Contoh, Jenis dan Tujuan Kegiatan Ekonomi di Masyarakat

Kegiatan Ekonomi | Tidak dapat kita pungkiri lagi kalau di indonesia kegiatan ekonomi sangat beragam. Apakah anda tahu kegiatan ekonomi seperti apa ?

Memang setiap individu memiliki kegiatan ekonomi yang berbeda-beda, tapi hal ini dikarenakan sesuai kebutuhan masyarakat indonesia sendiri. Mereka bekerja karena memiliki sebuah tujuan.

Nah, dikesempatan kali ini saya ingin menjelaskan kepada teman-teman beberapa contoh kegiatan ekonomi yang dilakukan masyarakat indonesia. Serta tujuan mereka melakukan kegiatan ekonomi tersebut.

Apa itu Kegiatan Ekonomi ?

Tapi sebelum itu, kalian perlu tahu terlebih dahulu pengertian kegiatan ekonomi itu sendiri. Karena pastinya anda juga merupakan pelaku kegiatan ekonomi di indonesia.

Contoh Kegiatan Ekonomi
Sejarah Kegiatan Ekonomi

Pengertian kegiatan ekonomi adalah sebuah usaha yang dilakukan oleh individu atau kelompok, demi mensejahterakan hidupnya. Dan untuk mensejahterakan hidupnya mereka harus memiliki berusaha.

Dipembahasan sebelum sudah dibahas terkait jenis kegiatan ekonomi dan beberapa contohnya. Adapun contoh kegiatan ekonomi yang mereka lakukan, akan dijelaskan pada pembahasan berikut ini.

Contoh Kegiatan Ekonomi Masyarakat

Masyarakat indonesia sangat luas, dan kemampuan setiap penduduknya pun berbeda beda. Kemampuan seseorang yang pernah kuliah akan berbeda dengan yang tidak kuliah.

Begitupun kemampuan orang yang memiliki pengalama lebih, akan berbeda juga dengan yang tidak memiliki pengalaman sama sekali. Berikut ini anda bisa melihat contoh kegiatan ekonomi tersebut.

A. Kegiatan Ekonomi Perkebunan

Kegiatan Ekonomi Perkebunan
Ibu Asih yang sedang menyiram kebun

Contoh kegiatan ekonomi yang pertama ini banyak sekali kita temukan di setiap wilayah, pastinya wilayah tersebut masih menyediakan sumber air yang melimpah dan tanahnya yang subur.

Jika anda berkebun yang dibutuhkan lebih ke tenaga, anda tidak perlu sekolah tinggi-tinggi. Orang memiliih berkebun bukan berarti mereka bodoh.

Tapi karena mereka tahu, bahwa dengan berkebun mereka mampu memenuhi kebutuhan hidupnya. Mereka bisa menjual hasil kebun kepasar atau tempat penampungan.

B. Kegiatan Ekonomi Pertanian

Contoh Kegiatan Ekonomi Pertanian
Masyarakat Gotong-royong panen padi

Kebiasaan atau kegiatan masyarakat indonesia selanjutnya ialah bertani. Kegiatan menaman padi adalah pekerjaan yang mulia, mereka menghasilkan gambah yang nantinya akan menjadi beras dan di konsumsi oleh orang banyak.

Saat ini atau bisa dbilang rata-rata penduduk indonesia yang bertani, mereka hanya kalangan menengan kebawah. Tidak sedikit masyarakat indonesia yang menggantungkan hidupnya hanya dari bertani.

Tapi itulah cara mereka dan dengan kemampuan mereka untuk bisa memenuhi kebutuhan hidupnya.

C. Kegiatan Ekonomi Peternakan

Peternakan termasuk contoh kegiatan ekonomi yang hasilnya lumayan menjanjikan. Tidak sedikit orang yang sukses dari hasil beternak hewan dan mereka mampu memenuhi kebutuhan hidupnya.

Saat ini salah satu contoh beternak hewan yang memiliki potensi bagus di pasaran seperti ternak ayam dan bebek Alasanya adalah kedua unggas tersebut menjadi menu makan hampir setiap harinya penduduk indonesia.

Harganya yang tidak begitu mahal, namun memiliki daging yang enak. Bahkan tidak hanya dagingya saja bahka telornya pun menjadi kebutuhan pokok yang wajib ada.

Dengan modal yang tidak begitu banyak asalkan memiliki pengalaman, tentunya ada bisa sukses menjadi seorang peternak ayam dan bebek. Asalakan anda bersungguh dan memiliki niat yang kuat.

D. Kegiatan Ekonomi Perikanan

Sama halnya dengan kegiatan beternak yang memliki prospek bagus. Budidaya ikan pun termasuk bisnis yang menjanjikan, seperti budidaya ikan air tawar mapun laut.

