Contoh Pembangunan Berkelanjutan dan Implementasi

Pembangunan berkelanjutan adalah salah satu bentuk perhatian pemerintah terhadap kelestarian lingkungan dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada di sekitarnya. Pembangunan berkelanjutan dilakukan dengan tujuan an untuk menghindari kerusakan lingkungan dan sebagainya.

Setiap negara tentu memiliki contoh pembangunan berkelanjutan yang berbeda-beda, di Indonesia pembangunan berkelanjutan dilakukan terhadap kota, desa dan lainya. Ada beberapa indikator yang mempengaruhi keberhasilan pembangunan.

Maka pada kesempatan kali ini artikel ini akan membahas secara lengkap terkait contoh-contoh pembangunan berkelanjutan dan implementasinya di dalam kehidupan sehari-hari. Tapi sebelum itu tahukah Anda apa itu pembangunan berkelanjutan ?

Pengertian Pembangunan Berkelanjutan

Pengertian Pembangunan Berkelanjutan
Apa itu Pembangunan Berkelanjutan ?

Menurut pendapat para ahli pembangunan berkelanjutan ialah bentuk usaha pemerataan di berbagai bidang untuk meningkatkan sumber daya alam atau SDA, dengan tetap menjaga kebutuhan untuk generasi yang akan datang. Baca juga: Teori Pertumbuhan Ekonomi.

Maka bisa kita ketahui kalau implementasi dari pembangunan berkelanjutan ini ada pada manusia dalam kehidupan sehari-harinya. Dampak positif dari pembangunan berkelanjutan ini mampu menciptakan kesetaraan ekonomi, kesetaraan sosial serta mengatasi kerusakan lingkungan.

5 Contoh Pembangunan Berkelanjutan

Berikut ini beberapa contoh terhadap konsep pembangunan berkelanjutan yang sering kita lihat dan temukan sehari-hari, diantaranya yaitu :

1. Pembangunan Berkelanjutan di Kota

Contoh pembangunan berkelanjutan yang ada di kota lebih ditekankan dalam segi infrastruktur, dengan tujuan untuk memperlancar arus perekonomian serta mengurangi kemacetan. Karena pada umumnya kota-kota besar seperti Jakarta menjadi pusat perekonomian serta masih banyaknya masalah kemacetan.

Pembangunan infrastruktur yang terus dilakukan oleh pemerintah kota Misalnya saja seperti pelebaran jalan untuk pejalan kaki dan pembangunan jalan tol.  Ini adalah salah satu bagian dari infrastruktur yang menjadi jenis pembangunan berkelanjutan yang ada di kota.

2. Pembangunan Berkelanjutan di Desa

Pembangunan Berkelanjutan di Desa
Pengaspalan Jalan di Desa Kebulen

Selain di kota-kota besar pembangunan berkelanjutan ini wajib diterapkan di desa-desa yang ada di seluruh wilayah Indonesia. Banyak sekali desa yang masih tertinggal karena kurangnya pembangunan dan akses jalan untuk mempermudah kegiatan perekonomian mereka.

Dengan begitu pemerintah memberikan anggaran untuk dana desa, tujuannya tidak lain adalah untuk pembangunan seperti  membangun jalan, memperbaiki gedung sekolah dan pembangunan lainnya.

Selanjutnya pemerintah akan mengawasi anggaran untuk dana desa, agar anggaran tersebut digunakan sebaik-baiknya dan tidak dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

3. Pembangunan Berkelanjutan dalam Aspek Sekolah

Contoh nyata pembangunan berkelanjutan yang ada di sekolah adalah Tersedianya sekolah kejuruan menengah atau SMK. Para siswa dan siswi yang lebih memilih SMK dibandingkan SMA akan memiliki keterampilan setelah lulus dari sekolah. 

Pada sekolah menengah para siswa dan siswi dituntut untuk bisa praktek langsung dari pada hanya sekedar mengerti teorinya saja, Tujuannya adalah untuk membangun karakter terhadap para siswa tersebut.

