Contoh Manfaat Penelitian di Skripsi, Proposal Ilmiah dan Karya Tulis

Contoh Manfaat Penelitian | Penelitian/riset dilakukan yang dilakukan oleh mahasiswa dengan beberapa tujuan, agar bisa memperoleh data, informasi dan keterangan yang di inginkan.

Berdasarkan pengalaman ketika saya menjadi Mahasiwa disalah satu Kampus, kita diwajibkan melakukan penelitian sebelum membuat, karya tulis, proposal, essai ataupun skripsi.

Penelitian ini sangat penting dilakukan bagi mahasiswa untuk mengembangkan keilmuan yang di tekuninya, dan menjadi sebuah referensi atau sumber masukan.

Secara umum ada beberapa jenis intrumen penelitian yang perlu Anda ketahui. Tapi itu sudah pernah di bahas pada pembahasan sebelumnya, dan yang menjadi pembahasan kita kali ini ialah contoh manfaat penelitian.

Manfaat Penelitian

Pentingya Suatu Penelitian

Apa saja manfaat penelitian ? Disini kalian perlu mengetahui pengertian dari penelitian. Penelitian adalah Aktivitas yang dilakukan sesuai metode ilmiah, dilakukan secara sistematis demi mendapatkan informasi, keterangan dan data yang terkait dengan pengujian didalam cabang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Itu merupakan pengertian penelitian secara garis besarnya, lalu apa manfaatnya mari kita simak penjelasanya dibawah ini.

  1. Data yang diperoleh dari penelitian bisa memvisualisasikan sistem penilaian pelayanan yang ada di suatu universitas tertentu.
  2. Setelah melakukan penelitian hasilnya bisa digunakan untuk sarana pelaksanaan pengembangan sistem penilaian yang sedang berjalan.
  3. Hasil penelitian akan memudahkan dalam pencarian solusi terhadap masalah yang ada didalam sistem pelayanan saat ini.
  4. Dari semua hasil penelitian akan menambah wawasan dan pola pikir terhadap teori pembelajaran yang kita jalani, sehingga teruji pada penelitian yang sebenarnya.

Jenis-Jenis Manfaat Penelitian

Dalam pembuatan Manfaat Penelitian ini terbagi menjadi dua yaitu secara teoritis dan praktis.

1. Akademisi

Diharapkan penelitian secara akademis dapat memberikan kontribusi ilmiah terhadap kegiatan usaha kerajinan dari barang bekasi di Jawa Tengah. Kajian yang dilakukan terhadap kerajinan barang bekas ini sangat beragam.

Akan tetapi sampai saat ini belum ada penelitian yang fokus pada usaha kerajinan ini, bisa terhubung secara langsung dengan internet marketing. Maka penelitian secara akademisi ini dilakukan agar menghasilkan perbandingan baru terkait usaha kerjainan barang bekas dengan kemajuan internet saat ini.

2. Teoritis

Penelitian teoritis dilakukan untuk mencari data atau informasi. Namun manfaat dari penelitian secara teoritis ini hasil dari penelitianya bisa dijadikan tujuan dasar guna pengembangan media pembelajaran atau penerapan yang berkelanjutan.

Manfaat lainya adalah sebagai nilai tambah terhadap pengetahuan secara ilmiah didalam bidang pendidikan Indonesia.

Contoh Manfaat Penelitian dalam Skripsi

Skripsi dibuat oleh mahasiswa sebelum menyelesaikan program studinya pada bidang ilmu tertentu. Pada intinya ketika kita membuat skripsi harus bisa dipertanggung jawabkan pada saat ujian ilmiah.

Hal ini memperlihatkan bahwa kita sebagai mahasiswa di anggap kompeten di bidang keilmuan yang kita ambil, setelah itu kita akan dinyatakan selesai dan teruji secara formal.

Dalam pembuatan skripsi ada beberapa BAB yang harus kita buat mulai dari Pendahuluan, Landasan Teori, Metodelogi Penelitian terakhir membuat Hasil Penelitian dan Pembahasan.

Nah manfaat penelitian ini dibuat berdasarkan judul Skripsi yang kamu ambil misalnya judul Skripsi yang kamu ambil adalah “Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Al-Islam di SMA Muhammadiyah 1 Gisting Kabupaten Tanggamus Tahun Pembelajaran 2019/2020”.

Maka contoh manfaat penelitianya adalah sebagai berikut:

  1. Secara teoritis kajian ini bisa menjadi acuan dalam mengembangkan dan menambah ilmu pengetahuan serta menambah wawasan tentang pengaruh media pembelajaran perihal hasil belajar Al-Islam.
  2. Secara praktis hasil kajian ini dapat dijadikan bahan penelitian, pertimbangan, masukan atau saran tentang pengaruh medua pembelajaran multimedian perihal hasil belajar Al-Islam.
  • Bagi Guru, diharapkan dapat memberikan bantuan pemikiran bahwa penerapan media dalam pembelajaran mampu mempengaruhi hasil belajar peserta diidik dan mampu mempengaruhi guru dalam menyampaikan materi.
  • Bagi Peserta Didik, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran para peserta didik bahwa pemakaian medua dalam proses pembelajaran mampu meningkatkan hasil belajar Al-Islam mereka.

