Dampak dari Kemiskinan

Artikel ini Telah Ditinjau Oleh: Farkhan Ramadhan, S.E.

Kemiskinan merupakan sebuah kondisi yang masih sering terjadi pada negara-negara berkembang. Faktor mendasar yang menyebabkan kemiskinan terjadi adalah tingginya laju pertumbuhan penduduk yang tidak diimbangi dengan luasnya lapangan kerja.

Seperti yang sudah diketahui jika jumlah lapangan kerja akan sangat menentukan seberapa besar kesempatan penduduk untuk mendapatkan pekerjaan. Kondisi ketidaksejahteraan dalam hidup setiap individu tersebut tentunya memberikan dampak dari berbagai segi.

Tak hanya dari segi ekonomi saja, dampak kemiskinan juga dapat mempengaruhi dunia pendidikan, kesehatan, dan segi-segi lainnya juga bisa mengalami dampak negatif dari adanya kemiskinan.

Selain itu kemiskinan adalah salah satu dari contoh masalah sosial yang sulit teratasi di Indonesia.

Dampak Kemiskinan Bagi Pendidikan

Dampak Kemiskinan Bagi Pendidikan

Adapaun dampak yang di timbulkan karena kemiskinan bagi pendidikan seperti berikut ini.

Akses Pendidikan Tertutup

Dampak kemiskinan yang pertama dalam bidang pendidikan adalah tertutupnya kesempatan untuk merasakan bangku pendidikan. Hal tersebut terjadi secara otomatis karena mahalnya biaya pendidikan sehingga banyak orang-orang miskin yang tidak mampu membayarnya.

Padahal, tanpa mengenyam yang namanya pendidikan, maka tingkat pengetahuan seseorang akan semakin rendah. Otomatis mereka tidak akan memiliki keterampilan yang bisa diandalakan dan dijadikan modal untuk mencari pekerjaan.

Maka dampak dari kemiskinan yang satu ini benar-benar sangat merugikan. Untuk mengetahu jenis-jenis kemiskinan di indonesia, bisa dibaca disini.

Dampak Kemiskinan Bagi Kesehatan

Dampak Kemiskinan Bagi Kesehatan

Adapun dampak yang terjadi karena kemiskinan bagi kesehatan seperti berikut ini.

Tingginya Angka Kematian

Masyarakat yang terkungkung dalam kondisi kemiskinan umumnya tidak bisa mendapatkan akses kesehatan secara maksimal. Mereka yang tidak memiliki biaya akan semakin terpuruk dalam masalah kesehatannya.

Ditambah lagi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari pasti juga akan mengalami kesulitan, bahkan untuk sekadar makan. Maka tidak mengherankan jika masalah kemiskinan diidentikkan dengan gizi buruk yang sering kali menyerang anak-anak atau orang dewasa yang memang tidak bisa mendapatkan asupan makanan sehat.

Ditambah lagi harga kebutuhan pokok khususnya pangan selalu mengalami peningkatan setiap waktu.

Menimbulkan Depresi

Dampak kemiskinan pada bidang kesehatan yang selanjutnya adalah dapat memunculkan depresi. Depresi merupakan suatu kondisi stress yang mana sering kali dirasakan oleh orang-orang yang memiliki banyak masalah.

Kesulitan ekonomi juga bisa menjadi salah satu penyebab munculnya depresi karena setiap individu merasa tidak mampu memenuhi kebutuhan hidupnya. Hal ini tentunya akan sangat mengganggu kesehatan, tak hanya kesehatan mental saja melainkan juga kesehatan tubuh.

Perasaan yang depresi bahkan bisa membuat orang menjadi kehilangan semangat hidupnya dan sulit untuk mulai melangkah maju.

Dampak Kemiskinan Bagi Ekonomi

Adapun dampak yang disebabkan karena kemiskinan di masyarakat menyebabkan masalah seperti berikut ini.

Untuk mengetahui faktor penyebab terjadinya kemiskinan, bisa di baca disini.

Munculnya Konflik di Masyarakat

Dampak kemiskinan dalam bidang kesehatan yang selanjutnya adalah dapat memunculkan konflik yang kemungkinan merenggangkan hubungan diantara masyarakat.

Selain kesehatan tubuh, kesehatan lingkungan juga bisa menjadi dampak dari masalah kemiskinan. Untuk konflik di masyarakat biasanya berhubungan dengan masalah SARA.

Masyarakat akan cenderung melampiaskan kekecewaannya pada lingkungan apalagi jika dalam lingkungan tersebut terjadi ketimpangan sosial yang menonjol. Hasilnya, banyak konflik-konflik yang membuat hubungan masyarakat menjadi tidak sehat.

Pengangguran Semakin Banyak

Dari segi ekonomi, tentunya ada banyak dampak kemiskinan yang terjadi, salah satunya adalah pengangguran yang semakin banyak. Masyarakat yang kondisi ekonominya mengalami kemiskinan maka akan secara otomatis tidak bisa mengenyam pendidikan.

Apabila tidak bisa mengenyam pendidikan, pastinya tidak akan ada bekal pengetahuan yang dimiliki. Hal tersebut akan membuat dirinya menjadi susah bersaing dalam mendapatkan pekerjaan. Apalagi di era yang semakin modern ini, kualitas setiap individu sangat penting untuk diperhatikan.

Demikianlah beberapa hal yang menjadi dampak kemiskinan. Dampak-dampak sangat mudah ditemui di lingkungan sekitar karena memang jumlah pengidap penyakit kemiskinan di Indonesia semakin hari semakin bertambah.

Untuk itu, agar dampak yang ditimbulkan tidak semakin besar, dibutuhkan peran pemerintah dan juga masyarakat untuk mengatasinya.

Yakin Ngga Mau Komen ?