Contoh Komunitas Sosial, Religius, Hewan, di Sekolah

Artikel ini Telah Ditinjau Oleh: Farkhan Ramadhan, S.E.

Komunitas merupakan sekelompok orang atau masyarakat yang saling berinteraksi membentuk sebuah kesatuan dalam satu tujuan. Anda tentunya sudah sering melihat orang-orang yang berada dalam satu kelompok dan menjalankan sebuah misi tertentu.

Seperti contohnya saja komunitas yang bergerak dalam bidang lembaga sosial, misalnya koperasi, kelas inspirasi, dan masih banyak lagi. Di Indonesia sendiri sudah ada banyak sekali contoh komunitas yang berperan bagi kemajuan masyarakat.

Diantaranya memang tidak terlalu dikenal tetapi perannya sangat terasa di tengah-tengah masyarakat. Jika Anda belum mengetahui maka simaklah beberapa contohnya dibawah ini.

Contoh Komunitas dan Perannya

Contoh Komunitas dan Perannya
Contoh Komunitas

Berdasarkan jenisnya komunitas ini terbagi menjadi beberapa diantaranya komunitas di sekolah, religius, hewan dan ekosistem. Berikut ini contoh-contoh komunitas yang sudah ada hingga sekarang.

Baca Juga: Pengertian Komunitas Menurut Para Ahli

⓵ Contoh Komunitas di Sekolah

Di bentuknya komunitas di sekolah salah satu tujuan utamanya adalah agar bisa mengembangkan diri dari para siswa/siswinya. Saat ini disetiap sekolah sudah ada komunitas didalamnya, misalnya saja seperti:

  1. Komunitas Speak: Merupakan komunitas yang terdiri dari anak-anak muda yang memiliki keperdulian mengenai bahayanya korupsi.
  2. Komunitas penulis muda: Komunitas ini mengajarkan kepada kita untuk menjadi seorang penulis atau yang lainya.
  3. Komunitas pengusaha muda: Ada banyak sekali manfaat jika mengikuti komunitas ini karena cara berfikir kita menjadi lebih maju dan bisa mengambil peluang yang ada.

⓶ Contoh Komunitas Hewan

Karena banyaknya kasus-kasus yang terjadi pada hewan, maka sekelompk orang membuat sebuah komunitas. Dengan tujuan menolong hewan liar yang terluka, hewan yang akan terancam punah dan hewan terlantar.

Tetapi ada juga yang membentuk komunitas hewan karena dasar hobi. berikut beberapa contoh dari komunitas hewan yang ada di di indonesia:

  1. Komunitas Penyelamat hewan liar: Komunitas ini dibentuk dan mendapatkan nilai positif di masyarakat, lantaran mereka menolong dan menyelamatkan hewan liat/terlantar.
  2. Komunitas Pecinta Kucing: Mereka yang tergabung didalamnya adalah orang-orang yang sangat mencintai kucing dengan berbagai jenis kucing.

Baca Juga: Pemberdayaan Masyarakat: Pengertian, Contoh, Tujuan

⓷ Contoh Komunitas Religius

Contoh Komunitas Religius
Komunitas Religius

Agama mengajarkan kita untuk menjadi pribadi yang baik serta dan suka menolong, agama juga mengajarkan kita nilai-nilai kebaikan agar kita tidak terjeremus ke jalan yang sesat.

Sehingga dari sini banyak orang membuat suatu komunitas agar mereka tetap istiqomah, adapaun komunitas religius seperti berikut ini:

  1. Komunitas Camp Tanpa Riba: Kebanyakan mereka yang tergabung dahulunya bekerja di tempat yang memang menjalankan praktek riba, seperti Bank dan Asuransi.
  2. Komunitas Anti Pacaran: Karena memang pacaran di larang dalam Agama Islam, sehingga mereka mendirikan komunitas ini untuk merangkul teman-teman yang baru hijrah.

⓸ Contoh Komunitas Sosial

Berikut ini terdapat beberapa contoh komunitas sosial yang mungkin sering kita jumpai, atau mungkin diantara teman-teman menjadi salah satu anggota komunitas tersebut. Baca contoh pemberdayaan komunitas.

  1. Komunitas Aksi Cepat Tanggap (ACT): Komunitas ini memiliki kepedulian tinggi terhadap kemanusian, menolong saudara-saudara kita yang terkena bencana dan lainya.
  2. Komunitas Diet Kantong Plastik: Komunitas ini selalu mengajak kepada kita semua untuk memanfaatkan dan menggunakan kantong plastik secara bijak, tidak membuang sembarangan.
  3. Komunitas Save Street Child: Berdirinya komunitas ini menjadi wadah untuk para anak jalanan, dengan cara memberikan pendidikan dan lain sebagainya.

