak negatif akibat masalah sosial yang sering terjadi sampai saat ini.

Dampak Masalah Sosial akibat Bencana Alam

1. Banyaknya Korban Jiwa

Dampak Masalah Sosial akibat Bencana Alam
Banyaknya Korban Jiwa

Bencana alam yang sering terjadi menjadi dampak dari masalah sosial, karena bencana alam seperti banjir dan tanah longsor disebabkan karena ulah dari manusia itu sendiri.

Manusia yang sering membuang sampak ke sungai, dan menebang hutan secara sembarang menimbulkan dampak yang begitu luar biasa bagi masyarakat yang menjadi korban bencana alam.

2. Harta Benda Hilang

Dari bencana alam seperti banjir ini tentu banyak merugikan banyak orang, karena perabotan elektronik menjadi rusak karena terendam air, kemudian uang hilang hanyut terbawa arus.

Jika anda lihat banjir yang terjadi di kota jakarta itu sudah menimbulkan kerugian yang begitu besar, sebab dijakarta sebagai pusat perekonomian.

Dampak Masalah Sosial Akibat Korupsi

Baca juga: Pengertian masalah sosial menurut pendapat para ahli.

1. Demoralisasi

Banyaknya kasus korupsi yang terjadi menyebaban masyarakat menjadi semakin individualis. Sehingga banyak dari mereka yang mementingkan dirinya sendiri dan keluarganya.

Apa yang menyebabkan masyarakat bertindak sampak sejauh ini !

Sebab hilangya rasa kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah, sistem, hukum dan bahkan antar sesama masyarakat itu sendiri.

2. Solidaritas Sosial semakin langka

Salah satu bentuk dari solidaritas sosial yang semakin langka seperti, jarang terlihatnya warga yang begotong royong. Munculnya seperti ini karena masyarakat yang merasa bimbang, sebab tidak ada pegangan yang jelas saat menjalankan kehidupanya sehari-hari.

Dampak Masalah Sosial dalam Pendidikan

Berikut ini ada beberapa dampak masalah sosial terhadap anak sekolah yang sedang menjalankan pendidikan di bangku sekolah, diantaranya yaitu:

1. Disorganisasi Keluarga

Keluarga merupakan eleman paling kecil yang ada di lingungan masyarakat. Keluarga ini sifatnya mendidik, tidak ada orang tua yang mengajarkan hal buruk kepada anak-anaknya.

Menanampkan nilai-nilai yang baik sangat diperlukan bagi setiap keluarga, namun hal tersebut mungkin terjadai di keluarga yang mapan. Pada kenyataanya hal tersebut jarang sekali terjadi di keluarga yang sederhana.

Mereka sibuk mencari nafkah, anak-anak yang berasal dari keluarga tidak mampu terkadang merasa minder dengan temanya yang kaya. Dari rasa minder yang berlebihan itu bisa memperburuk adapatasinya dalam pergaulan di sekolah.

2. Masalah Lingkungan Hidup Sekitar

Faktor lingkungan tempat tinggal sangat mempengaruhi terhadap perkembangan pribadi seorang anak. Apabila lingkunganya banyak orang-orang tidak baik dan berbuat kriminal, tentu sangat mempengaruhi perkembangan dan proses belajarnya di sekolah.

Anak yang masih duduku dibangku sekolah sering mengikuti hal-hal yang ada dilinkungan sekitarnya seperti Merokok, berjudi, mabuk dan lain sebagainya. Dibandingkan belajar di sekolah yang menurut mereka tidak ada artinya.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai dampak masalah sosial negatif dan positif di masyarakat. Semoga apa yang sudah dijelaskan diatas dampak menambah pengetahuan kita semua.

Selamat Membaca !!!

Please rate this