Cara Membuat Neraca Saldo Perusahaan dari Buku Besar

2 min read

Khanfarkhan.com – Dalam sebuah perusahaan penysusunan Necara Saldo dibuat sesudah Andaya buku besar. Dalam dalam siklus akuntansi bisa diketahui mengenai alur penyusunan neraca saldo seperti gambar dibawah ini.

 Cara [Lengkap] Menyusun Neraca Saldo Perusahaan dan Manfaatnya

Pengertian Neraca Saldo dan Kegunaan

Sesudah ternjadinya proses transaksi dipindahkan dari jurnal umum atau buku harian kedalam akun-akun yang berkaitan dalam buku besar, sehingga jumlah saldo untuk setiap akun bisa dihitung dan kemudian dipakai guna penyusunan neraca saldo.

“Saldo merupakan adanya selisih diantara jumlah yang ada di sisi debet dengan jumlah yang di sisi kredit dari satu akun buku besar”

“Definisi dari neraca saldo atau yang biasa dikenal dengan sebutan trial balance yang sudah penyusunanya dilakukan diakhir periode”.

 

Manfaat Neraca Saldo

Pembuatan neraca saldo merupakan salah satu tahapan yang wajib dilalui dalam siklus akuntansi. Dalam penyusunan neraca saldo tentunnya memiliki menfaat tersendiri antara lain :

  1. Memperlihatkan ringkasan dari buku besar, dengan begitu bisa dijadikan sumber informasi dan memudahkan dalam penyusunan neraca laporan laba-rugi, laporan ekuitas serta laporan neraca.
  2. Dilakukanya penyususnan neraca saldo menunjukan kalau sudah melakukan pengujian keseimbangan total saldo kredit serta debet pada buku besar.

 

Prosedur Penyusunan Neraca Saldo

Pada penjelasan sebelumnya telah dibahas mengenai proses neraca saldo yakni dengan pemindahakan buku besar sendiri. Sedangkan penyusunan neraca saldo sendiri terkait dari bentuk buku besar sendiri. Apabila buku besar tersebut memakai bentuk staffel maka saldo untuk setiap akun bisa diketahui kapan saja.

Namun bila nbuku besar dibuat tidak dengan Staffel  tapi memakai bentuk skontro atau bentuk T, maka total saldo haruslah dihitung terlebih dahulu.

Lihat Juga : Pengertian Fungsi dan Contoh Buku Besar bentuk T , Skontro serta Stafell

 

Contoh Neraca Saldo

  1. Bentuk Buku Besar Skontro

Prosedur Penyiapan Neraca Saldo (Bentuk Skontro)

Cara [Lengkap] Menyusun Neraca Saldo Perusahaan dan Manfaatnya
Bentuk Skontro

Lihat Juga : 3 Contoh Transaksi Buku Besar Pembantu Piutang Perusahaan Dagang

 

  1. Bentuk Buku Besar Staffel

Prosedur Penyiapan Neraca Saldo (Bentuk Staffel)

Cara [Lengkap] Menyusun Neraca Saldo Perusahaan dan Manfaatnya
Bentuk Staffel

Dengan begitu pada akhirnya, bisa kita lihat pada neraca saldo yang telah terbentuk.

Lihat Juga : Pengertian, Bentuk dan Cara Menyusun Neraca Saldo [Lengkap]

 

Keterbatasan Neraca Saldo

Seprti pada gambar siklus akuntansi diatas, apabila neraca saldo yang telah disusun telah menunjukan saldo yang sesunggunya, sehingga neraca saldo tersebut bisa dipakai guna menyusun laporan keungan. Akan tetapi sesungguhnya, neraca saldo masih belum dapat memperlihatkan keadaan saldo yang sesungguhnya, disebabkan beberapa keterbatasan neraca saldo seperti hal-hal dibawah ini :

  1. Neraca saldo hanya memperlihatkan pada transaksi-transaksi yang telah dicatata, tapi kadang-kadang pada akhir periode, masih terdapat beberapa transaksi yang menimbulkan perubahan pada sejumlah akun. Contohnya saja gaji yang saat ini belum dibayarkan, penyusutan asset dsb.

“Neraca saldo belum siap dipakai sebagai dasar penyusunan laporan keuangan jika ,asih terdapat transaksi akrual”

“Pada transaksi akrual ini memerlukan penyesuaian, maka neraca saldo baru dapat menyatakan keadaan saldo yang sesunggunya sesudah dilakukan penyesuaian dijurnal penyesuaian”

 

  1. Total nominal debet dan kredit dineraca saldi yang jumlah nominalnya sama tapi belum memperlihatkan kebenaran.

Neraca saldo jumlahnya haruslah seimbang (balance) antara saldo debet dan juga kredit, akan tetapi keseimbangan itu belum lah tentu memperlihatkan kenenaran.

Hal tersebut diakibatkan oleh :

  • Suatu transaksi yang tidak dicatat sama sekali
  • Menccatat jumlah yang salah pada akun yang benar
  • Menatat transaksi lebih dari satu kali
  • Kesalahan dalam mencatat akun

Dan untuk mengatasi semua kesalahan tersebut maka diperlukan jurnal koreksi Baca disini : ([Lengkap] 3 Contoh Soal dan Jawaban Jurnal Koreksi Perusahaan

Demikianlah tadi penjelasan mengenai Cara Menyusun Neraca Saldo Perusahaan dan Manfaatnya semoga dengan penjelasan diatas dapat membantu anda. Dan terimakasih juga atas kunjunganya semoga ada manfaatnya.

Artikel Lainya :

  1. [Lengkap] Contoh-Contoh Transaksi Buku Besar Pembantu Utang Perusahaan Dagang
  2. Pegertian, Manfaat serta Contoh Buku Besar Pembantu Utang dan Piutang
  3. Cara Lengkap Membuat Neraca Lajur (Video Tutorial) dalam Perusahaan
  4. [Pengertian] 5 Jenis-Jenis Laporan Keuangan Dan Contohnya

Mohon kasih bintang ya !!

 

Please rate this

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *