Contoh Masalah Sosial di Masyarakat dan Sekolah

Artikel ini Telah Ditinjau Oleh: Farkhan Ramadhan, S.E.

Keberagaman budaya dan luasnya wilayah teritorial indonesia mulai dari daratan sampai lautan menimbulkan beberapa masalah sosial pada masyarakat Indonesia. Seakan-akan tidak ada habisnya dan selalu muncul masalah yang baru.

Masalah yang muncul sekarang ini tidak hanya dari kalangan bawah tapi dari kalangan atas juga. Hal ini memunculkan masalah yang banyak sekali. Dan pastinya hal tersebut tidak lepas dari faktor lingkungan masyarakat.

Pada pembahasan kali ini akan membahas secara tuntas apa saja contoh masalah sosial di lingkungaan masyarakat ataupun di lingkungan sekolah. Tapi sebelum itu anda perlu memahami apa itu masalah sosial ?

Pengertian Masalah Sosial

Secara umum masalah sosial adalah permasalahan yang muncul di lingkungan masyarakat. Penyebab munculnya masalah sosial ini dikarenakan ketidaksesuain terhadap apa yang diharapkan dengan yang terjadi saat itu juuga.

Sehingga masyarakat menganggap dengan ketidaksesuain tersebut, menimbulkan beberapa masalah. Cek selengkapnya mengenai pengertian masalah sosial menurut para ahli.

Contoh Masalah Sosial di Lingkungan Sekolah

Contoh Masalah Sosial di Lingkungan Sekolah

Apa saja contoh masalah sosial yang sering terjadi di lingkungan sekolah? Berikut ini kami akan jelaskan beberapa contoh masalah sosial di sekolah yang sering kita lihat atau mungkin kita pernah melakukannnya.

1. Membolos

Perilaku membolos ini terjadi karena kurangnya kesadaran diri mengenai pentingnya ilmu. Akibat dari seringnya membolos sekolah menyebabkan nilai menjadi jelek. Bila hal ini terus terjadi maka orang tua dan anda akan dipanggil Guru BK untuk diberikan sanksi.

Cara mengatasi masalah sosial seperti ini adalah dengan mecari temen pergaulan yang benar dan tidak mengajak kita melakukan sesuatu yang buruk lagi.

2. Pekelahian

Perkelaian yang terjadi disekolah adalah masalah yang sering terjadi, perkelahian sering terjadi karena adanya kesalah pahamanan dan akhirnya menimbulkan perkelahian.

Penyebab munculnya pekerlahian ini karena adanya rasa dendam dan komunikasi yang tidak baik. Akibat dari perkelahian ini pasti ada sanksi dari sekolah berupa panggilan orang tua.

3. Kelas Kotor

Sering kita melihat kelas kotor ini karena tidak adanya rasa tanggung jawab dalam melaksanakan piket kelas harian. Akibat yang ditimbulkan kelas seperti tidak terawat dan belajar tidak nyaman.

Solusi untuk mengatasinya melaksanakan piket rutin kelas dan membuang sampah pada tempatnya.

Contoh lainya seperti rusaknya fasilitas sekolah, bulliying dan masih banyak lainya, selanjutnya ada beberapa contoh masalah sosial yang terjadi dilingkungan masyarakat. Seperti apa? Simak terus penjelasanya dibawah ini.

Baca Juga: Contoh Permasalah sosial

Contoh Masalah Sosial di Lingkungan Masyarakat

Masalah sosial yang terjadi di lingkungan masyarakat ini terjadi karena ada beberapa dampak negatifnya. Nah dibawah ini terdapat contoh permasalahan dalam masyarakat diantaranya yakni:

1. Kemiskinan

Contoh Masalah Sosial Kemiskinan
Kemiskinan

Kemiskinan terjadi karena adanya kesenjangan sosial di masyarakat. Ini dapat dilihat dari faktor ekonomi seseorang, dan tidak pernah selesai dari dulu sampai saat ini. Bahkan sudah beberapa kali ganti presiden warga indonesia masih banyak yang hidup miskin.

Masalah sosial kemiskinan ini butuh solusinya yang tepat dalam mengatasinya. Tapi sepertinya kemiskinan masih belum mendapatkan perhatian khusus oleh pemerintah.

Meski begitu seiring berjalanya waktu warga miskin sudah disosialisasikan untuk berwirausaha, mereka diajarkan agar memiliki ketrampilan sehingga bisa memanfaatkan sumber daya yang ada di sekitar mereka.

2. Pengangguran

Masalah sosial yang kedua ini juga memiliki efek terhadap pembangunan di indonesia. Kenapa? Karena Indonesia memiliki jumlah penggangguran yang banyak sekali. Banyak lulusan Sarjana yang masih tidak memiliki pekerjaan saat ini.

