Contoh Konflik Sosial di Sekolah, Keluarga dan Masyarakat

Contoh Konflik Sosial – Lahirnya ilmu sosiologi sebagai suatu Ilmu pengetahuan tidak terlepas dari yang namanya konflik sosial. Dan tentunya di setiap negara banyak terjadi konflik misalnya di Negara Prancis.

Namun Indonesia juga mengalami konflik yang sama sebagai negara yang mempunyai banyak unsur kebudayaan, etnis dan ras.

Ada banyak sekali contoh konflik sosial yang ada di indonesia, mulai dari konflik yang terjadi di keluarga, konflik sosial di sekolah ataupun konflik sosial di masyarakat.

Oleh sebab itu artikel ini menjelaskan tentang contoh konflik sosial dan cara mengatasinya.

Pengertian Konflik Sosial

Konflik sosial merupakan sebuah perubahan sikap dalam masyarakat yang menyebabkan pada terkikishnya kesatuan (integrasi) sosial.

Datangnya konflik tidak hanya dari dalam masyarakat, namun bisa juga dari luar masyarakat, oleh sebab itu banyak yang mengatakan bahwa konflik sosial merupakan salah satu faktor pendorong perubahan sosial.

Baca Juga: Pengertian dan Fungsi Lembaga Sosial di Indonesia

Bentuk – Bentuk Konflik Sosial

Ada banyak konflik sosial, secara umum dilakukan dalam cermat dalam teori konflik menurut para ahli. Namun jika dilihat secara global, konflik ini terdiri dari berbagai macam.

A. Konflik Individu

Konflik individu merupakan suatu konflik sosial yang muncul diantara individu dengan individu  lainya. Konflik individu ini tidak banyak menimbulkan kerugian dalam masyarakat, hal tersebut didasarkan pada kepentingan masyarakat tidak ada, yang ada hanya kepentingan pribadi.

Contoh dari konflk individu dalam masyarakat misalnya saja adanya rembutan perempuan diantara sesama remaja, perbuatan tersebut bisa menimbulkan perkelahian atau saling menjelekkan satu sama lainya. Dengan tujuan untuk menjatuhkan pihak yang lainya.

bentuk konflik individu
Konflik Individu

B. Konflik Kelompok

Jika dibandingkan dengan konflik antara kelompok banyak sekali menimbulkan kerugian didalam masyarakat, bukan hanya kerugian namun juga materi seperti rusaknya bangunan-bangunan, sekolah dan lainya.

Lalu menimbulkan kerugian imaterial seperti pecahnya kesatuan dan persatuan antara masyarakat.

Contoh dari konflik kelompok dalam masyarakat seperti kasus di Provinsi Kalimantan Barat yang terjadi antara Suku Dayak dan Suku Mdura.

Dalam konflik tersebut dikenal sebagai konflik sampit yang banyak sekali memakan korban kerugian dan menimbulkan terpecahnya masyarakat dayak dan madura hingga saat ini.

Bentuk Konflik Kelompok
Konflik Kelompok

C. Konflik Politik

Contoh konflik lainya ialah konflik politik, yang lebih identik dengan lembaga politik, khusunya pada trash perebutan kekuasaaan.

Konflik politik ini banyak sekali menyebabkan kerugian dan kehancuran dalam tatanan nasional, walaupun bagi sistem politik yang dewasa akan mampu diatasi dengan mudah.

Contoh dari konflik politik seperti saja pada akhir pemilihan presiden indonesia. Di tahun 2014 politik di Indonesia terpecah menjadi dua segi, yakni KMP (Koalisi Merah Putih) dan koalisi Indonesia hebat.

Pada konflik politik ini tidak banyak menyebabkan korban namun lebih banyak merugikan ke masyarakat yang berssangkutan, khususnya di indonesia.

bentuk konflik politik
Konflik Politik
Baca Juga: Contoh Masalah Sosial di Masyarakat

Contoh Konflik Sosial di Masyarakat

Berikutnya, kita akan memahami tentang berbagai konflik sosial perlu setidaknya di gambarkan beberapa kasus konflik yang pernah terjadi di Indonesia.

Adapun kasus konflik sosial yang pernah terjadi ini menunjukan bahwa belum ada keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia seperti yang di tuangkan pada sila ke 5 dalam Pancasila.

Inilah beberapa contoh konflik sosial yang pernah terjadi di masyarakat Indonesia.

1. Konflik Suku di Sampit

18 Contoh Konflik Sosial di Indonesia dan Cara Penyelesaiannya

Konflik yang sangat fenomenal sekali dalam masyarakat indonesia salah satunya yang terjadi di Kalimantan Barat. Dengan ibukotanya Pontianak.

