Contoh Modernisasi di Berbagai Bidang

Apabila anda mendengar istilah Modernisasi maka, akan banyak hal yang akan anda bayangkan. Pastinya kita tidak ketinggalan dong, bahkan kita ikut sebagai pelaku Modernisasi tersebut.

Pada dasarnya Modernisasi ini terjadi didalam berbagai bidang diantaranya Modernisasi di bidang Ekonomi, di bidang Budaya, di bidang Pendidikan, di bIdang Politik, di bidang Teknoligi dan dalam Masyarakat.

Sering sekali, Modernisasi ini dikaitkan dengan Perubahan Sosial di Masyarakat. Nah pada kesempatan kali ini khanfarkhan akan membahas mengenai Contoh Modernisasi di berbagai bidang.

Contoh Modernisasi

Kajian moderenisasi pada dasarnya meliputi berbagai bidang seperti penjelasan berikut ini:

Contoh Modernisasi di Bidang Ekonomi

Contoh Modernisasi di Bidang Ekonomi

Terjadinya modernisasi dalam bidang ekonomi seperti pembangunan, alat hitung dan juga perkantoran.

Seperti perusahaan selalu menggunakan tenaga kerja manusia dalam melakukan perincian memakai pembukuan namun saat ini sudah memakai komputer dan internet. Dibawah ini terdapat beberapa contoh dari modernisasi di bidang ekonomi.

  1. Masyarakat industri berubah menjadi jasa. Dan ini banyak terjadi perusahaan di indonesia dan juga negara tetangga lainya.
  2. Masyarakat yang awalnya seorang petani yang berubah menjadi masyarakat industri.
  3. Saat ini perkembangan ekonomi tidak lagi mengandalkan pekerjaan secara fisik tetapi lebih memanfaatkan ketersediaan teknologi. 

Contoh Modernisasi di Bidang Pendidikan

Kita ketahui bersama bahwa pembangunan di indonesia setiap tahunya selalu dilakukan, tujuanya tidak lainya adalah untuk memodernisasi fasilitas pendidikan disekolah-sekolah.

Berikut ini ada beberapa contoh modernisasi di bidang pendidikan:

  1. Modernisasi Infrastruktur Kependidikan : beberapa tahun yang lalu fasilitas pendidikan disekolah sangan terbatas, dan fasilitasnyapun standar mulai dari kursi, meja dan papan tulis. Tapi saat ini fasilitas mereka sudah lebih baik kursi yang terbuat dari besi tidak mudah patah begitun fasilitas lainya.
  2. Modernisasi cara mengajar : dahulu guru mengajar murid mendengarkan tidak ada interaksi, namun saat ini sudah ada metode pembelajaran sehingga murid akan lebih aktif dikelas dan proses belajar menjadi lebih baik.
  3. Modernisasi cara belajar : dalam metode belajar para siswa dituntut untuk membeli buku, tetapi saat ini mereka sudah tidak perlu membeli lagi karena mereka bisa mencari apa yang mereka inginkan di internet.
  4. Beberapa tahun yang lalu kegiatan pendidikan dilakukan secara offline yakni mengikuti bimbel, namun dizaman sekarang pembelajaran lebih banyak memakai aplikasi di android sehingga lebih mudah.

Contoh Modernisasi di Bidang Politik

Contoh Modernisasi di Bidang Politik
Modernisasi Politik di Indonesia

Berikut ini beberapa contoh dari Modernisasi di bidang politik :

  1. Dibentuknya PBB (Persatuan Bangsa Bangsa).
  2. Terciptanya organisasi politik disuatu negara.
  3. Terciptanya kerja sama antar negara di bidang tertentu.
  4. Terjadi hubungan bilateran dan multilateral antar negara bisa dengan mudah dilakukan.
  5. Baru-baru ini muncul ideologi-ideologi asing.

Contoh Modernisasi di Bidang Teknologi

Pada dasarnya segala sesuatu kegiatan yang berkaitan dengan teknologi lebih mudah ditemukan dan diterima oleh masyarakat. Karena pada kenyataan masyarakat saat ini dominan menggunakan dan memanfaatkan kemajuan teknologi.

Contohnya menghasilkan uang dari dunia internet, bermain media sosial dan bermain game. Sehingga bila disimpulkan tekonologi menjadi sesuatu yang paling utama dibandingkan bidang lainya.

Contoh Modernisasi dalam Masyarakat

Setelah membaca penjelasan mengenai contoh modernisasi di segala bidang. Pada contoh selanjutnya akan dijelaskan mengenai contoh modernisasi dalam masyarakat yang berkaitan dengan pola prilaku diantaranya adalah :

  1. Banyaknya masyarakat menggunakan ojek online dibandingkan ojek konvensional, karena lebih cepat dan mudah.
  2. Saat pemilu masyarakat memanfaat facebook sebagai media sosial untuk melakukan kampanye politik.
  3. Anak muda yang meniru gaya kebarat-baratan dalam hal pakaian seperti memakai pakaian yang mini dan sexy.
  4. Seseorang yang suka membeli barang dengan merek-merek bagus dan terkenal.
  5. Para remaja yang ikut suatu gangster jalanan seperti di negara barat.

Demikianlah tadi penjelasan mengenai contoh modernisasi yang bisa khanfarkhan sampaikan. Sampai jumpa lagi di postingan selanjutnya.

Selamat Belajar !!!

Please rate this

Leave a Comment