Contoh Hedonisme

Artikel ini Telah Ditinjau Oleh: Farkhan Ramadhan, S.E.

Selama kita hidup ada banyak sekali kebutuhan yang harus kita penuhi, untuk mendapatkanya kita perlu yang namanya usaha dan kerja keras. Kebutuhan hidup yang harus kita penuhi bisa berupa barang, pakaian, makanan dan lain-lain.

Pada dasarnya hal tersebut sangat wajar kita lakukan, namun dalam kenyataanya banyak orang membeli barang-barang yang sebenarnya itu tidak ada manfaatnya untuk diri kita sendiri dan terkesan berlebihan.

Perilaku yang suka menghambur-hamburkan uang untuk membeli sesuatu yang tidak sesuai dengan kebutuhan hidup kita dikenal dengan Hedonisme.

Untuk mempersingkatnya mari kita simak saja penjelasan mengenai contoh hedonisme di dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh Hedonisme

Contoh Hedonisme
Hedonisme

Sikap Hedonisme tidak selalu dimiliki oleh semua orang, melainkan hanya beberapa kalangan saja. Terutama mereka yang memiliki penghasilan lebih, karena merasa mampu sehingga mereka ingin memiliki semuanya.

Tapi apakah sikap Hedonisme ini terjadi dikalangan kalangan anak muda. Jawaban saya ada, apalagi mereka yang masih remaja dan masih bestatus sebagai pelajar.

Contoh Hedonisme pada Mahasiswa

Contoh hedonisme sendiri ada banyak sekali contohnya diantaranya seperti penjelasan dibawah ini.

  1. Membelii pakaian yang mahal dan brended.
  2. Membeli sepatu dengan kualitas terbaik.
  3. Membeli makanan secara berlebihan di restoran mahal.
  4. Selalu bepergian ke tempat-tempat wisata saat libur kuliah.
  5. Orang tua yang memberikan uang sangu berlebihan.
  6. Nongkrong dengan teman-teman dengan menghabiskan uang.

Contoh Hedonisme di Kalangan Remaja

1. Hobi Shopping

Masa-masa remaja adalah masa yang sangat menyenangkan, namun jika kita menghabisi masa remaja kita dengan hal-hal yang tidak ada manfaatnya justru akan merugikan diri kita sendiri kedepanya.

Hobi shopping bukanlah hal yang baik untuk seumuran remaja, karena tidak sedikit dari mereka yang pergi shopping menggunakan uang dari orang tuanya.

Tapi alangka baiknya jika uang tersebut kita gunakan untuk keperluan yang positif seperti membuat usaha atau bisnis.

2. Perawatan Tubuh di Salon

Perawatan Tubuh di Salon

Siapa sih yang tidak ingin memiliki tubuh yang bagus, bersih dan cerah apalagi bagi kau wanita. Tapi biasanya mereka yang rutin melakukan perawatan tubuh menyesuaikan pekerjaan mereka misalnya saja seperti model atau penyanyi.

Namun melakukan perawatan tubuh dengan cara operasi agar hasilnya baik, ini yang tidak benar karena semua yang kita miliki adalah pemberian sang pencipta.

Apalagi seperti operasi plastik memerlukan biaya mencapai puluhan juta rupiah maka inilah yang dinamakan perilaku Hedonisme.

Contoh Hedonisme di Masyarakat

1. Membeli Sepedah dengan harga mahal

Hobi bersepedah adalah hobi yang bagus untuk kesehatan, bahkan di sebagian wilayah indonesia mengadakan acara sepedah bareng. Harga sepedah juga tidaklah begitu mahal tapi tapi karena rasa tidak puas dengan apa yang dimiliki sehingga mencari sepedah yang lebih bagus lagi.

2. Mengoleksi Mobil Mewah

Mobil termasuk salah satu contoh kebutuhan tersier. Saat ini ada banyak sekali orang yang memiliki mobil untuk keperluan pribadi dan keluarga.

Akan tetapi membeli mobil mewah bukanlah sebuah kebutuhan melainkan hanya hasrat pribadi. Memiliki mobil mewah juga memerlukan biaya yang mahal untuk perawatan dan pajaknya.

3. Membeli Rumah Mewah

Pada dasarnya fungsi rumah adalah sebagai tempat berlindung, namun ketika kita membeli rumah mewah tidak hanya bangunanya saja yang dibuat dengan biaya yang besar, akan tetapi isi rumah tersebut juga akan disini dengan barang-barang mewah.

Memiliki rumah mewah adalah hak semua orang, sah-sah saja apabila anda ingin memiliki rumah mewah. Tapi jika kita lihat dalam sudut pandang yang berbeda itu merupakan sikap hedonisme.

Secara umum sikap Hedonisme ini tidak baik jika kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari, karena manfaat nya untuk diri kita sendiri dan orang lain tidak ada.

Orang yang memiliki sikap hedonisme akan cenderung memiliki sifat egois dan masa bodo dengan apa yang terjadi di sekitarnya. Hal lainya bisa saja orang tersebut menghalakan segala cara agar hobi yang ia jalani bisa terpenuhi.

Dan parahnya lagi Hedonisme ini sering merugikan orang lain yang ada di sekelilingya.

Sekian penjelasan mengenai contoh hedonisme semoga informasi diatas bisa bermanfaat. Terus simak informasi selengkapnya di khanfarkhan.com

Yakin Ngga Mau Komen ?