Ciri Kearifan Lokal: Fungsi dan Bentuknya

Artikel ini Telah Ditinjau Oleh: Farkhan Ramadhan, S.E.

Kearifan lokal merupakan bagian dari budaya masyarakat yang terikat dengan bahasa masyarakat tersebut yang biasanya diwariskan dari mulut ke mulut secara turun temurun.

Dari kamus Indonesia Inggris, kearifan lokal berasal dari kata kearifan atau kebijaksanaan yang berarti wisdom serta lokal atau daerah setempat yang berarti lokal.

Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa local wisdom atau kearifan lokal merupakan nilai, gagasan, pandangan lokal (setempat) yang bersifat penuh kearifan, baik, serta bijak dan diikuti oleh masyarakat di wilayah setempat.

Agar lebih mengerti, Anda perlu memahami ciri kearifan lokal beserta dengan fungsi dan bentuknya. Sebelum itu pahami dahulu pengertian kearifan lokal menurut para ahli.

Ciri-ciri Kearifan Lokal

Ciri-ciri Kearifan Lokal
Ciri-Ciri

Kearifan lokal menjadi pengetahuan yang eksplisit dan kemunculannya membutuhkan waktu yang panjang serta berevolusi. Kearifan lokal berkaitan dengan apa yang sudah dialami oleh masyarakat dan lingkungan dalam suatu daerah.

Sehingga setiap daerah akan memiliki kearifan lokal masing-masing yang berbeda-beda. Hal tersebut tergantung dari kebutuhan hidup serta lingkungan setiap daerahnya.

Berikut ini adalah ciri kearifan lokal yang harus Anda ketahui:

  1. Tidak mudah terpengaruh oleh budaya luar atau budaya asing.
  2. Mampu mengendalikan atau mengakomodasi unsur budaya asing yang masuk ke budaya asli.
  3. Mampu memberikan arah terhadap perkembangan budaya yang akan terjadi.
  4. Mampu menyatukan atau mengintegrasikan budaya asing yang masuk dengan budaya asli tanpa menghapus budaya aslinya.
  5. Mampu melakukan pengendalian terhadap budaya aslinya sendiri.

Fungsi Kearifan Lokal

Fungsi Kearifan Lokal
Fungsi

Setelah mengetahui ciri kearifan lokal, selanjutnya Anda harus tahu apa fungsinya agar lebih paham mengenai kearifan lokal. Dari fungsi kearifan lokal ini.

Anda bisa tahu mengapa kearifan lokal sebuah daerah selalu dijaga dan dilestarikan agar tidak tergerus oleh budaya asing yang masuk dengan mudahnya. Berikut ini selengkapnya mengenai fungsi dari kearifan lokal:

  1. Untuk melestarikan sumber daya manusia dan pemberdayaan komunitas yang ada sehingga menjadi lebih baik.
  2. Sebagai pengendali dan penyaring budaya asing yang akan masuk.
  3. Untuk mengakomodasi berbagai unsur dari budaya asing.
  4. Sebagai konservasi serta pelestarian sumber daya alam (SDA).
  5. Sebagai pengembangan ilmu pengetahuan dan kebudayaan.
  6. Berfungsi sebagai kepercayaan, pantangan atau hal yang harus dihindari, petuah atau hal yang harus diikuti, serta sastra.
  7. Berfungsi memberi sebuah arah terhadap budaya asli yang akan mengikuti perkembangan.

Adapun contoh kearifan lokal di seluruh wilayah indonesia bisa anda baca secara lengkap disini.

Bentuk Kearifan Lokal

Terakhir setelah Anda mengetahui mengenai ciri kearifan lokal serta fungsinya, maka ketahui juga bentuk kearifan lokal. Pada umumnya, bentuk kearifan lokal ada 2 macam yaitu sebagai berikut:

1. Kearifan lokal yang berwujud nyata atau Tangible

Kearifan lokal yang berwujud nyata ada 3 hal diantaranya yaitu tekstual, bangunan atau arsitektur, serta karya seni seperti benda cagar budaya atau benda tradisional.

Bentuk kearifan lokal tekstual bersifat tertulis seperti tata cara, sistem nilai, atau ketentuan khusus yang tertulis dalam kitab tradisional primbon, prasi (menulis di atas daun lontar), serta kalender. Sedangkan bentuk kearifan lokal berupa karya seni yaitu batik, keris, atau yang lain sebagainya.

2. Kearifan lokal yang tidak berwujud atau Intangible

Kearifan lokal juga bisa tidak berwujud misalnya seperti petuah yang disampaikan dengan ucapan secara turun temurun. Petuah tersebut bisa berupa kidung dan nyanyian yang berisi ajaran tradisional.

Dari petuah atau bentuk kearifan lokal intangible lain maka setiap generasi akan mendapatkan nilai sosial secara verbal.

Itulah berbagai informasi mengenai kearifan lokal mulai dari ciri, fungsi, hingga bentuknya. Mengetahui ciri kearifan lokal beserta dengan fungsi dan bentuknya akan membuat Anda lebih paham mengenai pentingnya kearifan lokal bagi masyarakat.

Yakin Ngga Mau Komen ?