Contoh Surat Resmi untuk Walikota yang Baik dan Benar

2 min read

Khanfarkhan.com – Tentunta teman-teman sudah mengetahui kalau sutau kota itu tetunya dipimpin oleh seorang Walikota, dan Walikota ini mempunyai masa jabatan selama 5 (lima) tahun terhitung mulai sejak pelantikan dan sesudahnya bisa dipilih kembali dalam jabatan yang sama hanya untuk satu kali masa jabatan. Ada beberapa kewajiban yang harus dilakukan sebagai walikota. Kewajiban tersebut ialah sebagai berikut:

  1. Memagang tegus serta megamalkan Pancasila, melaksanakan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan juga mempertahankan lalu memelihara kebutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  2. Mentaati semua ketentuan peratuan perundangundangan
  3. Mengembangkan kehidupan demokrasi
  4. Menjaga norma serta etika dalam pelaksanaan Urusan Pemerintahan yang menjadi kewenangan Daerah
  5. Menerapkan prinsip serta tata pemerintahan yang baik dan bersih
  6. Melaksanakan program strategi nasional
  7. Menjalin ikatan kerja dengan semua instansi Vertikal di Daerah dan seluruh Perangkat Daerah

 

Akan tetapi tugas walikota bukan hanya menyampaikan laporan penyelanggaraan pemerintah daerah, ringkasan laporan penyelenggaraan pemerintah daerah dan laporan pertanggung jawaban. Namun ada tugas lain yang harus dilaksanakan oleh seorang Walikota antara lain yakni :

  1. Memimpin pelaksaan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan serta kewajiban yang ditetapkan bersama dengan DPRD.
  2. Memelihara ketentraman serta ketertiban masyarakat
  3. Menyusun serta mengajukan rancangan Perda mengenai RPJPD dan rancangan Perda mengenai RPJMD kepada DPRD untuk selanjutnya dibahas bersama DPRD, serta menyusun dan menetapkan RKPD.
  4. Menjadi wakil dari daerahnya di dalam dan di luar pengadilan, serta bisa menunjuk kuasaa hukum untuk mewakilinya sesuai dengan ketentuan peratuan perundangundangan.
  5. Mengusulkan pengagkatan wakil kepada daerah
  6. Melaksanakan tugas lain sesuai dengan ketentuan peratuan perundang-undangan.

Dari beberapa tugas dan kewajiban sebagai seorang walikota, tapi walikota juga harus bisa menerima aspirasi serta melayani semua warganya dan itu tidak boleh memilih milih semua harus merata. Maka dari itu, di era sekarang ini warga sudag bebas menyampaikan aspirasi dan pendapatnya, salah satunya dengan membuat surat.

Tapi ada beberapa contoh perbuatan yang jangan dicontoh seperti melakukan aksi demo sambil merusak aset-aset negara atu membuat video yang berikan hujatan atau hinaan dan itu disebarkan di youtube justru itu tindakan yang tidak dibenarkan.

Nah oleh sebab itu di sini saya mebuat artikel mengenai cara membuat surat resmi untuk walikota yang baik dan benar. Baiklah langsung saja teman-teman bisa melihat contohnya dibawah ini.

 

Contoh Surat Resmi untuk Walikota yang Baik dan Benar

Contoh Surat Resmi untuk Walikota yang Baik dan Benar

Contoh surat dibawah ini berupa surat terbuka

Yth,
Bapak Walikota Kota Bandar Lampung
Di
Tempat

Assalamu’alaikum wr,wb
Pertama-tama sama mendoakan agar Bapak Walikota Bandar Lampung semoga selalu dalam keadaan sehat wal afiat dan selalu sukses serta lancar dalam menjalankan aktivitas dan tanggung jawabnya sebagai seorang Pemimpin, Amin.

Saya sangat bersyukur, saat ini Kota Bandar Lampung sudah sangat maju dan ramai. Bukan hanya dari segi tata kotanya saja, namun juga dari segi pembangunan, pendidikan dan lainya. Sekarang ini Kota Bandar Lampung sudah menjadi lebih tertata. Semakin juga pembangun Flyover yang bermanfaat bagi pengguna jalan sehingga bisa menguranggi kemacetan di beberap titik yang ada di Kota Bandar Lampung.

Saya hanya ingin memberikan saran kepada Bapak agar dijaganya area flyover agar tidak adanya pedagang kaki lima yang berjualan di pinggir jalan serta menjaga keamana di area tersebut sebab sering di temukan adanya kasuh pembegalan yang terjadi di flyover tersebut dan itu memberikan dampak kepada masyarakat.

Itu saja yang ingin saya sampaikan. Semoga Bapak berkenan membaca dan memperhatikan surat dari saya ini. Terimakasih atas perhatian Bapak atas surat yang tulis ini.

Wassalamualikum Wr. Wb
Salam hormat
Warga Kota Badan Lampung

Sukmajaya

 

Tata Cara Membuat Surat

Perlu teman-teman ketahui juga pada saat membuat surat untuk walikota ada beberapa yang perlu diperharikan yakni menggunakan bahasa yang baik dan sopan serta memakai bahasa yang baku dan mudah dimengerti.

Kita anggap saja kita sedang menulis surat untuk orang tua kita. Dan apabila kita menulis surat dalam konteks yang ditulis atas nama pribadi, boleh saja menggunakan bahasa yang semi formal, namun tetap resmi dan juga sopan. Dan apabila kita membuat surat yang ditujukan atas nama organisasi atau sebuah perusahaan maka haruslah memakai format surat resmi pada umumnya.

Artikel Lainya :

  1. Kumpulan Contoh Surat Undangan yang Resmi dan Tidak Resmi Perusahaan
  2. 12 Contoh dan Format Surat Pengunduran Diri Kerja Dengan Alasan 2018
  3. Pengertian Surat dan  6 Fungsi Surat yang Wajib Diketahui
  4. Macam-Macam & Persyaratan Membuat SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) Perseorangan

 

Itulah tadi artikel mengenai contoh surat untuk walikota yang baik dan benar. Semoga saja contoh surat ini bisa menjadi panduan untuk teman-teman semua.

Please rate this