12 Contoh Masalah Pokok Ekonomi di Suatu Negara dan Solusinya

Suatu negara tidak pernah terlepas dengan permasalah pokok ekonomi, tentunya masalah ekonomi ini tidak mungkin saja dibiarkan begitu saja, tentunya harus ada upaya untuk mengatasinya.

Berdasarkan teorinya, masalah ekonomi terbagi menjadi dua yaitu klasik dan modern. Sedangkan dalam prakteknya masalah ekonomi juga terbagi menjadi dua yakni mikro dan makro.

Dipembahasan kali ini yang akan dibahas yaitu contoh masalah pokok ekonomi dari sudut pandang prakteknya atau teorinya, Berikut contoh masalah pokok ekonomi di lingkungan sekitar.

Contoh Masalah Pokok Ekonomi Klasik dan Modern
Gambar. Masalah Pokok Ekonomi

Masalah Pokok Ekonomi Berdasarkan Teorinya

Yang pertama adalah contoh dari masalah ekonomi yang dilihat berdasarkan teorinya yakni modern dan klasik, berikut penjelasan lengkapnya :

1. Contoh Masalah Pokok Ekonomi Modern

Didalam masalah ekonomi modern terdapat 3 masalah paling utama yang perlu anda pahami, tiga masalah tersebut antalain yakni :

  • (What) Barang dan Jasa apa yang di Produksi dan seberapa banyak ?
    Masalah yang pertama berhubungan sikap produsen dalam menetukan barang dan jasanya, termasuk juga jumlah barang produksi.
    Hal ini menjadi pertimbangan penting bagi produsen, sebab jika tidak di kontrol secara benar bisa saja bangkrut karena jumlah barang yang tidak terjual menumpuk di gudang.
  • (How) Bagaimana cara memproduksinya ?
    Tahapan berikutnya sesudah semua jenis barang dan jasa ditentukan yaitu teknik proudksinya. Dan saat ini produsen harus menentukan segala sesuatunya sesuai sumber daya yang ada.
    Mulai dari melihat jumlah karyawan, setelah itu baru menentukan teknik yang akan dilakukan dan terakhir menentukan akan memakai tenaga manusia atau bantuan mesin agar lebih efisien.
  • (For Whom) Untuk siapa barang itu di Produksi ?
    Disini anda harus sudah menentukan target penjualan anda, apa yang konsumen perlukan. Jadi ini ada kaitanya dengan “siapa saja yang mendapat untung”.
    Setalah barang dan jasa terjual, tentu semua orang yang terlibat dalam proses produksi termasuk penyedia bahan akan mendapatkan keuntunganya masing-masing.

2. Contoh Masalah Pokok Ekonomi Klasik

Didalam masalah pokok ekonomi klasik terdapat tiga masalah utama juga, antaralain yakni :

  • Masalah Produksi
    Saat ini kebutuhan manusia semakin terus bertambah, maka produsen harus menyediakan barang dan jasa. Tentunya yang harus dilakukan produsen yakni menilhat kebutuhan yang dicari konsumen.
  • Masalah Distribusi
    Masalah selanjutnya adalah pemasaran produk, artinya produsen harus memastikan kalau produk akan terdistribusikan secara tepat kepada konsumen.
  • Masalah Ekonomi
    Permasalah yang selanjutnya ialah apakah konsumen merasa puas dengan produk yang mereka dapatkan. Produksi tentu tidak akan mengetahui setelah barang sampai di konsumen.
    Nah, ini yang menjadi permasalahan konsumen selaku pembuat produk

Masalah Pokok Ekonomi Berdasarkan Prakteknya

Jika dilihat berdasarkan praktenya masalah pokok ekonomi dapat dilihat dari sudut pandang ekonomi mikro dan ekonomi makro. Berikut contoh masalah pokok ekonomi di Indonesia :

1. Contoh Masalah Pokok Ekonomi Mikro

Kegagalan Pasar
Masalah pokok ekonomi yang pertama yaitu market failure atau kegagalan pasar. Adanya campur tangan para pemasok yang memonopoli barang menjadi faktor kegagaln pasar.

Contoh Masalah Pokok Ekonomi kegagalan pasar
Tingginya Harga Cabai di Pasar

Selain itu juga karena adanya dampak yang buruk terhadap lingkungan, sebab limbar produksi yang tidak di kelola secara baik justru dibuang sembarangan.

Untuk mengatasi masalah kegagalan pasar ini, diperlukan campur tangan dari pemerintah, adapun contoh campur tangan pemerintah dalam melindungi produsen dan konsumen sebagai berikut :

  • Memberikan Subsidi Penjualan
  • Menetapkan Harga Minimum
  • Menetapkan Harga Maxsimum
  • Menetapkan Pajak Penjualan

2. Contoh Masalah Pokok Ekonomi Makro

Adapun salah satu cabang ilmu ekonomi yang menangani persoalan kebijakan secara makro adalah Ekonomi Makro. Adapun permasalah yang sering dihadapi oleh beberapa negara berkembang seperti dibawah ini.

Kesempatan Kerja
Kesempatan kerja termasuk menjadi masalah pokok ekonomi. Hampir seluruh negara berkembang memiliki masalah dengan pengangguran, dan penggangguran termasuk sebagai gejala sosial di dalam masyarakat majemuk.

Tidak ada yang mengharapkan menjadi seorang pengangguran, tetapi inilah kenyataan yang terjadi, bahkan mereka yang sudah memiliki pekerjaan pun harus mampu bersaing dengan tenaga kerja asing.

