7 Contoh Perilaku Nilai Moral dan Jenisnya dalam Kehidupan

2 min read

Khanfarkhan.com – Nilai dilihat sebagai abstrak dari sekumpulan tata kelakukan yang dipraktikkan oleh seseorang. Nilai sendiri tebagi dalam berbagai macam, dan salah satu macam-macan nilai sendiri yang tersimpan dalam ingatan adalah nilai moral.

Maka dari itu pada pembahasan kali ini akan dijelaskan secara jelas dan lengkap mengenai pengertian moral serta contohnya dalam kehidupan manusia. Namun sebelum itu anda harus memahami mengenai moral.

7 Contoh Perilaku Nilai Moral dan Jenisnya dalam Kehidupan Manusia

Apa itu Moral ?

Moral merupakan adat atau kebiasaan yang dilakukan oleh seseorang terhadap lingkungan sekitarnya. Arti dari Moral sendiri di ambil dari kata etimologis moral itu sendiri, yang berasa dari kata “mos”. Sedangkan secara umum ialah etika-etika kehidupan yang diterapkan untuk menjaga keteraturan sosial dalam masyarakat.

Pengertian Nilai Moral

Nilai Moral merupakan bentuk gambaran objektif dari sisi kebenaran yang dilakukan oleh seseorang di dalam lingkungan bermasyarakat. Pengertian ini sesuai dari berbagaii bahasa terhadap penjelasan suku kata moral, seperti dalam Bahasa Yunani “Etika”, Bahasa Arab “Akhlak, dan Bahasa Indonesia “Kesulitan”.

 

Pengertian Nilai Moral Menurut Para Ahli

Dibawah ini terdapat beberapa pendapat menurut para ahli mengenai defisini dari nilai moral, berikut penjelasanya

Menurut Driyarkara

Menurutnya nilai moral merupakan sebuah gambaran objektif kepada tindakan manusia dalam melakukan rutinitas kehidupanya. Dengan arti inilah moral yang sering dihubungkan dengan kodrat dan hakekat manusia yang ingin hidup didalam kenyamanan dan ketentraman.

 

Baca Juga :

  1. Pengertian dan Contoh Lembaga Keluarga serta 4 Tahapannya
  2. Pengertian Lembaga Sosial, Contoh, Ciri-Ciri, Manfaat dan Karakteristik
  3. Hubungan Akidah, Syariah, dan Akhlak

 

Fungsi Moral Bagi Kehidupan Manusia

Pada dasarnya hukum dan juga nilai moral memiliki keterkaitan yang begitu erat sekali dalam kehidupan kita. Nilai sangat di anggap penting oleh manusia itu harus jelas, harus semakin diyakini oleh individu serta harus diaplikasikan dalam perbuatan. Sering sekali moralitas diartikan dengan perbuatan baik serta perbuatan buruk, dan untuk cara mengukurnya bisa dengan nilai-nilai yang terkandung dalam perbuatan tersebut.

Pada hakikatnya, moral, nilai dan hukum memiliki fungsi yakni untuk melayani manusia.

  1. Berfungsi untuk mengingatkan manusia dalam melakukan kebaikan demi diri sendiri dan sesamanya sebagai bagian dari masyarakat.
  2. Bisa menarik perhatian pada permasalahan-permasalahan moral yang kurang ditanggapi oleh manusia.
  3. Bisa dijadikan sebagi penarik perhatian manusia kepada gejala “Pembiasaan emosional”.

 

Jenis – Jenis Nilai Moral

Apabila dilihat dari macaamnya, secara umum nilai moral itu sendiri terbagi dalam berbagai karakteristik atau ciri nilai tersebut, antaralain yakni ;

1. Nilai Moral Baik

Merupakan nilai yang dihubungkan dengan keseuaian antara harapan dan tujuan hidup manusia dalam menjalankanya bisa dilihat dari kaidah sosial masyarakat. Akan terlihat aslinya mana yang salah dan mana yang benar. Misalnya saja dengan cara menolong sesama yang membutuhkan satu sama lainya.

2. Nilai Moral Buruk

Jenis moral yang kedua ini mengenai keburukan, yang artinya lawan kata dari istilah kebaikan. Nilai sendiri dianggap menyimpang terhadap keeratan sosial, bukan hanya itu saya dampak yang ditimbulkan akan menciptakan masalah-masalah sosial yang akan terjadi. Misalnya saja nilai seperti mencuri, korupsi dan lain-lain.

Terkait beberapa penjelasan diatas mengenai jenis dan pengertian nilai moral. Disini juga ada beberapa contoh yang akan ikut saya bahas juga mengenai tindakan yang berhubungan dengan nilai-nilai moral di dalam kehidupan masyarakat.

 

Contoh Nilai Moral

Dibawah ini terdapat beberapa contoh nilai moral yang berkaitan dengan masyarakat dan lingkungan antara lain yakni :

1. Berbicara Pelang di Depan Orang Tua

Tinjakan seperti inilah sebagai contoh mengenai bentuk penghormatan yang selalu di perlihatkan oleh masyarakat, khususnya masyarakat yang mempunyai kebudayaan bangsa timur, seperti indonesia. Kemunculan berbicara di depan sebagai ilustrasi nyata prilaku moral yang baik.

2. Menunduk Ketika Berjalan

Selain dari contoh diatas ada contoh lain juga tentang moral ini seperti tindakan menunduk sesaat sesudah melewati orang-orang disekelilingi. Berjalan yang menunduk telah diajarkan oleh nenek moyang serta juga sebagai harapan memperoleh rasa penghormatan kepada orang yang lebih tua umurnya.

3. Membuang Sampah

Contoh lainya yang bisa kita ambil ialah seperti membuang sampah pada tempatnya. Tindakan yang baik yakni membuang sampah pada tempatnya itua adalah (Moral baik) sedangakan moral yang buruk ialah membuang sampah di sembarang tempat sehingga merusak lingkungan sekitar.

4. Tidak Membuat Keributan

Didalam kehidupan masyarakat fenomena sosial yang sering terjadi sering sekali di hubungkan dengan ribut saat berada didalam kelas atau ketika jam berlajar. Anak-anak yang sering melakukan keributan tersebut secara langsung berkaitan dengan moral yang tidak baik maka jangan samapai kita mencontoh anak yang seperti itu.

5. Korupsi

Masalah sosial yang sudah tidak asing lagi dan sering sekali terjadi yakni kasus korupsi. Orang yang melakukan korupsi tentu saja banyak sekali merugikan masyarakat, bahkan secara nyata akan membuat masyarakat sengsara, oleh sebab itu demi menciptakan kesetabilan negara, para koruptor haruslah dibasmi oleh mahasiswa, masyarakat ataupun oleh pelajar itu sendiri.

Dari beberapa penjelasan diatas tentang pengertian nilai moral dan contoh di atas. Bisa di ambil kesimpulan kalau moral itu sendiri merupakan kesusilaan yang di diajarkan oleh setiap manusia untuk  kembali kemanusia itu sendiri. Melalui cara ini efek diintegrasi akan sangat mudah di hindari.

 

Itulah tadi penjelasan mengenai Pengertian nilai moral serta contohnya. Semoga dengan pembahasan kali ini bisa bermafaat untuk anda dan bisa menambah wawasan untuk kita semua. Terimakasih banyak atas kunjunganya dan jangan lupa untuk mengunjungi artikel lainya.

Please rate this