Perusahaan besar lebih memanfaatkan sumber daya manusia dari negara lain, dan jika dibandingkan SDM di Indonesia masih kalah. Sekarang ini sudah banyak tenaga asing masuk ke Indonesia. Tentunya akan berpengaruh pada faktor ekonomi.

Sekarang yang diperlukan adalah perananan pemerintah untuk mengatasi masalah pengaangguran ini, dan menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Bisa dengan pelatihan ketrampilan ataupun bahasa.

Pengangguran juga termasuk salah satu contoh masalah sosial akibat faktor ekonomi yang rendah.

3. Kemacetan

Contoh masalah sosial terkait Kemacetan
Kemacetan di Ibu Kota

Salah satu tempat termacet dan padat yakni di Ibukota Jakarta. Karena Kota Jakarta menjadi pusat perekonomian dengan pertumbuhan penduduk yang cepat, rata-rata mereka menggunakan kendaraan baik roda dua dan roda empat.

Karena aktivitas yang begitu padat sehingga ada titik-titik jalan yang saat jam kerja kendaraan akan sangat padat. Tapi pemerintah daerah sendiri sudah berupaya mengurangi kemacetan dengan menerapkan sistem ganjil genap serta melebarkan trotoar kiri kanannya.

4. Kesehatan

Masalah sosial yang terjadi dalam hal kesehatan dipengaruhi oleh faktor kemiskinan dan juga biaya yang mahal. Tapi masyarakat Indonesia sendiri sudah ada BPJS namun lagi-lagi BPJS masih belum menyelesaikan masalah.

Justru saat ini BPJS yang sedang bermasalah, banyak rumah sakit besar yang mengalami kerugian karena mereka belum mendaptkan bayaran dari BPJS sendiri. Selain itu iuran BPJS juga dinaikan. Apabila tidak membayar maka akan terkena denda.

lagi-lagi justru masyarakat miskin menjadi tebebani dengan iuran yang mahal dari BPJS.

Lagi-lagi yang terkena imbasnya yakni masyarakat kecil, sebab untuk berobat memerlukan biaya yang cukup mahal.

5. Urbanisasi

Urbanisasi adalah perpindahan penduduk (individu) yang tinggal di desa pindah ke perkotaan. Sehingga menyebabkan perubahan dalam hal ekonomi, sosial dan lingkungan. Dan yang terjadi saat ini kepadatan penduduk Kota Jakarta semakin meningkat.

Kebanyakan saat ini orang pindah ke kota untuk mengadu nasib karena ada tekanan sosial, meskipun mereka tidak memiliki ketrampilan sedikitpun. Sehingga mereka di kota menjadi penggangguran.

6. Gizi Buruk

Contoh Masalah sosial terkait gizi buruk
Anak Yaman penderita Gizi Buruk

Gizi buruk termasuk masalah sosial di indonesia yang masih sering terjadi. Faktor pendapatan yang minim serta tempat tinggal yang kurang sehat menjadi faktor penyebabnya.

Umumnya gizi buruk di derita oleh balita, karena keterbatasan ekonomi orang tuanya sehingga balita tersebut, kurang asupan gizi. Wilayah yang sering menalami gizi buruk biasanya di daerah pedesaaan terpencil.

Bahkan, disana hanya tersedia posyandu pembantu dengan peralatan yang sangat terbatas sekali.

7. Kenakalan Remaja

Masa remaja merupakan masa yang dibilang sangat rentan sekali tepengaruh lingkungan yang buruk. Kebanyakan kenakalan remaja terjadi karena faktor lingkungan dan pergaulan.

Ini adalah masalah sosial yang ada pada masyarakat indonesia, karena merekalah penerus bangsa jika mental mereka sudah dirusak, maka akan menggangu kehidupan sehari-hari.

Mengatasi masalah sosial kenakalan remaja ini kembali lagi pada peran orang tua dalam mendidik anaknya, lalu dengan melatih keterampilan mereka sehingga pola pikir mereka akan lebih maju.

8. Penyalahgunaan Narkoba

Contoh masalah sosial Penyalahgunaan Narkoba
Komedian Nunung terjerat kasus Narkoba

Narkoba adalah salah satu faktor perusak generasi bangsa tidak hanya anak muda tapi orang dewasa pun terkena imbasnya. Jika penyebaran narkoba tidak segera di basmi maka akan banyak lagi anak bangsa yang menjadi korbanya.

Kasus tentang pemakain narkoba di indonesia sendiri sangat banyak sekali, bahkan dikalangan artis dan aparat negara sekalipun ikut terjerat kasus narkoba.

Mengatasi masalah sosial yang satu ini bisa dengan memberikan sosialiasi kepada sekolah-sekolah mengenai bahayanya narkoba, serta menghukum mati para pengedar narkoba di indonesia.