⓹ Contoh Komunitas Ekosistem

Contoh Komunitas Ekosistem
Komunitas Ekosistem

Tidak hanya perduli kepada hewan dan manusia namun ada banyak orang yang juga sangat peduli kepada ekosistem, maka dari itu munculkan komunitas seperti berikut ini.

  1. Komunitas pecinta alam: Biasanya kegiatan yang dilakukan oleh komunitas pecinta alam adalah ekspedisi hutan dan gunung, arung jeram, susur goa dan masih banyak yang lainya.
  2. Komunitas Indonesia Berkebun: Mereka yang tergabung didalamnya selalu menyebarkan semangat positif agar masyarakat lebih peduli kepada lingkungan sekitarnya.

⓺ Contoh Komunitas di Masyarakat

Adapun penjelasan secara detailnya bisa anda simak dibawah ini.

1. Komunitas Peduli Bencana

Contoh komunitas yang pertama adalah komunitas peduli bencana yang sudah sangat banyak jumlahnya di Indonesia. Hampir setiap kota pasti memiliki komunitas satu ini sebagai bentuk kepedulian terhadap daerah-daerah yang sedang mengalami bencana.

Tak dapat dipungkiri jika Indonesia sendiri merupakan negara yang sangat rawan terjadi bencana. Maka ketika memang ada daerah yang terkena bencana baik alam maupun berupa wabah penyakit, komunitas tersebut akan menggalang dana untuk menyalurkan bantuan.

2. Komunitas Kelas Inspirasi

Komunitas Kelas Inspirasi merupakan salah satu gerakan yang di dalamnya bertujuan untuk memperbaiki pendidikan di Indonesia. Para anggotanya biasanya terdiri dari para pelajar, mahasiswa, maupun kalangan pekerja profesional lainnya.

Mereka akan mengunjungi sekolah-sekolah dasar yang masih kurang beruntung dari segi pendidikannya. Program yang dijalankan semuanya berhubungan dengan dunia pendidikan, yakni berfokus pada pengajaran dan dilaksanakan ketika menyambut hari Inspirasi.

3. Komunitas Pecandu Buku

Meski keberadaannya belum terlalu populer, peran contoh komunitas satu ini sangat penting bagi masyarakat. Sudah bukan rahasia lagi jika di Indonesia budaya literasi cukup rendah, maka dari itu sangat penting menggalakkan budaya baca agar lebih banyak yang berminat.

Program dari komunitas tersebut biasanya akan menggelar baca buku gratis pada event-event tertentu. Selain menikmati buku bacaan secara gratis, seluruh masyarakat juga diperbolehkan jika ingin menyumbangkan buku-buku layak baca untuk keberlangsungan program.

4. Komunitas Penggiat Seni

Berbicara mengenai seni pastinya adalah hal yang menarik dan penuh sensasi. Kesenian tidak hanya sebatas gambar atau lukisan tertentu saja, tetapi juga menyangkut dunia film, musikal, dan juga teater. Masyarakat bisa menambah wawasannya mengenai dunia seni dan cara mengolah perasaan pada tempatnya.

Selain itu, terkadang komunitas ini juga menggelar acara nonto film bareng yang bisa memberikan hiburan kepada siapa saja yang bergabung di dalamnya. Dengan begitu, bisa mengurangi tingkat stress yang dirasakan oleh individu.

5. Komunitas Pengrajin

Contoh komunitas yang selanjutnya adalah komunitas pengrajin yang di dalamnya berisi orang-orang kreatif yang mau belajar mengenai cara membuat kerajinan. Ada banyak manfaat serta keuntungan yang bisa diperoleh apabila bergabung dalam komunitas satu ini.

Perannya dalam masyarakat juga sangat penting karena terdapat beberapa program yang dapat memberdayakan masyarakat menjadi lebih produktif. Nantinya, setiap anggota yang bergabung akan diajari cara membuat kerajinan yang bisa dijual dan menghasilkan keuntungan.

Maka tak heran jika banyak kalangan remaja yang tertarik untuk bergabung dalam komunitas.

Nah, itulah beberapa contoh komunitas yang sudah berkembang di tengah-tengah masyarakat. Setiap komunitas pastinya membawa misi dan tujuan yang berbeda-beda.

Untuk itu, agar merasakan manfaatnya dengan baik, Anda bisa mengikuti komunitas-komunitas yang dirasa sesuai dengan keinginan serta tujuan hidup yang ingin diraih.

F.A.Q

Apa yang dimaksud komunitas?

Komunitas merupakan sekelompok orang atau masyarakat yang saling berinteraksi membentuk sebuah kesatuan dalam satu tujuan.

Sebutkan 5 contoh komunitas?

Komunitas Hewan, Komunitas Sosial, Komunitas Ekosistem, Komunitas Religius dan Komunitas di Sekolah.

Leave a Comment