5 Contoh Teori Siklus dan Teori Linear Menurut Pendapat Para Ahli

Didalam ilmu sosiologi ada beberapa teori-teori perubahan sosial seperti, Teori Siklus, Teori Linear, Teori Evolusi, Teori Konflik dan Teori Fungsional.

Para ahli berpendapat kalau perubahan sosial merupakan sebuah kondisi sosial primer yang menimbulkan terjadinya perubahan sosial. Pada pembahasan kali ini akan dibahas tentang teori siklus dan teori linear.

Sebelum masuk kedalam pembahasan lebih lanjut, berikut pengertian dari teori siklus dan teori linear menurut pendapat para ahli yang belum banyak orang ketahui.

Pengertian Teori Siklus dan Linear Menurut Para Ahli

Pengertian Teori Siklus dan Linear Menurut Para Ahli
Perubahan Sosial

Apa itu Teori siklus ?
Menurut teori siklus perubahan sosial itu selalu berputar-putar mengikuti pola melingkar, yang artinya perubahan sosial tidak bisa diarahkan kesatu titik tertentu saja.

Sedangkan Teori linear atau teori perkembangan yang menjelaskan kalau perubahan sosial itu bersifat linear dan berkembang menuju ke satu tertentu, tidak berputar-putar. Teori ini kembalikan dari teori siklus.

Teori Siklus Menurut Ibnu Kaldun :
Beliau menjelaskan bahwa teori siklus adalah visualisasi terhadap perjalanan manusia dari awal sampai akhir, yang artinya dari awal masa hidup hingga masa akhir hidupnya.

Hal ini didasari dari pandangan Ibnu Kaldun terhadap kehidupan ini yang searah dengan pola pikir masyarakat. Semua yang dibangun oleh masyarakat tentu akan hancur akibat ulah masyarakat itu sendiri.

Seperti melakukan pembangunan, meningkatkan perekonomian dan memajukan teknologi semuanya dibuat oleh manusia.

Teori Liner Menurut Herbert Spencer :
Menjelaskan bahwa para penganut teori linear ini, percaya terhadap perubahan ke satu titik saja tidak beputar-putar, dan setiap masyarakat akan selalau berkembang melalaui tahapan yang pasti.

Nah, setelah mengetahui penjelasan tentang kedua teori tersebut, berikut ini terdapat contoh dari teori siklus dan teori liner.

Contoh Teori Siklus dan Teori Linear

Adapun contoh dari kedua siklus ini antaralain sebagai berikut :

Contoh Teori Siklus
Detik-detik Kemerdekaan Indonesia

Contoh Teori Siklus :

  • Pertumbuhan dan Perkembangan Zaman : Yakni masa dimana saat ini manusia masih menggunakan alat-alat tradisional. Namun seiring perkembangan zaman manusia mulai menciptakan teknologi yang memudahkan pekerjaan manusia.
  • Perkembangan Masa Prasejarah : Ratusan tahun yang lalu, kehidupan manusia masihlah primitif, hidup dengan cara berburu untuk tetap bertahan hidup. Selain itu juga manusia zaman itu hidup secara Nomaden (berpindah pindah tempat).
  • Perubahan Gaya Hidup : Yakni sebuah perubahan kebutuhan manusia yang disebabkan oleh dua faktor yakni perubahan zaman dan keinginin untuk mengubah gaya hidupnya.
  • Pergantian Masa Kerajaan : Dizaman Kerajaan Majapahit indonesia mengalami masa kejayaan, bisa dikatakan masyarakatnya sudah maju. Tapi tak bertahan lama kerajaan tersebut hancur karena adanya permberontakan dimasa itu.

Contoh Teori Linear :

  • Perkembangan Indonesia mulai dari zaman penjajahaan sampai meredeka.

Dahulu Indonesia sudah dijajah oleh bangsa belanda selama 350 tahun lamanya. Setelah belanda mundur, indonesia kembali lagi di jajah oleh Jepang selama 3,5 tahun. Penderitaan dan siksaan dirasakan oleh masyarakat pribumi pada zaman itu.

Sejak saat itu indonesia terus mengalami perubahan, dan ada beberapa kebijakan yang sudah dibuat, tetapi masih digunakan hingga sekarang. Sampai saat ini pun masih banyak peninggalan sejarah yang bisa kita temui.

Itu semua menjadi bukti kelam bahwa, indonesia pernah berjuang untuk mengusir penjajah dari tanah indonesia. Berkat perjuangan para pahlawan masyarakat sudah bisa merasakan kemerdekaan.

Demikianlah pembahasan mengenai Teori Siklus dan Teori Linear. Semoga apa yang disampaikan diatas bisa menjadi pengetahuan tambahan untuk anda semua.

Terimakasih juga atas kunjunganya anda ke web kami ini, silahkan berikan komentar anda apabila ada kekuarangya. Kedepanya akan segera kami perbaiki agar lebih lebih baik lagi

Please rate this

Leave a Comment