Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Dagang dan Transaksinya

[toc]

Laporan Keuangan – Sering kita mendengar seperti apa pancatatan laporan keuangan perusahaan dagang. Secara umum laporan perusahaan dagang disusun pada akhir tahun periode akuntansi.

Laporan keuangan perusahaan dagang sendiri memberikan informasi yang lengkap mengenai posisi keuangan perusahaan. Nah pada  pembahasan kali ini kami akan membahas mengenai Contoh Laporan Persuahaan Dagang Sederhana. Dimana pada  kesempatan ini saya menjelaskan secara lengkap dan mudah untuk dipahami oleh teman-teman semuanya. Langusng saja simak penjelasanya berikut ini.

Apa itu Perusahaan dagang ?

Perusahaan dagang adalah perusahaan dimana kegiatan usahanya menjual sebuah produk dari suppliyer  kepada pihak konsumen dengan atau tanpa merubah bentuk, rasa kualitas dan mendapatakan keuntungan yang berasal hasil selisih penjualan.

Menurut perusahaan baik perusahaan dagang maupun jasa, menyusun laporan keuangan ialah salah satu rutinitas yang wajib untuk dibuat supaya memperoleh gambaran informasi jelas yang terjadi di perusahaan.

Pada sebuah catatan ataupun prosedur akuntansi perusahaan dagang hampir sama dengan perusahaan jasa. Untuk cara menghitung laba rugi suatu perusahaan bisa dihitung melalui cara yakni mengurangkan biaya untuk menerima mendapatan dari hasil penjualan pada periode yang bersangkutan. Seluruh biaya-biaya tersebut meliputi harga pokok (cost) barang yang terjual serta biaya-biaya operaasi yang terjadi selama periode bersangkutan.

Laporan Keuangan

Laporan Keuangan Perusahaan Dagang

Laporan keuangan  (financial statement) yaitu suatu tahap penyajian posisi keuangan dan kinerja keuangan suatu entitas secara terstruktur. Pada dasarnya ada 5 jenis laporan keuangan perusahaan

Tujuan dibuatnya laporan keuangan pada akhir periode dalam rangka memberikan informasi tentang posisi dan kinerja keuangan, serta arus kas entitas yang bermanfaat untuk pengguna laporan dalam membuat keputusan ekonomi.

Berikut ini terdapat bagian-bagian yang terkandung dalam laporan keuangan :

  1. Laporan laba rugi dan penghasilan komprehensif lain (statement of income and other comprehensive income)
  2. Laporan perubahan ekuitas (statement of change equity)
  3. Laporan posisi keuangan (statement of financial position)
  4. Laporan arus kas (statement of cash flow)

Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Dagang

1. Laporan laba rugi

Income Statement merupakan laporan yang mencerminkan aktivitas operasi perusahaan laba rugi menyajikan rincian informasi mengenai penghasilan, beban, laba dan rugi perusahaan pada periode akuntansi tertentu.

Lalu kelompok akun apa saja yang ada pada laporan laba rugi perusahaan dagang diantaranya yaitu :

  1. Harga pokok penjualan yaknibiaya yang timbul dari barang yang diproduksi lalu dijual dalam kegiatan bisnis
  2. Pendapatan yakni suatu hasil yang diperoleh dari sebuah pencaharian usaha
  3. Beban operasi
  4. Beban diluar operasional
  5. Pendapatan diluar operasional
  6. Pendapatan konfrehensif lainya

a. Penghasilan income (income) bisa dilihat sebagi sebuh bentuk arus kas masuk atau peningkatan asset, penurunan kewajiban yang menyebabkan kenaikan ekuitas.

b. Beban (expenses), diartika sebagi penurunan manfaat ekonomi selama suatu periode pelaporan dalam bentuk penurnan asset atau keluar, terjadinya liabilitas yang megakibatkan penurunan ekuitas.

c. Pendapatan atau pendapatan komprehensif lain (other comprehensive income OCI) yaitu total penghasilan dikurangi beban.

d. Harga pokok penjualan (HPP) diakui sebagai yang timbul akibat memproduksi suatu barang dan dijual dalam kegiatan bisnis meliputi, biaya bahan baku tenaga kerja langsung, dan biaya overhead. HPP secara sederhana yaitu biaya penjualan, komponen harga pokok penjualan antaralain ialah :

  • Persediaan awal barang dagang, ialah persediaan barang dagang yang tersedia sejak awal periode.
  • Persediaan akhir barang dagang, ialah persediaan yang tersedia di akhir periode.
  • Pembeeliaan bersih, ialah jumlah seluruh pembeliaan barang dagang baik secara tunai maupun kredit, ditambah dengan biaya angkut pembeliaan dan dikurangi dengan potongan pembeliaan atai retur pembeliaan yang terjadi oleh perusahaan dagang.

Untuk lebih jelasnya kalian bisa melihat fungsi dan contoh transaksi laporan laba rugi.

2. Laporan Perubahan Ekuitas

Laporan perubahan ekuitas akan melaporkan perubahan masung-masing akun ekuitas pemegang saham dan pemegang saham selama suatu periode. Dan pada postingan sebelumnya sudah dijelaskan secara jelas mengenai laporan perubahan ekuitas.