Orang-orang yang lulus dari SMK akan lebih mudah untuk mencari pekerjaan karena mereka sudah memiliki keterampilan, bahkan ada beberapa dari mereka yang sudah mampu menciptakan lapangan pekerjaan.

Banyak sekali karya yang dihasilkan oleh anak SMK, contohnya seperti membuat mobil Esemka. Dengan pembangunan berkelanjutna yang dimasukan dalam konsep pembelajaran, harapan kedepanya bisa mengurangi jumlah pengangguran.

4. Pembangunan Berkelanjutan dalam Aspek Kesehatan

Bentuk fisik pembangunan berkelanjutan dalam aspek kesehatan bisa dilihat dari tersedianya bangunan rumah sakit secara permanen di desa, sebagai jaminan masyarakat bisa berobat dengan mudah.

Untuk mensejahterakan masyarakatnya, pemerintah memang harus memperhatikan aspek kesehatan. Untuk mengurangi angka kematian setiap rumah sakit juga perlu menyediakan alat yang memadai.

5. Pembangunan Berkelanjutan di Daerah

Pembangunan Berkelanjutan di Daerah
Kawasan Taman Nasional Komodo

Tahukan anda contoh pembangunan berkelanjutan di daerah ?

Apabila anda bepergian ke suatu daerah, kemudian daerah tersebut terdapat wisata alam, lalau ada wisatau laut dan lain sebagainya. Itu semua adalah bagian dari pembangunan berkelanjutan yang ada di daerah.

Tempat-tempat tersebut memang sengaja di sediakan sebagai tempat hiburan atau rekreasi keluarga, serta untuk tujuan meningkatkan investasi pendapatan daerah di bidang pariwisata.

Dari beberapa contoh pembangunan berkelanjutan diatas, untuk tahap pengimplementasianya hanya beberapa saja yang terwujud, diantaranya sebagai berikut ini.

Implementasi Pembangunan Berkelanjutan

Berikut ini terdapat dua tahap implementasi dari perwujudan pembangunan berkelanjutan yang dijalankan baik di daerah, kota ataupun desa.

Adanya Cokelat Krakatau di wilayah Sumatra, Provinsi Lampung. Dari banyaknya perusahaan swasta di lampung perusahaan ini yang menjalankan visi dan misinya untuk menerapkan pembangunan berkelanjutan.

Sehingga dengan visi dan misi tersebut Perusahaan Cokelat Krakataumendaparkan penghargaan. Salah satu bentuk pencapain dari perusahaan ini ialah memberikan pelatihan kepada ibu rumah tangga yang ada di desa untuk mengelola coklat secara baik dan benar.
Implementasi Pembangunan Berkelanjutan
Fasilitas Bank Sampah
Terciptanya Bank Sampah di daerah Sulawesi, Provinsi Nusa Tenggara -Barat (NTB). Secara bertahap NTB terus melakukan pengelolaan terhadap pembangunan berkelanjutan lewat Bank Sampahnya yang disebut Bintang Sejahtera.

Dengan melakukan kerjasama dengan pemerintah Bank Sampah ini sukses menangani sampah yang sejak dulu menjadi limbah berbahaya. Tapi saat ini limbah tersebut justru menjadi sumber ekonomi bagi masyarakat sekitar.

Kesimpulan :

Jadi dengan adanya pembangunan berkelanjutan ini, akan berdampak positif juga terhadap pembangunan ekonomi. Karena pembangunan yang merata pada setiap wilayah akan meningkatkan kesejateraan masyarakatnya.

Mengurangi angka pengangguran yang setiap tahunya bertambah, tapi perlu anda ketahui kalau setiap pembangunan yang dilakukan oleh pemberintah ada dampak buruk dan negatifnya.

Contoh dan Implementasi Pembangunan Berkelanjutan

Please rate this

Leave a Comment