Contoh Kalimat Tanggapan

Artikel ini Telah Ditinjau Oleh: Farkhan Ramadhan, S.E.

Didalam materi pembelajaran bahasa indonesia tentu ada yang namanya kalimat tanggapan. Umumnya materi ini akan anda temukan pada pembelajaran di jenjang Sekolah Dasar (SD).

Materi ini kalimat tanggapan ini untuk anak SD, yang bisa dijadikan pembelajaran bagi mereka. Contoh kalimat tanggapan untuk anak SD ini berbeda dengan Kalimat Saran.

Kalimat tanggapan merupakan kalimat sanggahan kepada suata peristiwa ataupun kejadian yang dilihat atau didengar oleh seseorang. Kalimat tanggapan sendiri ada yang bernada positif dan negatif.

Sebelum mengetahui contoh-contohnya ada baiknya anda perlu memahami cara menyampaikan kalimat tanggapan yang baik dan benar.

Cara Menyampaikan Kalimat Tanggapan

Cara Menyampaikan Kalimat Tanggapan

Dalam menyampaikan sebuah tanggapan terhadap suatu peristiwa atau kejadian anda perlu memperhatikan beberapa aspek. Artinya disini ketika memberikan sebuah tanggapan haruslah dengan ucapan yang baik dan santun.

Meskipun kalimat tanggapan tersebut adalah tanggapan yang bernada negatif. Tujuanya untuk menghindari kesalah pahaman diantara kedua pendapat yang berbeda.

Berikut ini cara penyampaian kalimat tanggapan yang baik dan benar:

  1. Kalimat Tanggapan sifatnya harus objektif.
  2. Kalimat tanggapan bukan dari perkataan orang lain melainkan murni perkataan sendiri.
  3. Kalimat tanggapan harus dibarengi dengan fakta agar lebih kuat.
  4. Saat memberikan tanggapan tidak boleh menjelekkan nama atau sebuah brand seseorang.
  5. Hendaknya kalimat tanggapan adalah kalimat yang tidak mengandung keragu-raguan.
  6. Saat penyempaian kalimat tanggapan negatif, tidak boleh disampaikan dengan perasaan emosi.
  7. Penyampaian kalimat tanggapan bisa di iringgi dengan sebuah gerakan.

Contoh Kalimat Tanggapan

Contoh Kalimat Tanggapan

Setelah mengetahui beberapa tata cara penyampaian kalimat tanggapan diatas, mari kita simak contoh kalimat tanggapan yang baik dan benar berikut ini.

Untuk mengetahui contoh kalimat pujian, bisa dibaca disini.

1. Pemerintah berencana melarang warga untuk mudik lebaran tahun ini.

Kalimat Tanggapan Positif:
Pemerintah mengambil keputusan yang baik dan tentunya dengan melakukan pertimbangan yang matang saat mengambil keputusan tersebut, agar penyebaran virus Covid-19 tidak meluas.
Kalimat Tanggapan Negatif:
Pemerintah tidak memikirkan orang yang hidupnya merantau, bisa jadi mereka ingin mudik karena mereka sudah tidak bekerja lagi dan tidak memiliki penghasilan untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

2. Para narapidana saat ini sudah dibebaskan untuk menghindari penyebaran Covid-19

Kalimat Tanggapan Positif:
Memang sebaiknya para tanahan tersebut di bebaskan, namun harus tetap dilakukan pengawasan ketat kepada para pelaku kriminalitas.
Kalimat Tanggapan Negatif:
Membebaskan para narapidana tentu masih belum menjadi solusi yang tepat, karena buktinya saat ini mereka kembali melakukan perbuatan kriminal dengan menjarah toko-toko yang memang ditutup karena adanya Covid-19 ini.

3. Team volly ball putra indonesia mendapatkan juara 1 pada SEA Games di Philiphina tahun 2019.

Contoh Kalimat Tanggapan Pendek yang santun
Kalimat Tanggapan Positif:
Indonesia memiliki pemain-pemain yang sangat hebat dan sudah berpengalaman, hal ini juga karena pelatih teamnas yang memiliki strategi lebih matang dibandingkan dengan team lawannya.
Kalimat Tanggapan Negatif:
Team Volly Putra Indonesia bisa menang karena Thailand sudah kalah pada perempat final melawan tuan rumah, sebab thailand menjadi lawan yang tangguh bagi indonesia sejak penyelenggaraan SEA Games tahun lalu.

4. Aktor A menjadi salah satu pemeran utama pada film “Srigala Langit”.

Kalimat Tanggapan Positif:
Film Srigala Langit adalah film yang asli karya Indonesia, dia adalah aktor yang bertalenta dan dia bisa menunjukan bahwa dia layak untuk bermain dalam film tersebut.
Kalimat Tanggapan Negatif:
Aktor tersebut tidak begitu baik dalam melakukan perannya, mungkin saja dia terpilih karena dia memiliki hubungan yang baik dengam produsernya.

5. Produsen Smartphone Y Mengeluarkan produk terbaru dengan harga 8 juta rupiah.

Kalimat Tanggapan Positif:
Apabila melihat dari spesifikasi smartphone tersebut sangat wajar dibandrol dengan harga 8 juta saja, smartphone ini mampu bersaing dengan merk smartphone unggulan lainya.
Kalimat Tanggapan Negatif:
Saat ini smartphone dengan harga 8 juta untuk sebuah smartphone sangatlah mahal, karena smartphone yang spesifikasinya diatas smartphone Y saja hanya dibandrol harga 3-4 juta saja.

Demikianlah penjelasan mengenai contoh kalimat tanggapan positif dan negatif yang bisa di sampaikan. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat.

Leave a Comment