Contoh Globalisasi di Bidang Ekonomi, Transportasi, Politik

Globalisasi adalah suatu perubahan yang dibarengi dengan hilangnya batas-batas pada tiap negara demi, menjalin interaksi dalam masyarakat yang terus berkembang.

Apakah terjadinya globalisasi ini menguntungkan atau justru merugikan bagi suatu negara? Tentu saja disatu sisi akan menguntungkan tetapi disisi lain juga merugikan.

Untuk lebih jelasnya, kita perlu mengetahui contoh dari globalisasi yang ada di bidang Ekonomi, Transportasi, Budaya, Politik, Komunikasi, Pendidikan dan IPTEK.

Contoh Globalisasi di Bidang Ekonomi

Bidang ekonomi merupakan bidang yang mempengaruhi kehidupan suatu negara. Apabila pertumbuhan ekonomi semakin baik maka, otomatis masyarakat akan semakin makmur.

Adapun contoh globalisasi dalam bidang ekonomi ini bisa kita lihat dalam bentuk berikut ini:

Ekspor dan Import

Ekspor dan Import

Contoh globalisasi di bidang ekonomi yang pertama adalah kegiatan ekspor dan impor. Kegiatan ini memiliki dampak yang sangat kuat dalam meningkatkan perekonomian suatu negara.

Negara Indonesia bukan satu-satunya negara pertama yang melakukan kegiatan ekspor dan impor.

Terbukanya Pasar Bursa Internasional

Terbukanya Pasar Bursa Internasional

Ada beberapa kelebihan setelah terbukanya pasar bursa internasional selain meningkatkan kualitas ekspor dan import tetapi juga mempermudah penukaran uang asing dan mempermudah pemindahan dana antar negara.

Munculnya Mesin canggih untuk kegiatan produksi

Munculnya Mesin canggih untuk kegiatan produksi

Dampak positif dari globalisasi adalah memudahkan dan mempercepat dalam proses produksi. Misalnya saja mesin pembajak sawah, mesin penggiling tebu, mesin pengolahan limbah dan lain sebagainya.

Baca Juga: Contoh Modernisasi di berbagai Bidang

Contoh Globalisasi di Bidang Transportasi

Dahulu ketika seseorang ingin pergi kesuatu daerah memerlukan waktu yang cukup lama. Namun setelah terjadi globalisasi di bidang tranportasi justru memberikan dampa yang baik.

Transportasi Udara

Transportasi Udara

Dengan adanya transportasi udara seperti pesawat yang mampu menghemat waktu ketika akan berpergian jauh, lalu perjalanan juga terasa lebih nyaman dan menghemat tenaga.

Transportasi Darat

Transportasi Darat

Umumnya transportasi darat seperti mobil dan motor sudah banyak sekali di produksi oleh negara maju dan negara berkembang. Kendaran tersebut memiliki banyak manfaat bagi masyarakat yang tinggal di negara tersebut.

Transportasi Laut

Kapal laut menjadi salah satu transportasi pendukung dalam kegiatan ekspor dan import. Pengiriman barang dengan jumlah yang besar akan lebih mudah jika menggunakan kendaraan satu ini.


Contoh Globalisasi di Bidang Politik

Demi mengarahkan suatu negara menjadi lebih baik, perlu melakukan hubungan politik dengan negara lain seperti menjalankan kerja sama antar negara. Dan yang termasuk contoh globalisasi bidang politik disini adalah:

Kerja sama Internasional Antar Negara

Kerja sama Internasional Antar Negara

Suatu negara tentu memiliki kerja sama internasional dengan negara lainya. Kerja sama tersebut dilakukan secara bilateral dan multilateral. Agar kekuatan politik masing-masing negara semakin kuat maka diperlukan kerjasama tersebut.

Munculnya Organisasi Internasional

Munculnya Organisasi Internasional

Salah satu organisasi internasional yang masih bertahan hingga saat ini adalag PBB (Perserikatan Bangsa Bangsa), MEE (Masyarakat Ekonomi Eropa) dan organisasi internasional lainya.


Contoh Globalisasi di Bidang Budaya

Didalam bidang budaya sendiri sudah banyak perubahan nyata akibat dari globalisasi, perubahan yang cepat ini menimbulkan suatu kebiasaan yang baru contohnya saja seperti berikut ini.

Budaya Lokal mulai ditinggalkan

Budaya Lokal mulai ditinggalkan

Disini kita bisa melihat bahwa tari-tarian daerah sudah mulai di tinggalkan, kita hanya bisa melihat tarian ini hanya ketika ada acara-acara tertentu saja. Saat ini orang lebih tertarik dengan budaya luar seperti k-pok asal korea.

Perubahan cara berpenampilan

Perubahan cara berpenampilan

Dahulu orang indonesia selalu berpakaian kebaya dan sopan. Dampak dari globasisasi membawa perubahan besar dari cara berpakaian orang barat yang lebih banyak di sukai oleh masyarakat.


