Contoh Kesimpulan Penelitian, Skripsi, Makalah, Karya Ilmiah

Pada saat kita sedang membuat laporan penelitian, skripsi, makalah, karya ilmiah dan contoh-contoh laporan lainya, tentu ada beberap BAB yang harus anda kerjakan.

Namun setelah semua BAB anda selesaikan, anda harus menyertakan kesimpulan dari hasil yang sudah ada peroleh, bisa dibilang kesimpulan berisikan penjelasan pokok dari seluruh laporan.

Ketika ada membuat kesimpulan tidak boleh asal-asalan harus sesuai dengan data yang ada miliki. Bagaimana cara membuat kesimpulan yang benar ?

Di kesempatan kali ini kamu bisa melihat beberapa contoh kesimpulan baik itu skripsi, penelitian atau laporan lainya. Tapi sebelum itu simak dahulu pengertian dari kesimpulan.

Apa itu Kesimpulan ?
Kesimpulan ialah sebuah keputusan akhir dalam metode penelitian, dan kesimpulan di peroleh dengan dua langkah deduktif dan induktif. Untuk membuat kesimpulan kamu perlu mendalami fenomena yang sedang anda kaji.
Pengertian Kesimpulan Menurut Para Ahli
Kesimpulan

Ada beberapa bagian yang harus anda kerjakan sebelum sampai kesimpulan, seperti membuat Tinjuan Pustaka, jika dalam skripsi kamu juga perlu membuat lembar pengesahan.

Pengertian Kesimpulan Menurut Para Ahli

Berikut ini ada beberapa arti kesimpulan menurut pendapatan para ahli :

  • Menurut KBBI :
    Kesimpulan merupakan keputusan yang di ambil dari dua metode berfikir secara deduktif dan induktif dari suatu gagasan atau pembahasan.
  • Kamus Besar :
    Kesimpulan adalah hasil akhir sebelum daftar pustaka yang didalmnya berisikan ringkasan dari keseluruan pendapat.
  • Menurut Merriam Webster :
    Menurtunya kesimpulan adalah suatu penilaian konsekuensi yang dibutuhkan satu atau lebih proporsisi yang dijadikan sebagai premis.
  • Cambridge Rindge & Latin School :
    Kesimpulan ialah bagian ahkir atau paragraf akhir dalam metode penelitian, dalam jenis presentasi lainya.

Setelah mengetahui arti dari kesimpulan, berikut ini kamu bisa melihat beberapa contoh kesimpulan skripsi, penelitian, makalah dan karya ilmiah.

Contoh Kesimpulan Skripsi

Kesimpulan Skripsi Jurusan Sistem Informasi :
Adapun kesimpulan yang bisa diberikan pada penulisan skripsi ini yaitu sebagai berikut :

1. Berdasarkan perkembangan teknologi saat ini, maka pengembangan sistem informasi sudah mengarah kepada Sistem Informasi Pemasaran Sparepart Mobil di PT. Speedline Auto yang lebih tepat.

2. Sistem Informasi Pemasaran yang dikembangkan pada aplikasi ini bisa dijadikan sebagai informasi guna mendukung pengembangan bisnis perusahaan dalam memasarkan Sprepart Mobil di PT.Speedline Auto.

3. Mempermudah pengelolaan saat menginput, mengedit dan menyajikan secara terintegrasi berdasarkan database.
Kesimpulan Skripsi Jurusan Manajemen
Penelitian ini dibuat dengan tujuan agar bisa mengalisis pengaruh keselamatan dan kesehatan kerja terhadap produktivitas karyawan pada PT. Pertamina yang ada di terminal BBM Makasar.

Berdasarkan rumusan masalah yang sudah di jelaskan pada bab sebelumnya, maka kesimpulanya seperti ini :

1. Sesuai penelitian yang sudah dilakukan, sudah terbukti kalau keselamatan kerja dan kesehatan kerja memiliki pengaruh yang positif terhap variabel produktivitas karyawan, keselamatan dan kesehatan kerja dengan produktifitas erat kaitanya terhadap tenaga kerja.

2. Berdasarkan penelitian, diketahui kalau program kesehatan kerja yang dominan berpengaruh terhadap produktivitas karyawan, yang sudah di buktikan peneliti di uji regresi linear berganda.
Kesimpulan Skripsi Jurusan Akuntansi
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris yaitu faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan deposito mudharabah di perbankan Syariah Indonesia.

Variabel utama yang dilakukan dalam penelitian ini terdiri  dari suku bunga bank konvensional, inflasi dan bagi hasil. Data yang digunakan merupakan data sekunder berupa perusahaan yang mengeluarkan Deposito Mudharabah hingga tahun 2013-2016.

