Contoh Pemberdayaan Komunitas di Indonesia

Artikel ini Telah Ditinjau Oleh: Farkhan Ramadhan, S.E.

Sudah bukan rahasia lagi jika di dalam lingkungan masyarakat pastinya terbentuk beberapa komunitas, baik itu kecil maupun besar. Meskipun diberikan kebebasan dalam mengatur gerakan yang ada di dalamnya, setiap komunitas tetap wajib diberdayakan oleh Pemerintah.

Upaya tersebut memiliki tujuan agar masyarakat bisa menjalankan masing-masing perannya dengan sebaik mungkin. Pada prosesnya, sebenarnya inti dari program pemberdayaan komunitas adalah untuk dapat membuat masyarakat lebih mandiri, baik dari segi perilaku maupun kondisi sosial ekonomi.

Harapannya, tidak akan ada lagi yang namanya kesenjangan diantara kehidupan masyarakat. Untuk itu, Anda juga harus mengetahui apa saja contoh pemberdayaan komunitas agar menambah wawasan pengetahuan.

Contoh Pemberdayaan Komunitas yang ada di Indonesia

Berikut ini beberapa contoh pemberdayaan komunitas yang ada di indonesia berbasis kearifan lokal.

Baca juga: Pemberdayaan Masyarakat: Pengertian, Tujuan dan Contoh

⓵ Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PNPM)

Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PNPM)
Gambar 1. PNPM

Contoh pemberdayaan komunitas yang pertama berasal dari program nasional yang dicanangkan oleh pihak pemerintah. Ruang lingkupnya terkait masalah kemiskinan dan kesenjangan sosial yang terjadi di kalangan masyarakat.

Dengan begitu, secara otomatis tujuan yang hendak dicapai adalah menuntaskan kesenjangan sosial yang terjadi di dalam masyarakat. Untuk melancarkan tujuannya tersebut, pihak PNPM membuat beberapa program.

Salah satu program yang cukup terkenal adalah memberikan contoh pemberdayaan dalam lingkung lokal. Pemberdayaan tersebut mencakup pendampingan dan pelatihan yang dilakukan dalam kurun waktu tertentu.

Pelatihan biasanya berhubungan dengan kegiatan pembuatan kerajinan kreatif yang nantinya bisa dijual sehingga menghasilkan pendapatan. Dengan begitu, secara tidak langsung tujuan dari pihak PNPM untuk menuntaskan kesenjangan bisa teratasi dengan baik.

Baca juga: Contoh-contoh Komunitas di Indonesia

⓶ Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)

Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) merupakan lembaga sosial yang menjadi salah satu contoh pemberdayaan komunitas yang selanjutnya. Lembaga pemberdayaan komunitas ini fokus terhadap masalah publik, mulai dari yang terkecil hingga masalah yang cukup besar.

Pelayanan yang dilakukan juga tidak pandang bulu karena tujuan program mereka adalah selalu mengusahakan yang terbaik kepada masyarakat, meskipun sistem pekerjaannya dilakukan secara sukarela.

Berbeda dengan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat yang bekerja di bawah naungan pemerintah, LSM merupakan komunitas sedang yang bergerak secara independen atau tidak berada di bawah naungan pemerintah.

Meskipun lembaga non pemerintahan, LSM memiliki program kerja yang cukup jelas dan memberikan dampak kepada penting kepada masyarakat. Program kerja tersebut diklasifikasikan menjadi 4 jenis, yakni organisasi profesional, organisasi mitra pemerintah, penyalur sumbangan, dan juga organisasi yang berlawanan.

⓷ Penetapan Lingkungan Pemukiman Berbasis Komunitas (PLPBK)

Untuk contoh pemberdayaan komunitas satu ini bergerak khusus dalam bidang pembangunan sosial dan ekonomi. Program yang dijalankan sebagian besar juga berfokus pada penanganan masalah lingkungan dan penuntasan kemiskinan.

Mulai dari kalangan kelompok kecil hingga kelompok besar semuanya diberdayakan agar tidak terjadi kesenjangan sosial yang tinggi di kalangan masyarakat.

Baca juga: Pengertian Komunitas Menurut Para Ahli

Dalam menjalankan programnya, pihak PLPBK memiliki beberapa prinsip dasar yang dijadikan sebagai bahan pedoman. Prinsip-prinsip tersebut diantaranya adalah keikutsertaan, kebebasan, tanggung jawab, dan pemerataan.

Dengan dijalankannya beberapa prinsip tersebut sebagai pedoman, pemberdayaan komunitas yang dilakukan dapat lebih maksimal. Setiap komunitas yang ada diharapkan selalu berkembang dan meningkat potensinya.

Berbagai pelatihan juga diupayakan seperti membuat kerajinan dan pelatihan ekonomi lainnya.

Nah, itulah beberapa contoh pemberdayaan komunitas yang terdapat di Indonesia. Mulai dari lembaga PNPM, LSM, dan PLPBK semuanya bergerak untuk memberikan pemberdayaan kepada komunitas-komunitas yang ada di Indonesia.

Maka dari itu, apabila Anda memiliki sebuah komunitas tertentu bisa menghubungi beberapa lembaga tersebut agar dilakukan pemberdayaan. Simak terus informasi lengkapnya di Khanfarkhan.com

Yakin Ngga Mau Komen ?