Contoh Asimilasi dan Akulturasi di Kehidupan Sehari-hari

Pada dasarnya setiap masyarakat yang tinggal di suatu daerah memiliki ciri yang berbeda, misalnya saja dalam bidang seni, kebudayaan, adat istiadat dan juga cara berpakaian.

Ciri-ciri seperti ini bisa dengan mudah kita ketahui karena memang hal tersebut selalu muncul dalam kehidupan sehari-hari. Pernah kah anda merasakan dilingkungan anda terjadi perubahan budaya atau yang lainya.

Nah, perubahan tersebut ada kaitanya dengan pembahasan kali ini mengenai contoh asimiliasi dan akulturasi dalam kehidupan sehari-hari.

Tapi sebelum kita bahas contohnya, pengertiaan asimilasi ialah penyatuan antara dua kebudayaan dengan terkikisnya keaslian dari budaya tersebut sehingga muncul kebudayaan baru.

Sedangkan Pengertian akulturasi ialah menerima kebudayaan asing, namun ciri dari budaya sendiri tidak ikut hilang.

Contoh Asimilasi

Berikut ini ada beberap contoh asimilias dan penjelasan secara lengkapnya.

Contoh Asimilasi dalam Kehidupan Sehari-hari

Terkikisnya Tradisi memakai Kebaya

Contoh dari asimilasi di kehidupan sehari-hari yang bisa kita lihat adalah cara berpakaian masyarakat asli. Saat zaman penjajahan para wanita selalu menggunakan kebaya setiap harinya.

Akan tetapi saat ini kebaya hanya digunakan saat hari penting seperti hari kartini. Perempuan saat ini dominan menggunakan rok mini, kaos, jas dan lainya yang sebenarnya itu cara berpakaian dari budaya barat.

Contoh Asimilasi Budaya

Berikut ini ada beberapa contoh dari asimilasi budaya yang perlu anda ketahui:

  • Penggabungan musik hip hop, teknik rap dengan budaya jawa sehingga terciptalah subgenre yang sekarng dikenal dengan hip hop jawa.
  • Terjadi pernikahan adat jawa lalu dipadukan dengan budaya arap sehingga tercipta tradisi baru yakni jawa dan islam.
  • Contoh lainya yaitu masjid yang asli budaya orang islam lalu diperpadukan dengan corak Tionghoa maka muncul masjid yang bernama Masjid Cheng Ho.

Contoh Asilimilasi di Idonesia

Ada banyak sekali contoh yang bisa di ambil tapi yang menjadi ciri utama budaya indonesia yaitu Bahasa Indonesia dengan Bahasa Inggris. Karena saat ini bahasa inggris sudah ditetapkan menjadi bahasa Internasional.

Mau tidak mau banyak orang indonesia yang belajar bahasa inggris, bahkan sampai tersedia tempat kurus bahasa inggris. Dan ini sudah mulai muncul ketika kita kuliah suatu Universitas yang mewajibkan memakai bahasa inggris.

Contoh Asimilasi dalam Sosiologi

Apabila dilihat pada sudut pandang sosiologi maka contoh yang bisa kita temukan yakni sebagai berikut:

  • Pernikahan campuran, salah satuh contoh dari pernikahan yang sering kita temukan ialah pernikahan antara orang suku jawa dan orang suku lampung. Begitupun juga orang Indonesia dengan orang Jerman.
  • Perayaan hari spesial, hal ini bisa kita temukan dinegara eropa yang merayakan hari hallowen, valentine (hari kasih kasang) dan lainya. Hari tersebut masuk sebagai contoh asimilasi yang berlapis untuk individu.
  • Minggu ditetapkan sebagai hari libur, kita sebagai warga indonesia tahu kalau minggu adalah hari libur, tapi perlu anda ketahui kalau itu merupakan budaya barat yang masuk sampai ke indonesia.

Contoh Asimilasi dalam Masyarakat

Didalam masyarakat ada beberapa contoh yang bisa kita temukan seperti, pacaran yang sampai melakukan hubungan seksual. Padahal sejatinya pacaran itu budaya barat, tapi kini sudah melekat kental terhadap masyarakat indonesia terutama anak muda.

Contoh Akulturasi

Contoh Akulturasi dalam Kehidupan sehari-hari
Masjid Cheng Ho

Setelah anda mengetahui beberapa contoh dari asimilasi dalam kehidupan sehari-hari, berikut ini ada beberap contoh dari akulturasi.

Contoh Akulturasi Budaya

Contoh dari akilturasi budaya yang bisa kita temukan saat ini yaitu identitas orang cina bali, atau dikenal dengan istilah “Balichinesia”. Dari contoh tersebut bisa diketahui kalau ada percampuran dua budaya antara Bali dengan Cina.

Dalam masyarakat bali sendiri dikenal cerita cinta I sampik dan I Ingtai yang sebenarnya itu cerita dari Cina. Dibali sendiri certia ini disajikan dalam bentuk kesenian seperti puisi bali dan drama gong.

Contoh Akulturasi di Indonesia

  • Bentuk akulturasi di indonesia ialah sistem pemerintahanya, dahulu sistem pemerintahan di indonesia masih kerajaan tapi setelah ada pengaruh dari budaya bangsa india kini sitstem yang digunakan ialah demokrasi.
  • Contoh akulturasi di indonesia selanjutnya dalam bidang teknologi. Dengan perkembangan zaman yang semakin maju dan budaya barat masuk mudah untuk oleh masyarakat supaya meningkatkan kualitas hidupnya.

Contoh Akulturasi dalam Kehidupan sehari-hari

  • Cara Berpakaian

Contoh akulturasi selanjutnya ialah saat proses pernikahan menggunakan adat pengantik suku Betawi. Pakaian pengantin prianya ada perpaduan dengan budaya arap seperti peci, jubah panjang dan celana.

Untuk pengantin wanita memakai syangko serta baju dengan model encim, bawahanya rok panjang dan ini akulturasi dengan budaya Cina.

  • Gaya Rambut

Gaya ramput mepengaruhi kepribadian seseorang dan sebagai penunjang penampilan baik untuk laki-laki ataupun perempuan. Saat ini gaya rambut ada banyak bentuknya dan masyarakat menirukan gaya rambut idolanya.

Masyarakat dengan mudah mengikuti gaya rambut seperti mohak, emo dan gaya rambut lainyaa yang lagi ngehitz saat ini.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai contoh asimilasi dan akulturasi, semoga apa yang sudah dijelaskan diatas bisa dipahami dan menjadi wawasan baru.

Silahkan kepada teman-teman jika ada yang tahu selain contoh diatas ataupun ada penjelasan yang salah dan kurang tepat, boleh memberikan komentarnya agar bisa kami perbaiki. Terimakasih

Please rate this