Contoh Umbi Lapis, Batang dan Akar

Umbi-umbi merupakan salah satu tanaman yang banyak digunakan sebagai bahan pangan. Ada tiga jenis umbi yang dikenal oleh masyarakat, diantaranya yaitu umbi lapis, umbi batang, dan umbi akar.

Meskipun berada pada bagian tanaman yang berbeda namun ternyata semua jenis umbi tersebut ada yang tersimpan di dalam tanah. Apakah Anda penasaran apa saja contoh umbi yang ada di dalam tanah? Simak penjelasannya di bawah ini:

Contoh Umbi Lapis yang di dalam Tanah

Sesuai dengan namanya, umbi lapis merupakan jenis umbi yang memiliki bentuk seperti bertumpuk. Jadi ada beberapa lapisan yang bisa terlihat dari jenis ini. Pada umumnya, umbi jenis ini memang tersimpan di dalam tanah meskipun tidak termasuk dengan umbi akar.

Adapun contoh umbi lapis di dalam tanah yaitu sebagai berikut:

  1. Bawang merah
Contoh Umbi Lapis Bawang Merah
Gambar Bawang Merah

Bawang merah mungkin sudah sangat Anda kenal karena tanamanini dimanfaatkan sebagai bumbu masak. Kandungan yang dimiliki yaitu zat besi,kalium, serat, dan vitamin C.

  1. Bawang putih

Sama seperti bawang merah, bawang putih juga merupakan contoh umbi lapis yang digunakan sebagai bahanmasakan. Bawang putih ini bisa Anda gunakan sebagai antibiotik dan obatpenyakit kutil.

  1. Bawang bombai

Umbi lapis di dalam tanah yang terakhir masih berada padabawang-bawang untuk memasak yaitu bawang bombai. Dibandingkan dengan bawanglainnya, bawang ini memiliki ukuran besar yang lapisannya sulit untukdipisahkan.

Contoh Umbi Batang yang di dalam Tanah

Umbi batang merupakan jenis umbi yang batangnya dapat bertumbuh dan berkembang hingga bisa dimanfaatkan. Meski bernama batang yang pada umumnya berada di atas tanah, namun ada beberapa contoh umbi batang yang ada di dalam tanah.

Berikut ini adalah contohnya yang harus Anda ketahui:

  1. Kentang
Contoh Umbi Batang Kentang
Gambar Kentang

Kentang pada umumnya memiliki kulit berwarna coklat mudaatau coklat tua. Tanaman ini memiliki beragam kandungan gizi seperti polifenol,vitamin c, asam folat, protein, karbohidrat, karotenoid, dan lain sebagainya.

  1. Talas

Selain kentang, talas juga termasuk umbi batang yang beradadi dalam tanah. Umbi ini tidak bisa dimakan secara langsung karena memilikikandungan racun yang harus dihancurkan dengan pemanasan.

  1. Dahlia

Dahlia mungkin lebih Anda kenal sebagai tanaman bunga,padahal nyatanya tanaman ini juga termasuk tanaman umbi. Secara spesifik,dahlia yang terdiri dari 42 spesies ini merupakan tanaman perdu berumbi.

Contoh Umbi Akar yang di dalam Tanah

Jenis umbi yangterakhir adalah umbi akar yang sudah pasti berada di dalam tanah. Langsungsaja, berikut ini adalah contoh umbi akaryang ada di dalam tanah:

  1. Wortel
Contoh Umbi Akar Wortel
Gambar Wortel

Wortel merupakan umbi akar yang termasuk sayuran denganbanyak sekali manfaat dan khasiat baik. Manfaat paling utama yaitu untukkesehatan mata karena kandungan vitamin A yang tinggi. Kandungan lainnya yaitu6 vitamin, fosfor, kalium, sodium, dan zat besi.

  1. Singkong

Mungkin sudah banyak dari Anda yang tahu bahwa singkongtermasuk dengan umbi akar. Tanaman ini memang sudah menjadi sumber karbohidratpengganti beras. Namun dalam pemanfaatannya, singkong harus diolah denganbenar.

  1. Ubi jalar

Contoh yang terakhir adalah ubi jalar. Meskipun merambat,namun ubi jalar termasuk ke dalam umbi akar. Berbeda dengan singkong, ubi jalarmemiliki rasa yang manis sehingga pemanfaatannya banyak. Jenis dari umbi inijuga banyak seperti ubi ungu, ubi putih, dan ubi orange.

Itulah informasiyang bisa diberikan mengenai contoh umbilapis, batang, dan akar yang ada di dalam tanah. Sekarang Anda tidak penasaranlagi kan dengan berbagai jenis umbi-umbian tersebut?

Farkhan Ramadhan, S.E.

Seorang Blogger, Lulusan IIB Darmajaya Lampung Fakultas Ekonomi dan Bisnis asli tinggal di Lampung, dan ingin bermanfaat untuk orang lain dengan cara berbagi pengalaman lewat tulisan. Keja sama bisnis Farkhanramadhan8@gmail.com

Tinggalkan komentar