Provinsi Kalbar menjadi salah satu wilayah yang pernah mengalami konflik, konflik tersebut terjadi antara Suku Madura (Pendatang) dengan Suku Dayak (Suku Asli Kalimantan).

2. Konflik di Lampung

Konflik sosial selanjuntya pernah terjadi juga di Lampung. Lampung merupakan Provinsi paling ujung dari Pulan Sumatra dan lampung ini pernah terjadi konflik sosial yang terjadi, antara suku Bali dengan suku Lampung.

Faktor penyebab terjadinya konflik tersebut adalah kesenjangan sosial terutama dalam sektor ekonomi antara masyarakat pribumi dan pendatang.

3. Konflik Sosial di Papua

Di daerah papua juga pernah terjadai konflik sosial, konflik ini sendiri terjadi di berbagai wilayah pedalaman yang saling berebut lahan kekuasaan dan eksitensi ras atau suku di daerah tersebut.

Wilayah tersebut bahkan sampai saat ini masih sering terjadi dan belum ada penyelesaianya.

4. Konflik di Aceh

Aceh merupakan salah satu Provinsi di Indonesia dan letaknya di paling ujung pulau Sumatera, Aceh saat ini dikenal banyak sekali memiliki kekayaan Sumber Daya Alam salah satunya minyak bumi. Pernah terdengar kalau cadangan minyak di Aceh lebih banyak jika dibandingkan dengan Minyak Bumi di Arab Saudi.

Sehingga saat itu Aceh memutuskan untuk berpisah dengan NKRI dan membuat sebuah negara sendiri. Untuk menekan terjadi konflik sosial yang semakin parah, pemerintah membuat kerjasama atas perundingan yang terjadi.

5. Konflik Sosial di Jawa Barat

Contoh konflik sosial yang pernah terjadi di jawa barat ialah konflik antara organisasi yang berbeda. Kasus yang terjadi dalam hal ini yaitu antara FPI organisasi islam dan GMBI di tahun 2017 lalu.

Kasus tersebut meskipun tidak menimbulkan korban jiwa, namun justru menyebabkan kerugian material yang tidak sedikit.

6. Konflik Sosial di Jogjakarta

Konflik sosial lainya pernah juga terjadi di Jogjakarta. Wilayah Jogjakarta yan ada di Pulau Jawa, pernah terjadi konflik sosial mengenai pengusiran mahasiswa yang pro dengan kemerdekaan Papua Barat, kondisi inilah yang menimbulkan munculnya tindakan dalam masyarakat jogja untuk mengusir mahasiswa dari Papua Barat.

Baca Juga: 10 Faktor Penyebab Perubahan Sosial Eksternal & Internal

7. Konflik Sosial di Jakarta

Konflik sosial selanjutnya terjadi di ibu kota yaitu Jakarta. Di tahun 1998 silam konflik ini terjadi dengan munculnya penolakan masyarakat yang mengatasnamakan pribumi dengan mengusir, memperkosa dan melakukan pencurian terhadap etnis China.

8. Konflik Sosial di Lampung Tengah

Contoh konflik sosial di lampung tengah
Konflik yang pernah terjadi di Lampung Tengah

Lampung tengah adalah salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Lampung. Dan konflik yang terjadi di Kampung Jawa dengan prilaku kasar mayarakat Lampung melakukan pembakaran rumah serta melakukan pembunuhan pada masyarakat di sekitarnya.

9. Konflik di Mesuji

Mesuji juga masih masuk dalam wilayah Lampung dan bersebelahan dengan Kabupaten Tulang Bawang, konflik yang terjadi di daerah ini karena adanya perebutan tanah register antara perusahaan dan masyarakat.

Banyak sekali korban yang meninggal dari konflik vertikal ini, sebab pihak perusahaan sendiri menyewa orang bayaran untuk melakukan peperangan dengan masyarakat.

10. Konflik Sosial di Jawa Tengah

Di Profinsi Jawa tengah juga pernah mengalami konflik sosial, latar belakang dari konflik ini karena adanya petani di persawahan dengan perusahaan pertambangan, lebih tepatnya konflik ini terjadi di Rembang dengan jenis konfliknya yakni konflik vertikal.

11. Konflik Sosial di NTB

Di Nusa Tenggara Barat juga pernah terjadi konflik sosial dengan jenis konfliknya horizontal. Faktor penyebab terjadinya konflik ini karena adanya perbedaan suku dan budaya.

Dan konflik ini terjadi sesama masyarakat Kabupaten Sumbawa Besar khusunya di Desa Sekatang.

