12 Contoh Tinjauan Pustaka dan Cara Mudah Membuatnya

3 min read


12 Contoh Tinjauan Pustaka dan Cara Mudah Membuatnya

Tinjauan Pustaka sebutan lainya yakni studi literatur atau studi kepustakaan adalah bagian paling penting yang tidak boleh hilang dalam sebuah karya tulis, baik itu makalah, skripsi, laporan, penelitian, karya ilmiah bahkan sekelas jurnal internasional pun selalu memakai tinjauan psutaka ini.

Oleh sebab itulah kenapa artikel ini akan membahas dan memberikan beberapa contoh dari tinjauan pustaka dan cara membuatnya.

Pengertian Tinjauan Pustaka

Didalam sebuah susunan karya tulis tinjauan pustaka dapat diartikan sebagai penegasan tentang batasan-batasan karya ilmiah. Intisari pada bagian ini termasuk secara utuh dalam keyword di bagian abstrak. Oleh sebab itu penyusunan karya tulis apapun haruslah wajib membuat studi kepustakaan.

Menurut pendapat ahli tinjauan pustaka ini dikemukakan oleh Gandas, yang menjelaskan kalau tinjauan pustaka ialah bab yang menjelaskan mengenai teori dan juga pendapat ahli mengenai teori dan juga pendapat ahli tentang fokus penelitian yang akan dilakukan.

 

Membuat Tinjauan Pustaka

Banyak yang mengatakan kalau membuat tinjauan pustaka dalam sebuah karya tulis dapat bilang susah-susah gampang.  Asalkan bisa memahami inti bahasan yang disampaikan maka akan sangat mudah ketika membuat bagian tinjauan pustaka ini, untuk cara yang lebih sederhana pada bagian ini yakni simak beberapa tips dibawah ini.

A. Membuat Outline

Agar bisa membuat outline bisa degan mencari intisari pada bagian penulisan karya tulis yang berisi mengenai hal-hal umum atau pendapat umum tentang masalah-masalah yang bekaitan. Contohnya saja seperti, pada saat membuat karya tulis berisi pengaruh nerkoba atas anak, maka sepantasnya kata “narkoba” dan “anak” merupakan bagia umum yang perlu dituliskan dalam tinjauan pustaka.

2. Mencari Literatur

Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan dalam upaya membuat studi kasus kepustakaan dengan mencari literatur. Cara ini dapat dikerjakan misalnya dengan mengunjungi perpustakaan ataupun juga bisa membaca jurnal-jurnal internasional. Supaya yang dituliskan nanti bisa anda pertanggung jawabkan.

3. Menyusun dengan Bahasa Sendiri

Menyusun memakai bahasa sendiri tujaunya agar tidak dianggap plagiat copy karya orang lain, maka sangat penting untuk anda membuat tinjauan pustaka dengan menuliskan ulang beserta susunan kata yang didapat pada bagian pencarian literatur. Cara mudahnya bia memakai kutipan langsung maupun tidak langsung.

4. Melihat Umum Bagian Judul

Tips yang terakhir dalam pembuatan tijauan pustaka yang sederhana bisa dilakukan dengan cara melihat pada bagian umum judul. Tenju saja bagian ini berisikan hal-hal “dalam judu” yang dapat di definisikan secara teoritis serta secara lebih luas lagi, contohnya seperti saja kata-kata “korupsi, kelapa sawit, pertanian, asam basa dan lain sebagainya.

Jika cara penyusunan tinjauan pustaka ini dikerjakan langkah demi langkah sudah bisa dipastikan dengan begitu mudahnya seseorang bisa mengerjakan bagian ini. sehingga pada bagian ini dapat dibilang tidak terllalu susah namun amat sangat penting keberadaanya.

 

Lihat  Juga :

  1. Pengertian Serta Contoh Variabel Independen, Dependen, Moderator dan Interving
  2. 18 Contoh Konflik Sosial di Indonesia dan Cara Penyelesaiannya

 

Contoh Tinjauan Pustaka

Pembahasan mengenai cara membuat tinjauan pustaka tidak akan selalu sempurna apabila pada artikel ini tidak memberikan contoh-contohnya. Oleh sebab itu contoh yang ada dalam bagian ini dapat anda tiru dan modifikasi, baik untuk keperluan penelitian, makalah, skripsi, propsosal maupun untuk keperluan karya tulis ilmiah.