Banyak sekali masyarakat indonesia yang mengkonsumsi ikan sebagai bahan pokok. Rasanya yang enak tapi juga memiliki gizi yang banyak untuk tubuh kita.

Ada satu hal yang perlu anda ketahui juga, terkadang yang menjadi kendala adalah lokasi dan tempat budidaya tidak ada. Disini kalian bisa memanfaatkan lahan seperti paret, lalu dengan menggunakan media ember atau memanfaatkan irigasi sawah.

Apakah bisa ? tentu saja asalkan anda serius dan ingin menjalankanya.

E. Kegiatan Ekonomi Perdagangan

Tidak hanya di indonesia, namun di negara luar pun mayoritas penduduknya berdagang. Berdagang adalah salah satu kegiatan jual beli barang-barang kebutuhan seperti kebutuhan primer, sekunder dan tersier.

Banyak orang yang memproduksi barang untuk mereka jual sendiri, namun ada juga yang tanpa memproduksi sendiri, tetapi mampu menjual barang, mudah bukan.

Saat ini banyak sekali orang sukses dengan berdagang, hanya dengan berdagang saja mereka sudah mampu memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari. Apakah anda ingin sukses dengan berdagang ?

F. Kegiatan Ekonomi Pertambangan

Contoh Kegiatan Ekonomi Pertambangan
Penambangan Batu Bara

Pertambangan merupakan salah kegiatan mengambil hasil bumi yang memiliki nilai ekonomis seperti emas, timah dan lainya. Secara umum pertambangan dilakukan oleh Perusahaan besar.

Tidak jarang juga pertambangan dilakukan oleh sekelompok orang, mereka menambang dengan alat sederhana karena keterbatasa modal. Banyak sekali daerah-daerah yang memiliki hasil bumi yang masih belum diketahui.

Hanya masyarakat sekitar yang mengetahui kalau wilayah tersebut, ada potensi yang bisa mereka tambang dan bisa dijual dengan harga yang tinggi.

Namun ada juga mereka yang bekerja di pertambangan besar dan resmi, tentunya mereka memiliki penghasilan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

G. Kegiatan Ekonomi Perindustrian

Di indonesia jenis perusahaan dalam bidang industri sudah banyak sekali, dengan mengelola bahan mentah menjadi bahan jadi. Dengan adanya perusahaan industri akan menghasilkan barang ekonomis, barang bebas dan barang ILLith.

Setiap harinya mereka tidak ada hentinya melakukan produksi, dengan teknologi yang canggih semua jenis produk bisa dihasilkan. Tapi terkadang ini menjadi permasalah di indonesia, banyak perusahaan yang membuang limbah sembarang.

Menyebabkan derah sekitar seperti sungan menjadi tercemar dan tidak bisa dimanfaatkan oleh penduduk sekitar. Meskipun perindustrian termasuk kegiatan ekonomi yang menjanjikan tapi banyak juga dampak negatifnya.

H. Kegiatan Ekonomi dibidang Jasa

Contoh kegiatan ekonomi yang terkahir adalah dibidang Jasa. Jasa termasuk kegiatan dengan memberikan layanan kepada masyarakat dalam hal apapun.

Banyak sekali contoh jasa di indonesia seperti jasa transportasi, jasa penyebrangan dengan kapal laut, ataupun jasa penerbangan. Dan masih banyak jasa-jasa lainya.

Tentunya setiap orang yang memakai jasa tersebut haruslah mengeluarkan biaya, ada yang murah, sedang dan mahal. Semua jasa bisa kita nikmati tergantung kemampuan kita untuk membayar jasa tersebut.

Tujuan Kegiatan Ekonomi

Setelah anda mengetahui contoh-contoh kegiatan ekonomi yang biasa masyarakat indonesia lakukan. Disini kita perlua memahami tujuan dari kegiatan ekonomi tersebut.

Selain untuk memenuhi kebutuhan hidup, kegiatan ekonomi dilakukan dengan tujuan :

  • Menyediakan barang yang sudah habis terpakai atau rusak.
  • Mendapatkan keungtungan yang besar.
  • Mensejahterakan hidup.
  • Menstabilkan kegiatan produksi.
  • Mempercepat hasil produksi yang akan diserahkan kepada konsumen.
  • Memenuhi kebutuhan pasar luar negeri ataupun dalam negeri.

Demikianlah tadi pembahasan tentang contoh kegiatan ekonomi dan tujuannya. Semoga pembahasan kali ini bisa bermanfaat untuk teman-teman semua dan selamat membaca.

Please rate this

Leave a Comment