12. Konflik Sosial di NTT (Nusa Tenggara Timur)

contoh konflik sosial di NTT
Penggusuran Lahan

Di wilayah ini juga pernah terjadi konflik sosial, dan konflik ini masuk kedalam jenis konflik horizontal terjadi di Desa Wulublolong dan Desa Lohayonh. Latar belakang terjadinya konflik ini karena perebutan material (kekayaan alam) di perbatasan Desa.

13. Konflik Sosial di Tolikora

Salah satu wilayah yang ada di indonesia yakni wilayah Tolikora pernah juga mengalami konflik sosial, dan yang melatarbelakangi konflik terjadi di wilayah ini ialah adanya kesenjangan sosial mengenai penerimaan bantuan dana dari permerintah pusat.

Munculnya kesenjangan bantuan dana ini, khususnya berhubungan dengan bantuan dana pembangunan tempat ibadah (islam dan kristen) menyebabkan banyaknya fenomena sosial berupa konflik yang terjadi dalam kehidupan masyarakat.

14. Konflik Sosial di Ambon

Wilayah ambon menjadi salah satu sejarah lahirnya jenis konflik sosial di dalam masyarakat, dan yang melatarbelakangin konflik di wilayah ini sendiri ialah munculnya kesenjangan sosial yang sudah berlebihan antara masyarakat beragama islam dan masyarakat bergama kristen khatolik pada tahun 1998.

15. Konflik Sosial di Jawa Timur

Konflik sosial selanjutnya terjadi di daerah Jawa Timur masuk kecamatan Situbondo. Dan latar belakang dari kejadian konflik ini mengenai masalah agama, khususnya penghinaan agama islam, kejadian konflik terjadi pada tanggal 10 Oktober 1996.

Contoh Konflik Sosial di Sekolah

Contoh Konflik Sosial di Sekolah
Konflik Sosial di Sekolah

Berikut ini ada beberapa contoh konflik sosial yang terjadi di lingkungan sekolah, berdasarkan kenyataan sebenarnya yang pernah kita temukan atau alami.

  1. Siswa yang memalak temen sekelasnya.
  2. Seorang siswa yang melawan gurunya.
  3. Siswa sekolah yang berkelahi sesama temanya.
  4. Kepala sekolah yang memperkosa muridnya sendiri.
  5. Tawuran antar sekolah lainya.
  6. Murid yang di pukuli gurunya sampai meninggal.
  7. Pemberian sanksi kepada siswa/siswi karena bolos saat pelajaran sekolah.
  8. Saling mengejek sesama teman.

Tentunya masih ada banyak lagi contoh konflik sosial di sekolah yang tidak bisa di sebutkan satu persatu.

Contoh Konflik Sosial di dalam Keluarga

Konflik sosial terjadi tidak hanya di dalam lingkungan masyarakat dan sekolah saja. Bahkan konflik juga terus terjadi di lingkungan keluarga kita. Berikut ini contoh konflik sosial di dalam keluarga.

  1. Terjadinya perceraian
  2. Terjadinya KDRT
  3. Adanya perselingkuhan
  4. Suami tidak menafkahi istrinya
  5. Suami membunuh istri karena kesal.
  6. Seorang ayah memukul anaknya karena tidak menurut.
Baca Juga: Pengertian dan Contoh Lembaga Keluarga

Cara Penyelesaian Konflik Dengan Tepat

Dari pembahasan tentang pengertian,jenis dan contoh konflik soisial di indonesia tersebut bisa disimpulkan kalau masalah yang terjadi dalam kehidupan masyarakat disebabkan karena munculnya kesenjangan sosial atas dasar hubungan sosial dalam kehidupan sehari-hari.

Dan salah satu upaya yang bisa dilakukan dalam penyelesaian konflik dalam kehidupan masyarakat dapat dilakukan dengan akomodasi, dengan cara inilah sebagai cara yang terbaik supaya tidak terulang kembali konflik yang pernah terjadi.

Selain dengan cara akomodasi penyelesaian konflik bisa dilakukan dengan peleburan budaya, seperti akultirasi atau asimilasi budaya.

Sedangkan upaya penyeselsaian konflik dalam masyarakat dan contohnya di atas, bisa dilakukan melalui cara konsolidasi antar masyarakat mengenai konflik. Dalam kajian sosial bentuk penyeselesaian ini sangat berbeda dalam akomodasi.

Itulah tadi penjelasan tentang contoh konflik sosial. Semoga dari pembahasan diatas bisa menambah wawasan kepada Anda.

Sekian dan terimakasih

Tinggalkan komentar