Contoh Kelompok Sosial di Masyarakat

Apa yang dimaksud dengan kelompok sosia dan contohnya?

Kelompok sosial merupakan sebuah kesatuan masyarakat yang berkumpul dalam suatu tujuan tertentu atau dalam suatu perlindungan tertentu.

Proses pembentukannya tergantung pada anggota kelompok karena tidak semuanya mengharuskan adanya struktur sosial di dalamnya. Untuk masalah tujuan yang ingin dicapai, mereka membuatnya untuk menciptakan suatu kedinamisan di dalam kehidupan.

Hal tersebut akan mendorong banyak orang untuk terus hidup rukun satu sama lain dan menghormati kelompok-kelompok lain yang ada di sekitarnya.

Meskipun tidak mudah, tetapi hal tersebut perlu selalu ditanamkan agar tercipta keharmonisan antar sesama. Namun terkadang justru menimbulkan konflik antar kelompok, baca selengkapnya contoh konflik sosial di Indonesia.

Contoh Kelompok Sosial

Contoh Kelompok Sosial
Kelompok Sosial di Sekitar tempat tinggal kita

Apa saja contoh kelompok sosial?

Adapun beberapa contoh kelompok sosial yang sering muncul di dalam masyarakat atau lingkungan tempat kita tinggal yakni sebagai berikut:

1️⃣ Keluarga

Mungkin banyak yang tidak menyadari jika keluarga merupakan salah satu contoh kelompok sosial minimalis yang terdapat di dalam lapisan masyarakat. bahkan, keluarga dianggap sebagai bagian dari kebutuhan primer di bagi setiap individu.

Hal tersebut karena setiap orang memulai awal kehidupannya dalam naungan sebuah keluarga dan memperoleh berbagai nilai-nilai kehidupan untuk diterapkan pada dunia luar. Berbeda dengan kelompok lainnya, keluarga biasanya tidak memiliki aturan yang mengikat.

Namun, mereka tetap bisa mengatur keharmonisan di dalam keluarganya dengan baik. Keluarga termasuk juga contoh lembaga yang ada di masyarakat. Baca juga pengertian lembaga keluarga.

2️⃣ Koperasi Desa

Setiap desa tentunya memiliki koperasi yang merupakan wujud kelompok sosial yang harus ada di dalam masyarakat. Berbeda dengan keluarga yang cenderung bebas dan tidak terlalu banyak memiliki aturan, koperasi desa memiliki seperangkat aturan yang mengatur berjalannya sistem di dalamnya.

Mulai dari perekrutan anggota, tata cara menabung, mengelola tabungan, dan masih banyak lagi semuanya memiliki aturan tersendiri. Peraturan tersebut juga diciptakan agar setiap anggota mampu mematuhinya dengan baik.

3️⃣ Partai Politik

Jenis kelompok sosial sekunder ini pasti ada di dalam suatu negara karena menjadi komponen yang wajib dan sangat penting. Partai politik memiliki sifat yang sekunder karena tidak wajib untuk diikuti dan sifatnya tidak memaksa.

Anda diberi kebebasan untuk memilih partai politik mana serta kebebasan untuk tidak memilihnya sama sekali. Di dalam partai politik juga terdapat seperangkat aturan yang sifatnya mengikat anggotanya.

Aturan-aturan tersebut biasanya berhubungan dengan dunia pemerintahan karena politik biasanya berkaitan erat dengan pemerintahan.

4️⃣ Kelompok Kelas di Sekolah

Contoh Kelompok Sosial di Sekolah
Kelompok Kelas di Sekolah

Dalam sebuah sekolah khususnya di dalam kelas, juga terdapat kelompok sosial yang sifatnya kecil. Meskipun sifatnya kecil, terdapat beberapa aturan yang ditetapkan dan mengikat setiap anggotanya.

Misalnya saja setiap siswa diwajibkan untuk datang pada pukul sekian, wajib membayar uang kas kelas, dan kewajiban-kewajiban mengikat lainnya. Selain itu, tak hanya semasa duduk di bangku sosial itu saja kelompok tersebut terbangun, tetapi juga tetap ada ketika telah menjadi seorang alumni.

5️⃣ Paguyuban Masyarakat

Masyarakat sebagai sebuah komponen di dalam kehidupan tentunya juga memiliki paguyuban atau sebuah kelompok sosial tertentu. Paguyuban merupakan sebuah bentuk kelompok yang memiliki minat sama dalam suatu hal tertentu.

Misalkan saja terdapat suatu kelompok yang mencintai barang-barang antik, maka mereka akan cenderung membentuk paguyuban khusus untuk para pencinta barang-barang antik.

Kini banyak sekali paguyuban yng sudah beredar di masyarakat yang membuktikan jika mereka sudah sangat heterogen.

Nah, itulah beberapa contoh kelompok sosial mulai dari yang terkecil hingga yang terbesar. Setiap individu pasti menjadi bagian dari sebuah kelompok tertentu karena mereka juga merupakan sebuah masyarakat.

Hal yang membedakan hanyalah kelompok yang dipilih atau dipunyai oleh setiap individu tentunya berbeda-beda. Simak terus informasi lengkapnya di Khanfarkhan.com 😊

Leave a Comment