Laporan tersebut di dapat dari website resmi perusahaan ataupun OJKmelalui internet www.ojk.go.id. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan statistic deskriptif, datadan regresi linear berganda dengan tingkat kepercayaan 95%.

Sample dalam penelitian ini yaitu sebagai berikut :
1. Bank Umum Syariah (BUS) yang terdaftar di BEI tahun 2013-2016.
2. Bank Umum Syariah (BUS) yang tidak memenuhi kriteria sample.
3. Total sample Bank Umum Syariah (BUS) berdasarkan kriteria dari variabel terkait seperti inflasi, suku bunga, bagi hasil dan deposito mudharabah.

Berikut kesimpulan hasil pengujian hipotesis adalah :
1. Suku Bunga Bank konvensional tidak berpengaruh terhadap Deposito Mudharabah.
2. Inflasi berpengaruh terhadap tabungan Deposito Mudharabah.
3. Tingkat bagi hasil berpengaruh terhadap Deposito Mudharabah.

Contoh Kesimpulan Penelitian

Pada dasarnya penelitian terbagi menjadi penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif. Penelitian dilakukan sebagai syarat untuk berkembangnya ilmu pengetahun.

Berikut ini terdapat contoh penelitian deskriptif, dalam kesimpulan laporan penelitian.

Kesimpulan Laporan Penelitian
Berdasarkan hasil dari analisis matematis secara keseluruhan, disimpulkan kalau sistem destilasi memakai dua sumber energi bebas yang berasal dari alam.

Misalnya saja seperti matahari dan angin yang mampu menguapkan lebih banyak air dari pada memakai destilator yang memiliki satu sumber saja. Hal tersebut dimungkinkan mampu mengatasi permasalahan air bersih di kawasan pesisir pantai.

Bukan hanya itu saja dari hasil studi pustaka didapati kalau air dari destillasi sudah standar layak konsumsi. Demi memastikanya sistem destillasi ini perlu dilakukan pengujian berulang kali supaya hasilnya sama dengan kondisi di lapangan.

Sehingga dengan adanya teknologi ini diharapkan bisa di kembangkankembali untuk masyarakat indonesia, khususnya yang berada di pesisirpantai yang sering kekurangan air bersih.

Contoh Kesimpulan Makalah

Dalam makalah kesimpulan ada pada BAB III, dan sesudah adanya kesimpulan barulah Saran yang ditujukan kepada orang tersebut.

Secara garis besar kesimpulan dibuat atas dasar fenomena awal, yang kemudian ditemukan solusinya sebagai keputusan akhir.

Kesimpulan Makalah
Perekrutan di suatu perusahaan atau organisasi merupakan sesuatu hal yang wajib, walupun tidak dilakukan secara terus menerus tergantung kebijakan perusahaan atau organisasi.

Perekrutan yang dilakukan umumnya terjadi satu tahun sekali, dua tahun sdua kali bahkan sampai 4 tahun sekali. Dalam proses perekrutan tenaga kerja setiap organisasi tentu memiliki metodenya sendiri.

Masing-masing mereka memiliki kriteria penilaian yang berbeda dengan perusahaan lainya. Penilaian bisa dilakukan berdasarkan keleihan atau pengalaman masa kerja.

Contoh Kesimpulan Karya Tulis Ilmiah

Karya tulis ilmiah sebuah tulisan yang mengandung non fiksi seperti contoh Essay, opini atau artikel Dibawah ini adalah contoh kesimpulan dari karya tulis ilmiah.

Kesimpulan Karya Tulis Ilmiah
Sesuai penelitian yang diambil terkait kemampuan kebiasaan membaca siswa kelas 11 dan 12 SMA PGRI Lampung. Adapun kesimpulanya seperti dibawah ini.

1. Kebiasaan membaca siswa kelas 11 dan 12 SMA PGRI Lampung, rata-rata minat membacanya lumayan tinggi. Namun ada 20% siswa yang minat membacanya sangat tinggi. Ada 70% siswa yang minat membacanya tinggi, sedangka 10 persen siswa yang minatnya sedang.

2. Adanya tempat khusus berupa perpustakan menurut siswa kelas 11 dan 12 SMA PGRI Lampung, mempunyai rata-rata yang lumayan tinggi. Terdapat 80% siswa mengatakan keberdaan perpustakaan sangat penting, dan 20% siswa yang menganggap penting.

Demikianlah pembahasan mengenai Contoh Kesimpulan, semoga pembahasan kali ini bisa bermafaat dan menambah wawasan untuk kita semua.

Silahkan berikan komentar jika ada yang ingin anda tanyakan !!

Please rate this