Contoh Kegiatan Musyawarah

Artikel ini Telah Ditinjau Oleh: Farkhan Ramadhan, S.E.

Pengertian musyawarah adalah sekolompok orang yang membahas suatu kegiatan guna mencapai mufakat. Musyawarah dilakukan agar tidak terjadi kesalah pahaman antara satu dengan yang lainya.

Di lingkungan masyarakat, rumah ataupun sekolah sering sekali melakukan musyawarah terhadap kelompok, organisasi ataupun instansi tertentu. Adapun kegiatan musyawarah bisa anda lihat pada contoh dibawah ini.

Contoh Kegiatan Musyawarah di Sekolah

Umumnya di lingkungan sekolah orang yang melakukan musyawarah adalah guru, orang tua siswa dan siswa itu sendiri. Guna mencapai kesepakatan dan kegiatan berjalan dengan lancar perlulah dilakukan musyawarah.

Berikut ini beberapa contoh kegiatan musyawarah di lingkungan sekolah:

1. Musyawarah Pemilihan Ketua Kelas

Musyawarah Pemilihan Ketua Kelas

Biasanya masing-masing kelas memiliki struktur organisasinya mulai dari Ketua kelas, wakil, bendahara, sekertaris dan seksi-seksi lainya. Pemilihan ketua kelas sendiri ditentukan berdasarkan suara terbanyak.

Tapi sebelum itu dipilih beberapa kandidat untuk dicalonkan sebagai ketua kelas. Sampai ketua kelas sudah ditentukan baru mententukan yang lainya.

2. Musyawarah Pembagian Jadwal Piket

Musyawarah Pembagian Jadwal Piket

Agar kelas selalu bersih maka kelas harus dirawat dan salah satu caranya yakni dengan pembagian jadwal piket mulai dari hari Senin sampai Minggu.

Penentuan jumlah orangnya berdasarkan jumlah keseluruhan siswa dikelas lalu dibagi dengan hari sekolah yaitu enam hari.

3. Musyawarah Pemilihan Ketua & Anggota OSIS

Musyawarah Pemilihan Ketua & Anggota OSIS

OSIS adalah sebuah organisasi yang hanya ada di salam sekolah saja. Anggota OSIS sendiri merupakan siswa dan siswa dari sekolah tersebut.

Sama seperti pemilihan ketua kelas, pemilihan Ketua dan Anggota OSIS ditentukan berdasarkan suara terbanyak dari keseluruhan siswa/siswa di sekolah tersebut.

4. Musyawarah Pemilihan Peserta Lomba Antar Kelas

Biasanya setiap tanggal 17 Agustus setiap sekolah mengadakan perlombaan antar kelas, mulai dari Sepak Bola, Badmintoon, Basket, Kebersihan Kelas dan lain-lain.

Setiap kelas akan mententukan siapa saja yang akan mengikuti lomba-lomba tersebut. Maka setiap kelas akan bermuswarah terlebih dahulu agar kelas mereka bisa memenangkan setiap lomba yang ada.

Contoh Kegiatan Musyawarah di Masyarakat

Semua kegitan yang ada dimasyarakat tentu akan melibatkan orang banyak, sehingga agar kegiatan berjalan dengan lancar dan tidak ada kesalahpahaman antar warga maka perlu dilakukan musyawarah.

Adapaun contoh kegiatan musyawarah di lingkungan masyarakat yakni sebagai berikut:

1. Musyawarah Pembangunan Jalan

Musyawarah Pembangunan Jalan

Masing-masing desa akan diberikan anggaran oleh pemerintah dan salah satunya digunakan untuk pembangunan jalan yang rusak. Biasanya para pekerja dalam pembangunan jalan tersebut dilakukan oleh warganya sendiri.

Tentu dalam proses pengerjaanya perlu dilakukan musyawarah agar pembangunan tersebut selai sesuatu target dan anggaran yang sudah diberikan.

2. Musyawarah Pemilihan Ketua RT dan RW

Musyawarah Pemilihan Ketua RT dan RW

Kegiatan musyawarah yang sering dilakukan di lingkungan masyarakat lainya adalah pemilihan Ketua RT dan RW. Biasanya musyawarah dilakukan untuk menentukan siapa saja orang yang akan di calonkan selanjutnya.

3. Musyawarah Siskamling di Desa

Musyawarah Siskamling di Desa

Di lingkungan sekitar kita mungkin ada yang pernah terjadi kemalingan dirumahnya. Untuk mengatasi hal itu terulang lagi maka perlu dilakukan musyawarah untuk mengajak warga masyarakat ronda setiap malam.

4. Musyawarah Kegiatan Gotong Royong

Musyawarah Kegiatan Gotong Royong

Setiap sebulan sekali biasanya desa-desa tertentu melakukan gotong royong bersama seperti membersihkan got-got yang mulai tersumbat dan lain sebegainya.

Aparat desa dan masyarakat wajib melakukan musyawarah terlebih dahulu agar, seluruh warga bisa ikut serta dalan kegiatan gotong royong tersebut.

Contoh Kegiatan Musyawarah di Rumah

Setiap anggota keluarga tentu memiliki pendapat yang berbeda-beda. Oleh sebab itu untuk menyatukan semua pendapat perlu dilakukan musyawarah terlebih dahulu.

Berikut ini beberapa contoh kegiatan musyawarah yang sering dilakukan dil lingkungan keluarga:

1. Menentukan Tujuan Rekreasi saat Hari Libur

Menentukan Tujuan Rekreasi saat Hari Libur

Ketika sudah memasuki libur sekolah orang tua dan anak-anak mulai merencanakan tujuan liburan mereka. Selain untuk refresing pergi liburan bersama keluarga bisa mempererat hubungan antara satu dengan lainya.

2. Menyelesaikan Masalah yang sedang terjadi

Menyelesaikan Masalah yang sedang terjadi

Setiap keluarga tentu memiliki masalahnya masing-masing dan untuk menyelesaikanya tentu harus melibatkan semua anggota keluarga untuk melakukan musyawarah.

3. Membuat Kebijakan dalam Rumah Tangga

Membuat Kebijakan dalam Rumah Tangga

Biasanya orang tua akan memberikan nasihat kepada anak-anaknya misalnya saja tidak boleh pulang melewati jam 09.00 malam. Kecuali ada pekerjaan sekolah dan lainya.

Demikianlah tadi contoh-contoh dari kegiatan musyawarah yang ada di lingkungan sekitar kita. Semoga informasi diatas bisa di mengertian dan dipahami.

Leave a Comment