Contoh Realitas Sosial Sebagai Objek Kajian Sosiologi

Didalam kehidupan bermasyarakat sering kita menemukan realitas sosial. Realitas sosial ini muncul karena adanya, sesuatu yang terjadi di sekitar kita. Bukan hanya isu belaka atau berita hoaks.

Realitas sosial sendiri menyangkut segala sesuatu yang dialami dan dilakukan, bukan hanya individu tapi juga kelompok. Munculnya realitas sosial sendiri bisa dipengaruhi oleh perubahansosial.

Pada pembahasan ini, akan menjelaskan beberapa contoh fakta realitas sosial sebagai objek kajian sosiologi. Berikut penjelasan lengkapnya.

Contoh Fakta Realitas Sosial

Untuk menjelaskan pemahaman terkait realitas sosial. Dibawah ini terdapat beberapa contoh nyata realitas sosial yang sering terjadi di kehidupan bermasyarakat.

Misalnya saja seperti di bidang masyarakat, bidang sosial, bidang pendidikan, bidang ekonomi, bidang budaya, bidang keluarga dan bidang agama.

Nah dibawah ini penjelasan lengkap dari semua bidang tersebut.

1. Realitas Sosial di Bidang Ekonomi

Contoh realitas sosial yang pertama ada dibidang ekonomi, dimana berkaitan langsung dengan lembaga ekonomi. Disini yang termasuk dari lembaga ekonomi adalah Bank, Koperasi dan lainya.

Lembaga ekonomi sebagai cerminan utama keuangan sebuah negara. Dalam hal ini kita kemiskinan, dan kurangnya lapangan pekerjaan terlihat dimana-mana.

Ini menjadi bentuk nyata realitas sosial dimana semua orang tidak mendapatkan hak yang sama. Maka banyak sekali pengangguran walapun mereka lulusan sarjana S1.

2. Realitas Sosial di Masyarakat

Realitas Sosial di Masyarakat

Contoh nyata dan sering sekali berhubungan dengan realitas sosial yaitu kasus-kasus yang muncul di masyarakat. Seperti terjadinya kesenjangan sosial.

Umumnya orang yang memiliki kedudukan selalu saja di paling utamakan, jika dibandingan orang yang biasa-biasa saja. Selain itu juga hak yang di dapat orang desa masih belum terpenuhi jika dibandingan di kota.

Ketidakseimbangan ini jika terus terjadi akan menimbulkan masalah baru di masyarakat. Hal tersebut haru mampu diatasi dengan pembangunan dan fasilitas yang merata. Terlebih lagi mereka yang tinggal di pedalaman.

Kasus realitas sosial yang baru-baru ini terjadi seperti masalah penangkapan mahasiswa papua di surabaya, hal ini menimbulkan perubahan sosial yang sangat besar.

Berikut ini terdapat beberapa kasus nyata realitas sosial di masyarakat:

  • Ada mahasiswa yang memperoleh beasiswa, sedangkan ia anak yang mampu dan penghasilan orang tuanya besar.
  • Seseorang yang melaksanakan ibadah sebagai kepatuhan hamba kepada sanga penciptanya.
  • Kesenjangan sosial yang terjadi di desa dan kota, disebabkan pembangunan yang tidak merata.

3. Realitas Sosial di Bidang Pendidikan

Contoh Realitas sosial di bidang pendidikan ialah perguruan tinggi baik negeri ataupun swasta, dengan menyediakan fasilitas untuk penerima beasiswa.

Mereka memperoleh beasiswa, dikarenakan memiliki kecerdasan yang lebih dibandingkan dengan orang lain. Beasiswa juga bisa dirasakan bagi yang ekonominya rendah.

Tapi pada kenyataanya, mereka yang menikmati adalah orang yang berkecupukan. Mereka mengambil hak orang lain dengan menyatakan kalau mereka keluarga tidak mampu.

Ini termasuk contoh yang buruk, dan tidak sepatutnya kita contoh. Karena banyak sekali diluar sana orang yang lebih memerlukan fasilitas tersebut.

4. Bidang Sosial

Realitas Sosial di Bidang Sosial

Di bidang sosial contoh realitas sosial yang terjadi adalah saat terjadinya bencana alam. Misalnya saja pada saat terjadi gunung merapi meletus, yang menyebabkan banyaknya korban.

Hal ini memunculkan rasa sosial di dalam diri individu, setelah mendengar informasi dari media telivisi. Dengan spontan lembaga pemerintah ataupu lembaga masyarakat memberikan bantuan kepada para korban.

Bentuk bantuan sendiri beraneka ragam, ada yang membantu obat-obatan, pakaian, makan dan masih banyak lainya. Ini adalah cerminan nyata terhadap kepedulian seseorang kepada sesamanya.

5. Realitas Sosial di Bidang Budaya

Budaya adalah salah satu kekayaan yang tidak bisa dinilai dengan materi, jangan sampai budaya kita di ambil oleh negara lain. Kasus seperti ini pernah terjadi di indonesia.

Sebagai generasi muda haruslah melestarikan budaya tersebut. Untuk melestarikan budaya bukan hanya ikut menontonya saja tapi harus ikut andil didalamnya.

Misalnya seperti tarian daerah, ada juga lagu daerah dan masih ada yang lainya yang perlu kita jada dan lestarikan.

6. Realitas Sosial di Agama

Mayoritas penduduk indonesia memiliki agama yang berbeda, dan agama termasuk kedalam realitas sosial. Secara umum agama adalah lembaga yang memberikan perlindungan secara penuh.

Setiap orang yang beragama wajib beribadah kepada tuhanya, namun banyak yang beragama tapi tidak pernah beribada sama sekali. Seseorang yang beragama akan di tuntun ke jalan yang benar.

7. Realitas Sosial di Keluarga

Keluarga mempunyai peranan yang paling kuat, lembaga keluarga berfungsi memberikan perlindungan kepada setiap angotanya. Anggota keluarga sendiri terdiri dari ayah, ibu dan anak.

Akan tetap kenyataanya tidak seperti ini, meskipun keluarga peranya sangat penting masih banyak saja terjadi kasus hamil diluar nikah, anak membunuh ayah, ibu membuang anaknya yang baru lahir.

Fakta realitas sosial ini menunjukan, hilangya lembaga keluarga yang seharunya melindungi tapi justru sebaliknya. Kasus yang sering terjadi dalam keluarga bukanlah hal yang baru lagi di telinga masyarakat.

Demikianlah tadi penjelasan tentang contoh fakta realitas sosial sebagai objek kajian sosiologi. Semoga penjelasan diatas bisa bermanfaat untuk teman-teman semua.

Please rate this

Leave a Comment