Contoh Neraca Saldo setelah Penyesuain Perusahan Jasa

2 min read

Contoh Neraca Saldo setelah Penyesuain Perusahan Jasa

Pengertian Neraca Saldo Setelah Penyesuaian

Pengertian Neraca saldo setelah penyesuaian setelah disesuaikan dengan jurnal penyesuain merupakan kolom yang telah memperlihatkan atau mencerminkan keadaan yang sesungguhnya. Informasi angka-angka yang berada pada kolom ini merupakan hasil dari menambah atau mengurangkan angka-angka yang ada di dalam kolom penyesuaian.

Saldo/angka/akun perkiraan yang tidak dipengaruhi oleh jurnal penyesuaian, bisa langsung kita pindahkan langsung ke kolom neraca saldo setelah penyesuaian.

 

Cara Mengetahui Neraca Saldo Setelah Penyesuaian

Agar bisa mengetahui neraca saldo setelah penyesuan diperlukan hal-hal dibawah ini:

a) Beban terutang (beban yang masih harus dibayarkan)

Jika pada akhir periode tahun terdapat beban yang harus dibayarkan, transaksi tersebut harus dicatat dalam jurnal penyesuain. Misalnya gaji karyawan di bulan Desember 2016 dan baru akan dibayarkan di tanggal 4 Februari 2017, maka wajib dibuatkan jurnal penyesuaianya pada tanggal 31 Desember 2016 sebagai berikut :

Contoh Neraca Saldo setelah Penyesuain Perusahan Jasa

b) Pendapatan yang harus diterima

Tidak berbeda dengan beban terutang, di akhir periode mungkin ada pendapatan usaha yang pembayaranya belum diterima. Contoh, pada akhir periode terdapat pendapatan usaha yang belum diterima. Maka jurnal penyesuaian di tanggal 31 Desember 2016 sebagai berikut ;

Contoh Neraca Saldo setelah Penyesuain Perusahan Jasa

c) Penyusutan Aktiva Tetap (Fixed Asset)

Aktiva tetap ini pada waktu penggunaanya tidak dilakukan pencatatannya, sehingga aktiva tetap pada akhir periode masih tercantum di neraca saldo sebesar nilai belinya.

Terdapat beberapa metode untuk bisa menentukan besarnya penyusutan aktiva tetap, seperti Metode garis lurus, Metode jumlah angka tahun dalam metode garis lurus, Metode tarif tetap atas nilai buku dan jumlah penyusutan dihitung sama besar dari tahun ketahun. Maka dibuat jurnal penyesuaian sebagai berikut : (Dicatat sama dengan jumlah yang menjadi beban penyusutan pada periode tersebut).

Contoh Neraca Saldo setelah Penyesuain Perusahan Jasa

d) Beban dibayar dimuka

Beban dibayar dimuka merupakan pembayaran yang dilakukan di awal oleh perusahaan untuk suatu beban. Dan pembayaran tersebut melebihi suatu periode akuntansi, sehingga dibutuhkan pencatatan jurnal penyesuan supaya bisa diketahui beban yang sesungguhnya pada saat itu. Maka ayat jurnal penyesuaian yang dibuat sebagai berikut :

Contoh Neraca Saldo setelah Penyesuain Perusahan Jasa

e) Pendapatan Dibayar Dimuka

Merupakan pendapatan yang masih harus diterima, disebabkan pada akhir periode sudah terjadi pendapatan, namun masih belum diterima pembayarannya. Maka ayat jurnal penyesuaian yang dibuat sebagai berikut : (Dicatat sama dengan jumlah yang menjadi beban penyusutan pada periode tersebut)

Contoh Neraca Saldo setelah Penyesuain Perusahan Jasa

 

Baca Juga :

  1. Contoh Lengkap Neraca Saldo Setelah Penutupan Perusahaan Jasa
  2. Cara Lengkap Membuat Neraca Lajur dalam Perusahaan
  3. Cara Membuat Neraca Saldo Perusahaan dari Buku Besar

 

Contoh Transaksi Nerasa Saldo Setelah Disesuaikan

Contoh Neraca Saldo setelah Penyesuain Perusahan Jasa

Dibawah ini  terdapat  contoh transaksi neraca  saldo setelah penyesuaian Selama tanggal 31 Desember 2008, Tuan Budi melakukan pemerikasaan berbagai perkiraan dan juga saldonya seperti yang terlihat dalam neraca saldo serta menyarakan seperti dibawah ini:

  1. Peralatan service yang dipakai selama 3 tahun sejak dibeli mengalami penyusutan peralatan service di bulan Desember 2016 sebanyak Rp.25.000
  2. Membeli perlengkapan sebesar Rp. 300.000,- serta jumlah yang sudah dipakai untuk kegiatan perusahaan, selama bulan Desember 2016 sebanyak Rp.250.000
  3. Sewa dibayar dimuka untuk pemakaian selama 3 bulan sebesar Rp. 120.000. Pada tanggal 31 Desember 2016 baru terpakai selama satu bulan.
  4. Pembayaran gaji yang terakhir merupakan di hari sabtu, 28 Desember 2016. Pembayaran yang berikutnya pada tanggal 4 Januari 2017, namun gaji untuk bekerja dari tanggal 30 Desember sampai dengan 2017 telah dihitung biaya, walaupun belun dibayar sebesar Rp.18.000
  5. Hutang bank, oleh perusahaan sudah diambil di tanggal 27 Desember 2016. Dari pinjaman tersebut, Tn Budi dikenakan beban bunga senilai 12% dalam setahun. Bunga tersebut harus dibayar sebulan sekali serta pembayaran bunga pertama kali jatuh di tanggal 27 Januari 2017.

Meskipun tanggal 31 Desember 2016 belum ada pembayaran bunga, namun bunga sejak tanggal 28 s.d 31 Desember 2016 akan menjadi biaya pada bulan tersebut dan oleh sebab itu harus dilakukan pencatatan.

 

Didapat Jurnal Penyesuaiannya dan Neraca Saldo Setelah Penyesuaian sebagai berikut.

Contoh Neraca Saldo setelah Penyesuain Perusahan Jasa

Tn. Budi
Neraca Saldo Setelah Penyesuaian
Desember 2016

Contoh Neraca Saldo setelah Penyesuain Perusahan Jasa

Itulah tadi penjelasan mengenai Contoh Neraca Saldo setelah Penyesuain Perusahan Jasa semoga dengan penjelasan diatas tadi bisa bermanfaat untuk teman-teman semua. Jangan lupa share jika artikel ini bermanfaat.

Artikel Lainya :

  1. Pengertian (HPP) Harga Pokok Penjualan Dan Cara Menghitungnya
  2. Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa Dan Jawabanya
  3. Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Perusahaan Dagang Lengkap
  4. [Lengkap] Pengertian Jurnal Penyesuaian dan Contoh Soalnya

Please rate this