Contoh Wawasan Nusantara

Artikel ini Telah Ditinjau Oleh: Farkhan Ramadhan, S.E.

Wawasan Nusantara di ambil dari dua kata “Wawasan” artinya pengetahun dan cara pandang. Sedangkan “Nusantara” artinya nama lain dari Indonesia jadi bila disatukan wawasan nusantara adalah cara pandang terhadap bangsa Indonesia dengan tujuan menjaga kesatuan dan persatuan demi memcapai nasional.

Adanya wawasan nusantara ini sangatlah penting sekali sebab wilayah indonesia masyarakatnya multikultural dengan tujuan menjaga dan mempertahankan kesatuan bangsa dan negara.

Contoh Wawasan Nusantara

Contoh Wawasan Nusantara

Saat ini banyak sekali nilai-nilai sejarah bangsa Indonesia yang sudah mulai di tinggalkan karena masuknya budaya barat ke Indonesia. Dengan adanya wawasan nusantara ini diharapkan mampu menciptakan individu-individu yang cinta pada tanah airnya sendiri.

Bagaimana cara mengetahui implementasi wawasan nusantara dalam kehidupan ekonomi, politik dan ideologi? Nah, sebelum itu mari kita simak dahulu beberapa contoh wawasan nusantara dalam kehidupan sehari-hari dibawah ini.

  1. Selalu berkata jujur dan rendah hati kepada orang lain.
  2. Mengikuti kegiatan gotong royong membersihkan lingkungan dengan terus berfikir positif dalam masyarakat.
  3. Mengikuti kegiatan siskamling untuk menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat.
  4. Selalu saling tolong-menolong dan saling memberi sesama warga masyarakat
  5. Menghargai segala bentuk perbedaan seperti agama, etnis, suku dan lain sebagainya.
  6. Meyakini dan menjunjung tinggi ideologi pancasila UUD 1945 sebagai patokan dalam hidup bermasyarakat.
  7. Mengamalkan nilai-nilai pancasila yakni sila ke-1 sampai sila ke-5.
  8. Mau mengharumkan nama bangsa dalam ajang internasional dalam bidang apapun.
  9. Menanamkan sikap cinta tanah air kepada anak dan cucu kita.
  10. Menghargai adanya keberagaman budaya yang sudah diwarisi turun-temurun.
  11. Memiliki pengetahuan mengenai pentingnya menjaga kesatuan bangsa dan negara dari ancaman luar negeri ataupun dalam negeri.
  12. Mengelola sumber daya alam secara benar sehingga masyarakat bisa menikmatinya secara adil.

Sejak duduk di sekolah dasar kita sudah diberikan pemahaman mengenai pentingnya wawasan nusantara dalam kehidupan bangsa dan negara. Semuanya sudah jelas dan disampaikan dengan ilmu pengetahuan sehingga muncul rasa percaya diri dalam memahami contoh wawasan nusantara tersebut.

Implementasi Wawasan Nusantara

Implementasi Wawasan Nusantara

Kemudian sebagai warga negara yang baik kita harus mengimplementasikannya misal dalam kehidupan sosial budaya, politik ataupun ekonomi. Adapun pengimplementasiannya sebagai berikut.

1. Implementasi dalam kehidupan pertahanan dan keamanan

Adapun implementasi wawasan nusantara dalam kehidupan pertahanan dan keamanan akan menciptakan sebuah keyakinan untuk membela negara pada setiap warga negara Indonesia.

2. Implementasi dalam kehidupan ekonomi

Sedangkan bentuk implementasi wawasan nusantara dalam kehidupan ekonomi akan menciptakan sebuah struktur ekonomi yang baik, sehingga mampu menjamin dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada di seluruh wilayah Indonesia.

3. Implementasi dalam kehidupan politik

Implementasi wawasan nusantara di dalam kehidupan politik akan menciptakan suasana perpolitikan indonesia lebih baik lagi dan bermartabat. Kita ketahui bersama bahwa sistem perpolitikan di Indonesia saat ini sudah tidak sehat lagi.

Untuk menciptakan suasan yang bersih tanpa adanya kepentingan pribadi ataupun kelompok harulah berpedoman dengan undang-undang pemilu dan proses penyelenggaraannya.

4. Implementasi dalam kehidupan sosial budaya

Indonesia memiliki keberagaman budaya yang sangat melimpah, jadi implemtasi wawasan nusantara dalam kehidupan sosial budaya ini akan menciptakan segala sesuatu yang berkaitan dengan masyarakat, lingkungan dan kepentingan umum.

Semua itu didasari atas perasaan, kehendak, rasa dan budi. Dalam proses sosial agar terciptanya persatuan nasional memerlukan pemahaman dan cara berfikir yang sejalan dengan begitu masyarakat akan hidup dengan damai.

Jadi itulah tadi beberapa contoh wawasan nusantara dan implementasinya yang bisa kami sampaikan. Semoga penjelasan diatas menjadi informasi yang bermanfaat untuk teman-teman semua.

Leave a Comment