9. Modernisasi

Masalah sosial yang satu ini cukup sulit diatasi, karena berkaitan dengan gaya hidup. Umumnya masyarakat memakai cara yang tradisional namun karena perkembangan teknologi, lebih menggunakan cara modern.

Sehingga menjadi masyarakat menjadi lebih modern, contohnya saja cara yang mulai di tinggalkan yaitu dalam pengelolaan Sumber Daya Alam. Tapi tentu modernisasi ini memiliki dampak positif dan negatif.

10. Penyakit Menular

Secara medis penyakit menular disebabkan karena faktor keturunan, misalnya saja seperti HIV yang bisa menular melalui hubungan sex. Apabila memiliki anak maka anaknya bisa terkena juga.

Penyakit menular ini lebih sering ditemukan di daerah terpencil yang masih sangat minimnya tenaga medis. Maka sebaiknya disediakan posyandu pembantu atau dengan melakukan penyuluhan kepada warganya.

11. Masalah Pendidikan

Contoh Masalah Sosial terkait masalah Pendidikan
Akses menuju sekolah yang rusak

Apabila kita pergi ke suatu wilayah di timur indonesia, seperti sulawesi khususnya di daerah pedesaan. Maka anda akan melihat bagaimana anak sekolah tidak memakai seragam.

Mereka masih belum mendapatkan perhatian serius dari pemerintah, sedangkan keinginan mereka untuk bersekolah sangatlah tinggi. Fasilitas sekolah yang apa adanya serta akses untuk pergi ke sekolahpun sulit.

Sehingga bisa dilihat bahwa di indonesia memiliki tingkat pendidikan yang rendah. Bagaimana kita bisa bersaingan dengan negara luar sedangkan fasilitas sekolah saja masih sangat memprihatinkan.

12. Globaliasi

Bukan berarti dengan kemajuan teknologi membuat masyarakat menjadi maju, justru semakin mundur tapi ada dampak positifnya juga. Anak muda zaman sekarang memanfaatkan teknologi hanya untuk bersenang-senang seperti bermain game.

Seharusnya mereka bisa memanfaatkan peluang tersebut sebagai sarana untuk mencarai uang atau dengan yang lainya. Bukan menjadikan kita semakin tertinggal.

13. Pemanfaatan Sumber Daya Alam

Sumber Daya Alam di Indonesia masih sangat melimpah, tapi sayangya lagi-lagi SDA tersebut masih belum bisa di manfaatkan secara baik. Mereka lebih condong menggunakan SDM dari luar untuk mengelolanya.

Coba di bayangkan jika, Sumber Daya Alam indonesia di kelola oleh masyarakat dalam negeri. Maka hal ini bisa mengurangi jumlah pengangguran yang ada.

Tapi kita juga tidak bisa pungkiri kalau SDA kita banyak sekali di kelola oleh asing , contohnya saja seperti PT Freport, Niko Resources (tambang minyak dan gas), PetroChina dan masih banyak yang lainya.

14. Pembangunan tidak merata

Aanggaran untuk masing-masing daerah tidak lah sedikit, tapi tetap saja masih banyak faktor penyebab tidak meratanya pembangunan di suatu wilayah. Bisa saja disebabkan karena faktor politik salah satunya.

Dengan pembangunan yang tidak merata, akan sangat sulit terhadap daerah tersebut untuk maju. Hal ini juga akan mempengaruhi kehidupan masyarakat yang tinggal disana.

Upaya yang bisa dilakukan hanyalah dengan pemerataan pembangunan. Apalagi sekarang sudah ada anggaran dana desa. Tapi masih sangat disayangkan bahkan dana tersebut masih saja di korupsi.

15. Masalah Korupsi

Korupsi adalah mengambil hak orang lain untuk memperkaya diri sendiri atau kelompok. Jika kita bahas masalah korupsi tidak akan ada habisnya, karena sebagian besar korupsi dilakukan oleh pejabat negara.

Masalah korupsi yang baru terjadi ini seperti E-KTP, selain itu juga ada salah satu ketua partai ketangkap KPK karena praktek jual beli jabatan sekelas menteri.

Masalah sosial seperti itu menjadi memori bagi masyarakat indonesia, yang saat ini sudah sulit untuk mempercayai kebijakan yang diambil pemerintah. Dalam sistem pemerintahan saja masih ada pratek jual beli jabatan.

Tapi hukum di indonesia ini masih sangat tidak adil, hukuman bagi seorang yang mencuri ayam akan lebih berat di bandingkan dengan orang yang korupsi triliuan dan merugikan negara.

16. Kesenjangan Hukum

Contoh masalah sosial kesenjangan hukum di indonesia
Hukum yang lebih tajam kebawah

Masalah kesenjangan hukum ini masih ada kaitanya dengan kasus korupsi tadi. Bagaimana hukum negara ini tajam kebawah sedangkan tumpul keatas.

