Contoh Kelompok Sosial

Artikel ini Telah Ditinjau Oleh: Farkhan Ramadhan, S.E.

Kelompok sosial merupakan sekumpulan individu yang saling berinteraksi dan membuat kesepakatan untuk mencapai tujuan bersama. Dalam membentuk sebuah kesepakatan haruslah mempunyai struktur sosial yang jelas.

Akan tetapi terkadang ada juga yang tidak mewajibkan mempunyai struktur sosial. Sebelum itu simak dahulu penjelasan mengenai ciri-ciri kelompok sosial dibawah ini.

Ciri-Ciri Kelompok Sosial

Sekumpulan orang yang sedang berkumpul dan melakukan interaksi bahkan memiliki hubungan yang erat dalam kehidupan tidak bisa disebut sebagai kelompok sosial apabila tidak memenuhi ciri-ciri berikut ini :

  1. Adanya suatu pergerakan atau dinamika di dalam kelompok tersebut.
  2. Adanya struktur yang jelas sehingga para anggotanya mempunyai fungsi, peranan dan kedudukan yang jelas.
  3. Adanya aturan-aturan terhadap aktivitas kelompok tersebut.
  4. Memiliki pola perilaku dan interaksi aktif.
  5. Adanya hubungan timbal balik setiap antar anggota di dalam suatu kelompok.
  6. Setiap anggota yang tergabung dalam kelompok sosial menyadari bahwa dirinya adalah bagian dari kelompok tersebut.

Contoh Kelompok Sosial

Munculnya kelompok sosial atas dasar ingin mencapai satu tujuan yang sama dari sekelompok orang yang ada di suatu lingkungan masyarakat.

Sampai saat ini ada beberapa contoh kelompok sosial yang masih berjalan di masyarakat hingga saat ini, diantaranya yaitu :

Partai Politik

Partai Politik
Partai Politik

Di Indonesia sampai detik ini ada banyak sekali daftar partai politik yang masih aktif. Mereka yang tergabung kedalam partai politik atas dasar mempunyai kesamaan terhadap politik.

Dengan bergabungnya kedalam partai politik mereka bisa mencalonkan diri untuk menjadi Bupati, Gubernur, Walikota dan juga Presiden dengan sitem demokrasi.

Artinya mereka akan dipilih oleh rakyat untuk menentukan siapa yang pantas menduduki satu jabatan tertentu.

Siapapun berhak bergabung kedalam partai politik dan tidak ada kewajiban seluruh elemen masyarakat masuk menjadi anggotanya. Partai politik sendiri termasuk jenis kelompok berdasarkan interaksi sosial.

Himpunan Serikat Pekerja

Himpunan Serikat Pekerja
Himpunan Serikat Pekerja

Serikat pekerja merupakan organisasi yang beranggotan para buruh dan bergabung bersama demi mencapak tujuan umum dalam hal penerimaan upah, jam dan kondisi kerja.

Nah dengan adanya serikat buruh seperti ini para serikat pekerja akan meminta penawaran dengan majikan atas naman anggota mereka untuk merundingkan kontrak buruh.

Didalam perundingan tersebut akan dibahas termasuk upah, jam, aturan kerja, prosedur keluhan, pemecatan, promosi buruh, keuntungan, tentang pneyewaan, keamanan dan kebijakan tempat kerja.

Kelompok Arisan

Kelompok Arisan
Kelompok Arisan

Arisan sudah menjadi salah satu budaya yang ada di Indonesia. Pengertian arisan sendiri adalah sekelompok orang yang mengumpulkan uang secara teratur untuk setiap periode tertentu.

Selanjutnya uang yang sudah terkumpul akan dilakukan pengundian, siapapun nama yang keluar makan ia berhak mendapatkan uang tersebut.

Koperasi

Koperasi
Koperasi SInar Merak Sentosa

Kelompok sosial di masyarakat selanjutnya adalah Koperasi. Jika dilihat berdasarkan interaksi sosial koperasi masuk kedalam kelompok informal.

Saat ini koperasi sendiri ada beberapa jenisnya seperti koperasi simpan pinjam, koperasi jasa, koperasi produsen dan koperasi konsumen.

Keanggotan koperasi sendiri berasal dari masyarakat secara keseluruhan adapaun untuk bisa bergabung dengan koperasi harus mengikuti peraturan dan ketentuan apabila ingin bergabung.

Keluarga

Keluarga
Keluarga

Contoh kelompok sosial selanjutnya adalah keluarga. Keluarga sendiri terdiri dari ayah, ibu, adik dan kakak dimana satu sama lainya memiliki tujuan yang sama.

Keluarga termasuk jenis kelompok sosial primer, karena seluruh anggotanya saling mengenal satu sama lainnya dan sangat berhubungan erat di dalam kehidupan masyarakat.

Kelompok Keagamaan

Kelompok Keagamaan
Kelompok Hadroh

Kelompok keagamaan adalah salah satu dari sekian banyaknya kelompok sosial dan masuk kedalam jenis kelompok sosial primer.

Dalam hal ini kelompok keagamaan tidak ada yang namanya pembagian tugas secara paksa, pembagian tugas dan peranan ini bedasarkan pasa simpati, kekeluargaan dan rasa sukarela.

Fungsi Kelompok Sosial

Berikut ini terdapat beberapa fungsi kelompok sosial dilihat secara umum:

  1. Sebagai wadah pemersatu walaupun masing-masing individu mempunyai perbedaan latar belakang.
  2. Menaikan semangat dan produktivitas didalam berkelompok.
  3. Sebagai sarana bertukar pikiran dan diskusi mengenai berbagai macam pokok pembahasan.
  4. Menaikan interpersonal skill terutama untuk berinteraksi serta mengambil yang berkaitan dengan sekelompok orang.
  5. Sebagai tempat berbagi cerita, dan mengeluarkan masalah-masalah yang dialami.

Penutup

Kelompok Sosial memang memiliki peranan di dalam masyarakat itu sendiri. Pada dasarnya memang ada banyak jenis kelompok sosial saat ini.

Jadi masing-masing individu yang menjadi anggota kelompok sosial secara umum memiliki kesamaan aktivitas, interaksi serta memiliki perasaan untuk menggabungkan keseluruhannya.

Leave a Comment