Contoh Identifikasi Dalam Kehidupan Sehari-hari

Artikel ini Telah Ditinjau Oleh: Farkhan Ramadhan, S.E.

Dalam proses interaksi sosial terdapat sebuah istilah identifikasi yang memiliki arti peniruan mendalam terhadap suatu hal tertentu. Proses peniruan tersebut mengambil dari berbagai sisi, baik sifat, perilaku, karakter, hingga kesehariannya.

Selama yang dijadikan sebagai objek memang sebuah hal atau tokoh yang pantas ditiru, maka proses tersebut bisa dikatakan aman. Berbeda lagi jika objek atau tokoh yang ditiru memiliki sifat yang tercela, maka proses peniruan justru akan membawa dampak negatif.

Oleh karena itu, Anda harus melakukan proses tersebut dengan mempertimbangkan dari berbagai segi serta hanya mengambil objek yang penuh teladan.

Contoh Identifikasi dengan Sederhana

Adapun beberapa contoh identifikasi terhadap suatu masalah, kebutuhan dan lainya yang dilakukan manusia sebagai mahluk sosial seperti dibawah ini.

Baca juga: contoh masalah sosial di masyarakat

Bidang Olahraga

Ketika seseorang memiliki ketertarikan khusus terhadap bidang olahraga, maka ia akan cenderung menyukai banyak cabang olahraga seperti sepak bola, voli, dan lain-lainnya.

Selain itu, tak hanya menyukai jenis olahraganya saja, tetapi nantinya pasti akan menjalar dan mulai menyukai para pemainnya juga.

Proses identifikasi tersebut mendorong seseorang untuk mengetahui lebih dalam dan lebih terperinci mengenai dunia olahraga dan segala hal yang ada di dalamnya.

Interaksi dalam Keluarga

Dalam suatu keluarga biasanya setiap anak akan memiliki seorang figure yang nantinya mereka jadikan sebagai panutan. Sebagian besar figure yang dipilih tersebut adalah seorang ayah.

Ayah adalah kepala keluarga yang selalu berusaha memberikan contoh terbaik untuk seluruh anggota keluarganya. Maka dari itu, tidak mengherankan jika anak melakukan identifikasi terhadap apa saja yang dilakukan oleh ayah tersebut.

Selanjutnya, anak juga akan melakukan proses peniruan terhadap apa saja yang dilakukan ayah tersebut.

Cita-cita

Adanya tindakan seseorang yang selalu membicarakan masalah agama dan terobsesi untuk menjadi tokoh agama, biasanya ia banyak mendapatkan dorongan atau pengaruh dari lingkungan sekitar.

Bisa jadi dalam kesehariannya ia selalu mendapatkan ceramah keagamaan atau berkumpul dalam majelis-majelis ilmu yang di dalamnya membahas masalah agama.

Biasanya, orang tersebut akan melakukan proses identifikasi hal-hal apa saja yang perlu dilakukan untuk menjadi seorang ahli agama. Hingga akhirnya, ia pun juga merasa tertarik menjadi seorang ahli agama.

Interaksi Lingkungan Akademik

Contoh selanjutnya adalah adanya sebuah tindakan dari seseorang yang sangat menyukai dan mengapresiasi tinggi-tinggi terhadap jasa dari dosen atau gurunya.

Lewat rasa menghargai tersebut munculah ketertarikan untuk melakukan proses identifikasi, yakni meniru beberapa ciri khas yang dilakukan oleh dosen atau guru tersebut.

Baca juga: pengertian dan contoh rasisme

Misalnya saja meniru gaya berbicara atau gaya menyampaikan sesuatu di depan umum. Proses peniruan satu ini sebagian besar selalu membawa dampak yang positif.

Tayangan Televisi

Yang akan mendapatkan pengaruh dari proses identifikasi proses tayangan televisi adalah anak-anak atau remaja yang belum stabil emosinya. Tayangan yang dianggap menarik perhatian mereka akan ditiru tanpa penyaringan.

Misalnya saja jika yang sedang tren merupakan tayangan-tayangan yang di dalamnya berisi kehidupan anak sekolah yang bebas, maka mereka akan menirunya tanpa rasa takut atau khawatir terhadap dampak yang ditimbulkan.

Hal ini merupakan proses peniruan yang banyak dikhawatirkan oleh para orang tua. Maka dari itu, ada baiknya para orang tua untuk selalu mengawasi tontonan anaknya.

Nah, itulah beberapa contoh identifikasi sederhana yang sering terjadi di dalam lingkungan masyarakat. tak dapat dipungkiri jika di dalam kehidupan masyarakat proses satu ini tidak mungkin dapat dihindari karena merupakan satu bagian dengan interaksi.

Namun, Anda tetap bisa memilih untuk melakukan yang terbaik dan tidak merugikan diri sendiri. Simak terus informasinya di Khanfarkhan.com 🙂

Leave a Comment