Ini adalah salah satu dari beberapa contoh manfaat penelitian dalam pembuatan sebuah skripsi.

Cek juga contoh dan cara membuat tinjauan pustaka, poin ini juga sangat penting Anda pahami dalam pembuatan skripsi yang baik.

Contoh Manfaat Penelitian dalam Proposal Penelitian Ilmiah

Tidak hanya didalam skripsi pada pembuatan proposal penelitian ilmiah terutama BAB Pendahuluan wajib mencantumkan manfaat penelitian yang sedang kamu teliti.

Berikut ini salah satu judul Proposal Penelitian “Pengaruh Nilai Nukar Rupiah Dan Suku Bunga Rill Terhadap Cadangan Primer Dan Kredit Untuk Nasabah Bank Mandiri”.

Maka contoh manfaat penelitianya sebagai berikut:

  1. Manfaat Akademis
    Penelitian ini erat hubunganya dengan mata kuliah Manajemen Dana Bank, Manajemen Pengkreditan, Keungan Internasional, Institusi Deposito dan Pasar Modal, sehingga dengan melakukan penelitian ini diharapkan penulis dan seluruh pihak yang terkait bisa mengerti.
  2. Manfaat dalam implementasi atau praktik
    Penelitian ini memfokuskan terhadap Bank Mandiri yang menjadi objek penelitian, sehingga diharapkan para pengambil kebijakan di Bank Mandiri ataupun pihak lain yang terlibat didalamnya bisa memakai hasil penelitian ini sebagai bahan pertimbangan saat mengambil keputusan.

Contoh Manfaat Penelitian di Karya Tulis Ilmiah

Contoh Manfaat Penelitian di Karya Tulis Ilmiah
Manfaat Penelitian didalam Karya Tulis Ilmiah

Selain di dalam proposal penelitian ilmuah, saya juga akan memberikan contoh manfaat penelitian yang ada di karya tulis ilmiah.

Contoh lainnya yang harus dicantumkan manfaat penelitian adalah pembuatan Karya Tulis Ilmiah. Di contohkan judul karya ilmiahnya tentang “Gambaran Peran Ibu Dalam Membimbing Menyikat Gigi Pada Anak TK Dharma Wanita Kandangan”.

Maka contoh manfaat penelitian berdasarkan judul di atas sebagai berikut:

  1. Manfaat Teoritis
    Penelitian ini diharapkan bisa menjadi salah satu acuan mengenai gambaran peranan ibu dalam membimbing menyikat gigi.
  2. Manfaat Praktis
  • Untuk Instasi Kesehatan
    Penelitian ini diharapkan mampu menjadi sumber informasi bagi petugas kesehatan guna meningkatkan pengetahuan terhadap pentingnya ksehatan gigi dan mulut pada anak TK di daerahnya masing-masing
  • Untuk Masyarakat
    Penelitian ini diharapkan mampu menjadi acuan bagi masyarakat terutama orang tua supaya lebih memperhatikan kesehatan gigi anaknya.
  • Untuk Siswa
    Penelitian ini diharapkan mampu memberikan informasi tentang kesehatan gigi dan mulut pada anak-anak demi mencegah krisis gigi pada anak.

Manfaat Penelitian Kualitatif

Penelitian terbagi menjadi juga yaitu penelitian kualitatif dan kuantitatif, apabila teman-teman melakukan penelitian secara kualitatif maka ada banyak manfaat yang Anda peroleh.

Berikut manfaat penelitian Kualitatif :

  1. Sebagai penyempurna praktik, sebab dengan penelitian kualitatif akan membentuk suatu analisis dan deskripsi mengenai kegiatan dan peristiwa penting.
  2. Untuk menentukan kebijakan, diantaranya seperti memberikan solusi bagi perumusan dan implementasi dan perubahan kebijakan.
  3. Didalam pengembangan teori, memakai penelitian kualitatif dan studi kasusnya begitu sesuai untuk melakukan penemuan dan pengungkapan.
  4. Memudahkan dalam mengklarifikasi isu-isu serta tindakan sosial seperti kelompok etnis, ras, kelas sosial dan peranan gender.
  5. Memudahkan dalam melakukan studi-studi kasus, yang pada dasarnya tidak bisa diteliti oleh penelitian biasa.

Manfaat Penelitian Bagi Peneliti dan Masyarakat

Sebagai seseorang yang melakukan penelitian, pastinya kita harus paham dan mengerti manfaat dari penelitian yang kita lakukan terhadap diri kita sendiri. Bisa dipastikan banyak sekali manfaat penelitian bagi si peneliti itu sendiri.

Berikut ini ada beberapa manfaat penelitian bagi seorang peneliti :

  1. Memudahkan penilaian sistem kerja objek yang diteliti.
  2. Hubungan kerja sama antar team menjadi lebih meningkat.
  3. Menjadi lebih bertanggung jawab.
  4. Wawasan dan pengalaman kita menjadi bertambah.
  5. Bisa membuat diri menjadi lebih yakin ketika menyelesaikan masalah.
  6. Nantinya bisa memberikan rekomendasi mengenai kebijakan sebuah program.

Jadi itulah tadi beberapa penjelasan mengenai contoh manfaat penelitian, adapaun kesalahan penulisan bisa Anda tanyakan di kolom komentar.

Selamat Membaca !!!

Tinggalkan komentar