Masyarakat bawah hanya bisa pasrah dengan hukum yang menjerat mereka, tapi mereka yang memiliki jabatan bisa seenaknya. Contoh kasus Gayus meskipun di penjara ia masih bisa bebas bepergian ke luar kota.

Mengatasi masalah sosial seperti ini bisa dengan menjalankan hukum yang adil tidak berat sebelah. Masyarakat saat ini sudah paham dengan kesenjangan hukum yang ada di indonesia ini.

17. Perbedaan Ras

Terjadinya masalah perbedaan ras atau rasisme ini sangatlah fatal sekali didalam kehidupan sehari-hari. Konflik ini pernah terjadi di wilayah surakarta dan menjadi sejarah kelam bagi indonesia.

Saat ini perusakan fasilitas umum dimana-mana, lalu penjarahan toko sehingga merugikan negara dan individu. Masa itu konflik terjadi antara etnis tionghoa dan suku jawa asli.

18. Konflik antar kelompok

Konflik kelompok ini muncul lantaran, perbedaan pendapat dan ketidaksesuaian dengan keadaan, serta memiliki tujuan yang berbeda. Konflik antar kelompok ini bentuknya adalah perang suku, budaya dan lain-lain.

Masalah ini bisa diselesaikan dengan mediasi, atau solusinya ketika ada pembangunan di wilayah tertentu harus melibatkan warga asli sana untuk ikut berkerja bersama.

19. Prilaku Konsuptif

Contoh masalah sosial yang satu ini berkaitan dengan keinginan masyarakat yang besar tanpa berfikir untuk membuatnya. Keinginan ini adalah dengan membeli barang dan jasa.

Ketika ketersediaan barang tersebut sudah tidak ada, otomatis masyarakat akan menggunakan barang dari negara lain.

20. Pertikaian

Pertikaian ini masalah yang muncul dimasyarakat karena perbedaan pendapat sehingga tidak menghasilkan solusi untuk bersama. Pertikaian juga muncul karena tidak kompaknya masyarakat dalam mencapai tujuan.

Tapi ada contoh pertikaian lainya seperti saling ejek antara sporter sepak bola yang memicu perkelahian diantara sporter tersebut. Pemandangan seperti itu masih sering terjadi di indoneisa.

Solusinya yang bisa diberikan dengan terus mengajarkan nilai-nilai sosial, serta pemahaman tentang ideologi pancasila bukan mengatasinya dengan cara kekerasan juga.

21. Kejahatan Seksual

Bukan hanya orang dewasa yang mengalami kejahatan seksual tapi juga anak kecil. Wajib bagi perempuan terutama untuk tidak menggunakan pakaian yang mengundang nafsu para pria.

Terkadang kejahatan seksual terjadi karena penampilan seseorang yang mengundang nafsu, seperti dengan menggunakan pakain yang sexy dan terlihat area fitalnya.

Solusinya kembali kepada diri kita sendiri, sehingga tidak menimbulkan peluang terjadinya kejahatan seksual. Dan untuk orang tua lebih memperhatikan anaknya lagi.

22. Pembunuhan

Setiap tahunya kasus pembunuhan di indonesia tidak pernah surut. Mulai dari pembuhuna istri sendiri, pembunuhan karena dendam, bunuh diri, anak membunuh orang tua.

Masalah ini erat kaitanya dengan nilai agama, dangkalnya akan agama menjadi salah satu faktornya. Orang tua harus menamamkan nilai agama kepada anaknya mulai dari kecil.

23. Perceraian

Terjadinya perceraian bisa dikarenakan masalah ekonomi, atau karena perselingkuhan. Tidak sedikit dari kalangan artis yang mengalami kasus perceraian ini.

24. Aborsi

Praktek aborsi ini sangat dilarang di indonesia, tapi meskipun begitu masih saja banyak praktek seperti ini. Aborsi dilakukan karena anak yang dikandung hasil dari hubungan gelap.

Bahkan ada beberapa orang yang meninggal karena praktek aborsi ini, dan rata-rata usianya masih sangat muda.

25. Tawuran

Di tahun 2019 tawuran antar sekolah sudah tidak begitu marak jika dibandingkan tahun sebelumnya. Tapi justru tawuran antar geng yang sering meresakan masyarakat saat ini.

Tawuran antar geng motor atau dengan anak jalanan yang menyebabkan korban dari masing-masing pihak. Bahkan orang yang tidak tahu menau ikut menjadi korban dari kesadisan mereka.

Demikianlah pembahasan tentang contoh masalah sosial, semoga penjelasan diatas bisa menjadi referensi bagi teman-teman semua. Dapatkan informasi seputar harga bahan bangunan untuk kebutuhan rumah anda di Tokobangunan.co.id,.

1 thought on “Contoh Masalah Sosial di Masyarakat dan Sekolah”

Leave a Comment