3. Laporan Posisi keuangan

Biasa disebut sebagai laporan posisi keuangan, aktiva, keewajiban dan ekuitas pemilik modal (saham) perusahaan bisnis padaa suatu tanggal tertentu akan dilaporkan pada laporan neraca.

Neraca atau disebut sebagai laporan posisi keuangan. aktiva, kewajiban, dan ekuitas pemilik modal (saham) perusahaan bisnis pada suatu tanggal tertentu akan dilaporkan pada laporan neraca.

Terdapat bentuk-bentuk laporan posisi keuagan :

  1. Bentuk rekening (account form), dalam hal ini aktiva dan pasiva akan sejajar (aktiva di sisi kiri, dan pasiva di sisi kanan).
  2. Bentuk laporan (report form), pada bentuk ini aktiva dan pasiva disusun ke bawah (aktiva di atas, dan pasiva dibawah).

4. Laporan Arus Kas

Laporan arus kas melaporkan aliran msuk dan keluar uang ) kas perusahaan dagang. Laporan arus kas yang melaporkan arus kas selama periode tertentu akan diklafikasikan mennurut aktivitas investasi, operasi dan pendanaan.

  • Arus kas dari aktivitas investasi 

Bagian pertamaa berisi informasi  mengenai aliran kas (baik masuk amupun keluar) yang berhubungan denga aktivitas investasi yang dilakukan oleh perusahaan.

Contohnya : pembayaran kas untuk pembelian aktiva tetap.

  • Arus kas dari aktivitas operasional 

Bagian kedua yang berisi mengenai aliran kas yang berhubungan dengan aktivitas operasonal perusahaan.

Contohnya : kas yang diterima dari pelanggan dan pembayaran sejumlah kas untuk bebaan dan pembayaran kepada kreditor.

  • Arus kas dari aktivitas pendanaan 

Bagian ketiga ini menyajikan informasi aliran kas (baik  masuk  maupun keluar) yang berhubungan dengan aktivitas pendanaan.

Contohnya : kas yang diterima sebagai investasi pemilik atau penarikas kas oleh pemilik.

Contoh Laporan Keuangan Toko Berkah

Neraca Lajur

Kertas kerja atau yang umumnya disebut sebagai neraca lajur didalamnya bersikan kolom-kolom dan masing-masing kolom dibuat untuk mencatat keuangan secara manual. Dengan pembuatan neraca lajur tentunya akan sangat memudahkan proses penyusunan laporan keuangan perusahaan.

Toko Berkah
Neraca Lajur
31 Desember 2018

Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Dagang dan Transaksinya
Neraca Lajur

Harga Pokok Penjualan

Dibuatnya laporan harga pokok penjualan ini ialah agar mengetahui laba yang diinginkan oleh perusahaan, dengan harga jual yang lebih besar dari harga pokok penjualanya makan anda mendapatkan laba, namun sebaliknya apabila harga jual lebih kecil dari HPP maka akan mengalami kerugian. Untuk lebih jelasya kamu bisa memahami pengertian dan cara menghitug HPP.

Toko Berkah
Laporan Harga Pokok Penjualan
Periode 31 Desember 2018

Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Dagang dan Transaksinya
Harga Pokok Penjualan

Laporan Laba Rugi

Tujuan dibuatnya laporan laba rugi ini agar bisa memperlihattkan informasi kepada pihak pemakai informasi keuangan perusahaan tentang untuk atau rugi yang bisa diperoleh perusahaan pada saat melakukan kegiatan selama periode waktu tertentu. Selain itu juga menjadi alat bantu untuk mengukur serta menganalisa perkembangan perusahaan

Toko Berkah
Laporan Laba Rugi
Periode 31 Desember 2018

Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Dagang dan Transaksinya
Laporan Laba Rugi

Laporan Perubahan Modal (Ekuitas)

Dibuatnya laporan perubahan modal ini dengan tujuan agar bisa mengihktisarkan aktiva pembayaran, investasi dan dana yang peroleh sepanjang satu periode akuntansi. Tujuanya lainya ialah untuk menyajikan pengungkapan perubahan modal kerja.

Perlu ada pahami lebih detail lagi mengenai laporan perubahan modal peruahaan dagang ini secara baik.

Toko Berkah
Laporan Arus Kas
Periode 31 Desember 2018

Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Dagang dan Transaksinya
Laporan Perubahan Ekuitas

Neraca

Dengan adanya neraca akan mampu memberikan informasi yang lebih luas lagi yang sangat diperlukan dalam pengambilan keputusan. Kamudian untuk memfasilitasi dalam proses penilaian posisi keuangan dengan memperlihatkan seluruh sumber daya dan juga kewajiban.

Toko Berkah
Neraca
Periode 31 Desember 2018

Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Dagang dan Transaksinya
Neraca

Arus Kas

Laporan arus kas dibuat dalam menilai kegiatan operasi perusahaan pada periode akuntansi sebelumnya dalam merencanakan aktivitas investasi dan pendanaan untuk periode yang akan datang.

Toko Berkah
Laporan Arus Kas
Periode 31 Desember 2018

Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Dagang dan Transaksinya
Arus Kas

Demikianlah tadi penjelasan mengenai Laporan Keuangan Perusahaan Dagangsemoga dengan apa yang sudah saya jelaskan diatas dapat diterima dan dipahami terimakasih.

Please rate this

Leave a Comment