Contoh Globalisasi di Bidang Sosial

Selain di bidang kebudayaan, globalisasi di bidang sosial juga menjadi perhatian penting untuk kita. Masyarakat termotivasi untuk terus berkembang dan semakin berkembang hingga meninggalkan nilai-nila penting di dalam masyarakat.

Berikut contoh globalisasi di bidang sosial:

Masyarakat lebih individualis

Masyarakat lebih individualis

Kasus seperti ini banyak kita jumpai di kota-kota besar, sudah sangat berkurang sekali kegiatan seperti gotong-royong. Mereka lebih cenderung bersikap individualis yakni mementingkan dirinya sendiri.

Perubahan struktur masyarakat

Perubahan struktur masyarakat

Saat ini masyarakat tidak lagi homogen dimana suatau wilayah yang hanya di huni oleh satu suku saja. Berbeda dengan yang terjadi saat ini contohnya saja Lampung karena terjadinya transmigrasi banyak suku di luar lampung tinggal menetap disana.

Keadilan Gender

Saat ini semua orang mendapatkan hak yang sama dalam hal apapun tanpa pembatasan berdasarkan gendernya. Bahkan wanita memiliki derajat yang hampir sama dengan laki-laki.

Salah satunya Ibu Megawati, beliau adalah salah satu wanita pertama yang menjadi Presiden Republik Indonesia.


Contoh Globalisasi di Bidang Komunikasi

Perubahan yang di timbulkan akibat globalisasi pada bidang komunikasi diantaranya yaitu:

Munculnya Internet

Munculnya Internet

Internet sendiri adalah suatu jaringan komputer yang saling terhubunga secara global seperti yang bisa bisa kita nikmati saat ini. Tentunya ada banyak sekali manfaat dengan adanya internet di tiap-tiap negara.

Adanya Smartphone untuk Komunikasi

Adanya Smartphone untuk Komunikasi

Saat ini orang lebih mudah untuk menghubungi kerabat terdekat dengan adanya smartphone. Selain sebagai alat komunikasi penggunaan smartphone juga mempermudah suatu pekerjaan.

Adanya Berita Digital

Ada banyak sekali berita-berita digital yang menyajikan informasi-informasi bermanfaat dan terbaru. Seluruh kejadian atau peristiwa akan selalu disajikan dalam berita digital tersebut.

Munculnya Teknologi Video Call

Saat ini dalam melakukan komunikasi jarak jauh selain mendengarkan suara orang tersebut, kita juga bisa melihat wajahnya dengan melakukan panggilan video call pada aplikasi whatsapp.


Contoh Globalisasi di Bidang IPTEK

Saat ini sudah tidak perlu diragukan lagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknoligi sudah maju sanga pesat sekali. Hal ini langsung di manfaatkan oleh segelintir orang dan menjadi peluang mereka untuk berkembang.

Informasi Mudah diperoleh

Informasi Mudah diperoleh

Munculnya teknologi modern membuat semua orang sangat puas, sebab informasi dalam bentuk apapun yang kita butuhkan bisa dengan mudah diperoleh tanpa harus mengeluarkan biaya besar.

Jual beli secara Online

Jual beli online ini menjadi usaha yang banyak diminati oleh kaum milenial. Ada banyak sekali platform yang tersedia saat ini seperti shopee, lazada, tokopedia, dan bukalapak.

Tanpa harus mengunjungi toko tersebut kita sudah bisa membeli barang apa yang kita inginkan.


Contoh Globalisasi di Bidang Pendidikan

Kemajuan pendidikan sangatlah penting di zaman sekarang ini, karena perkembangan yang terus maju dan selalu muncul inovasi baru. Jadi sangat disayangkan jika ilmu yang kita miliki saat ini sangat terbatas.

Ada beberapa contoh globaisasi di bidang pendidikan yang bisa kita rasakan saat ini.

Pertukaran Pelajar

Biasanya pertukaran pelajar ini terjadi hanya pada pergurungan tinggi. Akibat dari pengaruh globalisasi banyak sekali universitas di dalam negeri melakukan kerja sama dengan universitas di luar negeri.

Begitupun sebaliknya sehingga munculah pertukaran pelajar ini. Hanya orang-orang pilihan saja yang bisa mengikuti program pertukaran pelajar tersebut.

Globalisasi sudah memberikan banyak perubahan terhadap masyarakat, namun ternyata ada muncul permasalah sosial akibat globalisasi di dalam masyarakat itu sendiri.

Jadi itulah tadi beberapa contoh globalisasi yang bisa kita rasakan manfaatnya, Meskipun begitu jangan sampai kita menyalahgunakan apa yang sudah ada saat ini. Semoga informasi diatas bisa bermafaat.

Farkhan Ramadhan, S.E.

Seorang Blogger, Lulusan IIB Darmajaya Lampung Fakultas Ekonomi dan Bisnis asli tinggal di Lampung, dan ingin bermanfaat untuk orang lain dengan cara berbagi pengalaman lewat tulisan. Keja sama bisnis Farkhanramadhan8@gmail.com

Tinggalkan komentar