Cara mengatasi kesempatan kerja bisa dengan melakukan hal berikut ini:

  • Membangun proyek padat karya.
  • Meningkatkan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia).
  • Pemerataan pembangunan di pedesaan.
  • Menciptakan berbagai macam bentuk usaha.
  • Membuka kursus keteampilan.
  • Memfasilitasi informasi lowongan kerja setiap daerah.

Pendapatan Negara
Besarnya tingkat pendapatan, menunjukan kalau negara tersebut mampu memproduksi barang dan juga jasa. Bahkan dengan tingginya tingkat pendapatan mampu memproduksi dengan jumlah yang besar.

Selanjutnya untuk meningkatkan pendapatan nasional, masalah kesempatan kerja dan masalah kapasitas produksi nasional, harus terlebih dahulu bisa teratasi.

Kapasitas Produksi Nasional
Dengan meningkatkan kapasitas produksi nasional tentunya bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Untuk negara berkembang seperti Indonesia, Thailand dan Filiphina hal tersebut haruslah dilakukan.

Karena bagi negara berkembang itulah adalah upaya yang harus dijalankan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi negara.

Masalah Pokok Ekonomi Kapasitas Produksi Nasional
Pabrik Wuling tingkatkan Kapasitas Produksi Nasional

Cara meningkatkan produksi nasional yakni dengan :

  • Meningkatkan Kualitasi Produksi Alam.
  • Meningkatkan produksi capital.
  • Meningkatkan produksi tenaga kerja.

Neraca Pembayaran Luar Negeri

Dengan adanya neraca pembayaran luar negeri, maka bisa bisa terlihat semua catatan transaksi ekonomi antara penduduk dalam negeri dan luar negeri pada periode tertentu.

Umumnya catatan sistemastis tersebut berisikan data selama priode satu tahu. Tentunya setiap negara tidak mengharpkan neraca pembayaranya mengalami defisit atau surplus bertendensi.

Jadi yang diharapkan oleh suatu negara adalah neraca pembayaran yang surplus. Untuk menjaga neraca pembayaran indonesia agar tetap surplus, pemerintah melakukan hal berikut ini.

Saat ini pemerintah terus berupaya untuk terus menjaga aliran dana asing masuk kedalam negeri (capital inflow). Hal ini perlu dilakukan uspaya stok dolar Amerika Serikat selalu tersedia demi membiayai defisit tersebut.

Kestabilan Situasi Perekonomian
Kestabilan situasi perekonomian ini terkait dengan nilau tukar mata uang dalam negeri terhadap mata uang asing, jangan sampai nilai tukar mata uang dalam negeri menjadi anjlok.

Selain itu rendahnya tingkat pendapatan, minimnya kesempatan kerja akan menyebabkan para investor asing kurang berminat menamkan sahamnya di Indonesia.

Cara yang bisa dilakukan yakni dengan menstabilkan beberapa hal pokok tersebut maka situasi perekonomian indonesia akan menjadi membaik.

Kemiskinan serta Pemerataan Distribusi Pendapatan
Kemiskinan dan kurangya pemertaan distribusi pendapatan masih menjadi permasalah pemerintah saat ini, bahkan setiap tahunya banyak anak-anak yang putus sekolah karena biaya sekolah yang tinggi.

Bila anda perhatikan di Ibu Kota Jakarta, banyak sekali rumah dengan bangunan mewah, tapi kalau kita lihat di bagian belakang ternyata masih banyak sekali pemukiman kumuh.

Kemiskinan serta Pemerataan Distribusi Pendapatan
Contoh Masalah Pokok Ekonomi

Cara mengatasi kemiskinan yang ada di Indonesia :

  • Menyediakan beasiswa untuk siswa yang miskin untuk semua jenjang pendidikan, mulai dari SD sampai ke perguruan tinggi.
  • Mencipatakan lapangan pekerjaan sebanyak-banyaknya, untuk mengurangi jumlah pengangguran yang ada saat ini.
  • Dengan memberikan pelayanan kesehatan bagi warga tidak mampu secara miskin. Sebab banyak sekali orang miskin di tolak oleh pihak rumah sakit tertentu.
  • Menghukum mati para koruptor yang suka memakan uang yang seharunya menjadi haknya masyarakat.
  • Menyediakan pelatihan kewirausahaan agar mereka memiliki ketrampilan dan bekal ketika terjun kedunia kerja.

Untuk mengatasi pemerataan distribusi pendapatan, pemerintah terus melakukan pembangunan pada setiap wilayah, tujuanya untuk merealisasikan target pertumbuhan ekonomi yang tinggi.

Dengan strategi pembangunan tersebut diharapkan mampu menciptakan peluang kerja yang banyak dan merata tidak terfokus satu wilayah saja.

Yang terjadi saat ini adalah contoh dari kesenjangan ekonomi, dimana hanya daerah-daerah tertentu saja yang perekonomianya sudah maju. Tapi ada beberapa daerah yang masih begitu memprihatinkan.

Itulah tadi pembahasan tentang Contoh Masalah Pokok Ekonomi, semoga pembahasan kali ini bisa menambah wawasan untuk teman-teman semua.

Mohon maaf apabila ada penulisan kata, silahkan berikan tangganpan anda di kolom komentar yang sudah kami sediakan.

Please rate this

Leave a Comment