Contoh Tindakan Sosial

Artikel ini Telah Ditinjau Oleh: Farkhan Ramadhan, S.E.

Tindakan sosial yang terjadi di masyarakat karena adanya interaksi sosial yang dilakukan manusia. Didalam ilmu sosial sendiri tindakan sosial merupakan suatu konsep yang amat penting.

Menurut Max Weber tindakan sosial adalah sikap seorang individu yang memiliki pengaruh besar terhadap masyarakat. Beliau juga menganggap tindakan sosial adalah sebuah kunci untuk memahami realita sosial di masyarakat.

Pada hakekatnya ada empat tipe tindakan sosial menurut para ahli diantaranya yaitu rasionalitas intrumental, rasionalitas berorientasi nilai, tindakan tradisional dan tindakan afektif.

Dipembahasan kali ini saya ingin menjelaskan beberapa contoh dari keempat tipe tindakan sosial menurut max weber berserta penjelasanya.

Contoh Rasionalitas Berorientasi Nilai

Contoh Rasionalitas Berorientasi Nilai

Tipe rasionalitas berorientasi nilai merupakan suatu tindakan sosial tidak begitu mempertimbangakan tujuan yang akan dicapai, tetapi justru memperhatikan manfaatnya dan asalkan tindakan tersebut sudah baik dan benar menurut sudut pandang masyarakat.

Baca Juga: Contoh nilai moral di masyarakat

Berikut contohnya:

  1. Menolong teman yang sedang kesusahan tanpa mengharapkan imbalan, tujuanya adalah ketika kita sedang kesusahan kita akan di tolong oleh orang tersebut juga.
  2. Seorang muslim yang pergi ke masjid untuk beribadah, namun dengan tujuan untuk menjalankan kewajiban sebagai muslim.
  3. Seorang pembalap yang mengikuti kejuaraan, dengan tujuan agar mendapatkan juara 1.
  4. Seseorang ingin pergi lebih memilih menggunakan kendaraan bermotor dibandingkan dengan menggunakan mobil.
  5. Seseorang yang akan makan dengan temanya lebih memilih memakai sendok dibandingkan dengan tangan.

Dari beberapa contoh diatas sudah jelas bahwa semua tindakan diatas berdasarkan pertimbangan nilai.


Contoh Rasionalitas Instrumental

Contoh Rasionalitas Instrumental

Tipe yang selanjutnya adalah rasionalitas intrumental. Tindakan ini adalah tindakan sosial yang tidak dibuat-buat, sehingga memperlihatkan bahwa tindakan sosial selalu memperkirakan kesesuaian antara cara yang dipakai dengan tujuan yang ingin dicapai.

Baca Juga: Pengertian tindakan sosial menurut ahli

Berikut contohnya:

  1. Misalnya saja seorang mahasiswa yang sudah memutuskan untuk membeli laptop dibandingkan membeli alat band. Hal ini dikarenakan mahasiwa tersebut melihat bahwa laptop mampu mempermudahnya dalam proses belajar.
  2. Seorang pemain bola yang merespon pendukungnya untuk meminta tanda tangan. Ini memperlihatkan bahwa pemain bola tersebut memiliki tindakan sosial yang baik.
  3. Vokalis grup band yang melakukan reaksi dihadapan para fansnya.

Contoh Tindakan Tradisional

Contoh Tindakan Tradisional

Pada tipe ini dilakukan tanpa adanya perencanaan terlebih dahulu. Tujuan dan cara bertindaknya pun mengikutin kebiasaan sebelumnya.

Selain itu juga pada tipe tindakan tradisional segala sesuatunya dilakukan sesuai tradisi, adat dan kebiasaan masyarakat sebagai pertimbangannya.

Berikut contohnya:

  1. Melakukan upacara adat yakni memotong kepala kerbau ketika ada keluarga yang meninggal.
  2. Rata-rata umat muslim di pulau Jawa melakukan kegiatan rutin yakni yasinan setiap malam jumat.
  3. Tradisi yang dilakukan di beberapa daerah dengan memberikan sesajen (kepala kerbau, buah-buahan, sayuran) yang di hanyutkan ke laut, sebagai tanda rasa syukur atas panen yang melimpah.
  4. Sekelompok warga yang tinggal disuatu daerah melaksanakan kegiatan gotong-royong rutin membersikan gorong-gorong yang dilakukan setiap sebulan sekali.

Contoh Tindakan Afektif

Contoh Tindakan Afektif

Tindakan afektif ini dilakukan atas dasar emosional yang sudah melekat. Tindakan emosional ini bukan hanya amarah namun juga meliputi empati, simpati, sedih, bahagia, cinta, kasihan dan lain sebagainya.

Emosional sangat berbeda dengan rasional, emosional lebih memperlihatkan spontanitas terdahap apa yang ia alami atau sedang di kerjakan. Tindakan sosial seperti ini banyak sekali kita temukan di sekitar kita.

Berikut contohnya:

  1. Seseorang pria muslim menangis ketika sedang mendengarkan murotal surat Ar-rahman.
  2. Wanita yang menangis ketika mendengar lagu melow.
  3. Seorang ayah yang tersenyum ketika anaknya pulang dari merantau sudah sejak 5 tahun yang lalu.
  4. Seorang ibu yang tersenyum bahagia ketika anaknya sudah bisa berjalan sendiri.
  5. Bu anik melarang mahasiswanya masuk kekelasnya karena terlambat lebih dari 15 menit dan tanpa keterangan.
  6. Seorang anak kecil yang memungut kucing untuk dirawat karena kasian melihatnya kotor dan kurus.

Itulah tadi pembahasan mengenai contoh tindakan sosial menurut max weber. Semoga apa yang sudah disampaikan bisa dipahami dan dimengerti.

Leave a Comment