Contoh Tinjauan Pustaka Penelitian

Yang pertama tentang contoh ini adalah mengenai penelitian dengan judul “Personalisasi di Lembaga Permasyaratan”. Dengan begitu secara otomatis hal-hal yang perlu disampaikan dalam bagian studi literatur ialah seperti dibawah ini.12 Contoh Tinjauan Pustaka dan Cara Mudah Membuatnya

Contoh Tinjauan Pustaka Skripsi

Pada contoh yang kedua ini merupakan bagian tinjauan pustaka di dalam skripsi yang fokus pembicaraanya adalah pada radikalisme islam yang memang tema-tema seperti ini begitu familiar di banyak kalangan. Ditambah lagi dengan munculnya berbagai bentuk perusakan dalam islam seperti halanya munculnya terorisme ISIS maupun gerakan lainya.

12 Contoh Tinjauan Pustaka dan Cara Mudah Membuatnya

 

Contoh Tinjauan Pustaka Karya Ilmiah

Penyusnan dalam Karya Ilmiah melibatkan tentang masalah dan solusi yang di tawarkan. Maka dalam bentuk tinjaun pustaka yang bisa dipilih pada bagian ini ialah solusi serta hal-hal teoritis yang berkaitan dengan intisari kepenulisan.

12 Contoh Tinjauan Pustaka dan Cara Mudah Membuatnya

 

Contoh Tinjauan Pustaka Makalah

Contoh terkhir, dalam pembuatan tinjauan pustaka ini seringkali berkaitan erat dengan makalah. Susunan karya tulis disini ialah membahas insirasi makalah tentang “Generasi Emas dan Bahasa Inggris”. Adapun tinjauan pustaka adalah sebagai berikut;

12 Contoh Tinjauan Pustaka dan Cara Mudah Membuatnya 

Dari beberapa contoh serta cara membuat tinjauan pustaka diatas, bisa dikatakan kalau pada bagian ini menjadi salah satu syarat wajib yang harus ada ketika penyusunan karya ilmiah. Baik itu makalah, penelitian, skripsi, proposal serta jurnal-jurnal ilmiah.

Dari alasan diatas menunjukan bahwa tinjaun pustaka mempunyai banyak sekali manfaat diantaranya seperti dibawah ini:

 

Menguraikan Variabel

Manfaat yang akan diperoleh dari pembuatan tinjaun pustaka adalah bisa menguraikan sejumlah variabel umum dalam penulisan. Tentu saja keadan ini akan bisa mendorong seseorang untuk memperoleh hasil penelitian yang lebih baik.

Memberikan Batasan

Pada dasarnya untuk membuat tinjauan pustaka yang baik akan bisa memberikan batasan mengenai tulisan yang disampaikan. Sehingga untuk siapapun yang melakukan penelitian haruslah membuat bagian-bagian ini.

Mempercepat Proses Analisis Data

Manfaat yang dibuat dalam pembuatan tinjauan pustaka yakni bisa mempermudah analisis data dengan tempat. Baik memakai metode penelitian kualitatis maupun kuantitatis dalam proses pembuatanya dibutuhkan panduan yang utuh, salah satunya dengan melihat dalam bagian tinjaun pustaka.

Meningkatkan Kepercayaan

Didalam bagian tinjauan pustaka akan bisa meningkatkan kepercayaan pembaca, hal tersebut didasarkan pada teori dan juga refrensi dari penulis-penulis sebelumnya yang pastinya kondisi ini bisa menghilangkan kefitifak penulisan karya ilmiah.

 

Itulah tadi penjelasan mengenai 12 Contoh Tinjauan Pustaka dan Cara Mudah Membuatnya semoga dengan pembahasan di atas bisa bermanfaat untuk teman-teman semua. Semoga juga bisa menambah wawasan untuk anda. Terimasih atas kunjunganya.

 

 

Please rate this